Bisnis  

Tempat Promosi Jualan Online Paling Efektif

Perkembangan teknologi dan masifnya pengguna internet mengubah sudut pandang para pebisnis dalam memasarkan produk mereka, salah satunya mencari media promosi online paling efektif untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya.

tempat media promosi jualan online paling efektif

KAWULA ID – Tempat promosi jualan online sangat dibutuhkan oleh para pengusaha untuk mengenalkan dan meningkatkan penjualan produk.

Berbagai media promosi dapat dimanfaatkan pemilik usaha untuk memasarkan produk yang dijual, baik secara konvensional maupun online.

Sebelum jaringan internet masuk ke Indonesia, pemilik usaha biasanya menggunakan layanan iklan cetak atau mengenalkan produk melalui iklan televisi.

Perkembangan teknologi dan masifnya pengguna internet mengubah sudut pandang para pebisnis dalam memasarkan produk mereka, salah satunya mencari media promosi online paling efektif untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya.

Apa Itu Media Promosi dan Pemasaran Online?

Media promosi adalah sarana atau tempat untuk melakukan aktivitas pemasaran jasa atau produk kepada publik. Sementara itu, pemasaran online merupakan kegiatan promosi yang memanfaatkan kecanggihan teknologi di media-media yang memungkinkan penggunanya dalam mengenalkan produk atau jasa.

Adapun contoh media yang digunakan untuk pemasaran online seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, TikTok, Twitter dan lain sebagainya. Namun, ada juga pemilik usaha memasarkan produk mereka di berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Zalora, hingga e-commerce luar negeri.

Jadi, tempat promosi jualan online yang paling efektif dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu media sosial dan marketplace.

Tempat Promosi Jualan Online Paling Efektif

Media sosial merupakan wadah digital yang mendukung pengguna untuk melakukan aktivitas sosial.

Namun, seiring perkembangan zaman, media sosial pun mengalami pergeseran fungsi. Dengan kata lain, media sosial bukan hanya tempat untuk bersosialisasi semata, tetapi juga sebagai media yang berperan dalam mengenalkan jasa atau produk bagi penggunanya.

Oleh karena itu, media sosial dianggap tempat promosi paling efektif di era digital saat ini.

Berikut media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran online gratis.

1. Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di dunia. Menurut Data Meta, pengguna Facebook per Januari 2022 mencapai 129,85 juta. Angka tersebut merupakan yang terbesar ketiga di dunia.

Apabila para pemilik usaha memanfaatkan Facebook sebagai tempat promosi jualan online, maka pengguna media sosial ini bisa menggunakan fitur Facebook Ads untuk menjangkau pelanggan yang lebih spesifik.

Menentukan target iklan bersama Facebook memiliki berbagai keuntungan bagi penggunannya. Produk yang diiklankan bukan hanya muncul di halaman media sosial itu saja, melainkan juga di berbagai website yang telah bekerja sama dengan Facebook.

Selain itu, biaya iklan pun cukup terjangkau. Dengan modal Rp20 ribu per hari, pengguna sudah bisa beriklan melalui Facebook.

2. Instagram

Media sosial untuk promosi online berikutnya adalah Instagram. Cara membuat iklan di Instagram tidak jauh berbeda dengan beriklan di Facebook. Pasalnya, kedua media sosial ini berada di bawah payung perusahaan yang sama.

Jadi, untuk mempromosikan produk secara online di Instagram, pengguna mesti mengubah status akun biasa menjadi akun bisnis. Setelah itu, pengguna bisa beriklan melalui Instagram dengan modal Rp20 ribu per hari untuk mempromosikan produk.

3. TikTok

Media sosial satu ini kental dengan platform mengekspresikan diri. Dengan kata lain, TikTok adalah salah satu medsos yang banyak digunakan untuk joget-joget. Namun, beberapa tahun terakhir banyak pengguna menjadikan TikTok sebagai media promosi online.

Melalui TikTok bisnis dan fitur iklan TikTok Ads, promosi online disebut-sebut berjalan efektif dan mendatangkan keuntungan bagi pengguna.

Cara promosi gratis di TikTok bisa dimulai dengan membuat konten video yang menarik, mengikuti tren yang sedang viral, atau dengan menerapkan tagar yang relevan sehingga tidak menutup kemungkinan konten yang telah diposting bisa menembus FYP (For Your Page).

4. Twitter

Twitter adalah media promosi online paling efektif yang bisa digunakan untuk mengenalkan produk kepada publik. Media sosial ini termasuk unik dalam mempromosikan produk, seperti promosi akun, promosi tren, dan promosi tweet.

Twitter menyediakan fitur promosi iklan otomatis bagi pengguna. Selain mudah dijalankan, fitur ini juga memberitahu kepada pengguna target market yang jelas.

5. YouTube

YouTube adalah salah satu media sosial yang paling banyak dikunjungi dalam beberapa tahun terakhir. Banyak pebisnis menggunakan youTube dalam memasarkan produk secara online. Selain tergolong efektif, pemasaran online melalui YouTube Ads juga memerlukan biaya. Jangkauan yang diterima pengguna dengan beriklan sebanding dengan biaya yang telah dikeluarkan.

6. Blog / Website Bisnis

Pemasaran digital untuk mengenalkan produk dan promosi paling efektif juga bisa menggunakan website. Jika Anda masih skeptis website tidak bisa diandalkan sebagai media promosi online, berikut beberapa keuntungan memiliki website bisnis:

  • Mudah diakses di berbagai perangkat seperti laptop, komputer, hingga gawai atau ponsel pintar
  • Website mampu menjangkau pasar lebih luas dengan menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang tepat.
  • Biaya yang relatif terjangkau adalah alasan yang logis untuk membuat website bisnis di era digital seperti sekarang ini.
  • Website bisa dijadikan media display. Anda dapat menampilkan produk di situs jualan online Anda sendiri.
  • Tingkat keberhasilan yang dapat diukur jadi salah satu keunggulan website. Anda bisa mengetahui lebih detail jumlah visitor, produk yang diminati hingga informasi produk yang lebih sering dicari pelanggan.

7. WhatsApp Bisnis

Tempat promosi jualan online berikutnya, yaitu WhatsApp Business. Aplikasi pesan instan ini dapat menghubungkan Anda dengan pelanggan secara langsung sehingga interaksi yang dilakukan terasa lebih personal.

Melalui WhatsApp business, Anda bisa mengenalkan produk atau jasa lebih detail. Fitur-fitur WA bisnis telah mendukung penggunanya untuk jualan online.

Berikut langkah-langkah promosi jualan online di WhatsApp bisnis:

  • Membuat profil bisnis yang menarik. Hal ini bisa dimulai dengan menentukan kategori bisnis, membuat deskripsi singkat tentang bisnis Anda, alamat email, hingga alamat website.
  • Mengaktifkan fitur pesan otomatis ‘selamat datang’ atau dengan kata-kata yang lebih menarik.
  • Membuat katalog produk untuk memudahkan pelanggan mengetahui lebih detail tentang produk yang dijual.
  • Mengaktifkan fitur pesan cepat untuk membalas chat pelanggan
  • Hubungkan WhatsApp dengan media sosial lain seperti Facebook dan Instagram untuk menambah kepercayaan pelanggan.
  • Cukup mudah sekali, bukan? Pastikan Anda dapat menggunakan aplikasi pesan instan ini sebagai media promosi jualan online.

8. Google Bisnis / Google Maps

Google My Business atau Google Bisnisku adalah media promosi online paling efektif yang dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan produk.

Meski aplikasi Google bisnisku telah dihentikan Google pada 4 Aprili 2022 lalu, Google tak serta menghapus begitu saja fitur ini. Anda masih bisa mengelola profil bisnis melalui Google Maps atau Google Penelusuran.

Melalui fitur ini, Anda dapat menaruh link website jualan, posting produk terbaru, membuat deskripsi singkat tentang bisnis Anda, mencantumkan alamat bisnis, dan menentukan jam operasional.

Layanan Google Bisnisku ini dapat dibilang lengkap. Pasalnya pengguna bisa membuat website landing page gratis. Jika Anda ingin membuat landing page gratis dari Google, Anda bisa mulainya di sini.

9. Marketplace

Marketplace adalah tempat promosi jualan online gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Lewat marketplace, pengguna juga bisa membuat toko online untuk memasarkan produk kepada pelanggan.

Beberapa e-commerce di Indonesia seperti Shopee Mall, Tokopedia, Lazada, Zalora, Blibli, OLX, dan beberapa marketplace lainnya sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin menjual produk mereka di sana secara gratis.

Namun, marketplace tersebut juga menyediakan fitur iklan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk. Fitur ads dari suatu marketplace seringkali digunakan mengincar posisi teratas saat pengguna mencari produk berdasarkan kata kunci atau keyword.

10. Media Online / Situs Berita

Jika Anda ingin meningkatkan brand awareness, media berita online adalah pilihan yang tepat untuk mengenalkan produk kepada masyarakat.

Media online bisa menjadi bagian untuk mengedukasi masyarakat tentang produk yang Anda jual. Perlu digarisbawahi, cara penyajian berita di situs media online bisa berbeda-beda. Promosi produk di media online umumnya dikemas secara soft selling.

Bagaimana cara produk yang dijual dapat tampil di media online nasional? Anda bisa memanfaatkan jasa press release untuk memulai itu semua. Perlu diketahui pula, situs berita online masih menjadi media terbaik dalam penyampaian informasi kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara membuat press release yang baik dan benar agar penyampaian informasi memiliki nilai berita dan edukatif.

Beberapa Alasan Media Promosi Jualan Online Itu Penting

Sebagian besar para pengusaha lebih memilih promosi melalui media digital untuk memasarkan produk yang dijual. Peluang jangkauan yang lebih luas menjadi tolak ukur para pebisnis untuk membangun brand awareness.

Selain untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan spesifik, berikut beberapa alasan kenapa promosi di media digital menjadi primadona di kalangan pebisnis online.

  • Target pelanggan yang lebih spesifik dan mudah
  • Membangun brand awareness
  • Terjalinnya komunikasi yang lancar antara pembeli dan penjual
  • Bisa mendapatkan kritik dan saran secara langsung dari pelanggan
  • Membangun jiwa kompetitif yang sehat antar kompetitor
  • Bisa digunakan dengan gratis maupun berbayar dengan cara beriklan
  • Jangkauan promosi yang luas

Demikian informasi terkait tempat promosi jualan online paling efektif yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dalam memasarkan produk di dunia digital. Media promosi online saat ini bisa dibilang lebih efektif untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik.