Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

  • Whatsapp
manfaat daun sirih

Daun sirih adalah salah satu tanaman yang punya khasiat khusus. Banyak yang percaya manfaat daun sirih bisa mengobati penyakit akut.

Tak hanya memiliki khasiat di bidang kesehatan saja, tumbuhan yang punya nama latin Piper Batle L ini juga dimanfaatkan untuk kecantikan bahkan keperluan rumah tangga.

Tanaman daun sirih ini sangat mudah ditemukan, terutama di kebun-kebun rumah yang sengaja dibudidaya untuk keperluan obat rumahan.

Selain itu, daun sirih juga punya tempat istimewa, khususnya untuk acara adat di daerah-daerah yang ada di Indonesia. Misalnya, daun sirih termasuk ke dalam seserahan menurut adat Jawa. Daun ini menjadi simbol sekaligus harapan bagi kedua mempelai.

15 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daun sirih juga sudah melewati uji klinis kesehatan. Adapun hasil penelitian terdahulu adalah daun sirih mengandung minyak atsiri, yang dapat melawan bakteri gram positif dan gram negatif.

1. Menurunkan Gula Darah (Diabetes Tipe 2)

Menurunkan kadar gula darah termasuk salah satu manfaat daun sirih. Studi membuktikan bahwa meminum air rebusan daun sirih dapat membantu menurunkan gula darah.

Bagi para penderita diabetes tipe 2 yang baru terdiagnosis, maka rebusan daun sirih bisa menjadi solusi. Namun, rebusan air daun sirih tidak bisa diandalkan secara kontinu (terus menerus). Pasalnya, ramuan ini hanyalah campuran herbal yang dapat mendukung obat dokter.

Pola hidup yang sehat dan diet yang sesuai perlu dilakukan agar proses pemulihan lebih cepat.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun ini tergolong tinggi sehingga ia juga dapat mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif buruk bagi kesehatan karena menyebabkan ketidakseimbangan hormon insulin.

2. Menghambat Terjadinya Kerusakan Gigi

Kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang dan keropos jelas sangat mengganggu estetika. Salah satu kerusakan pada gigi bisa terjadi karena membiarkan plak gigi menumpuk di sela-sela gigi dan gusi.

Kondisi ini tentu menjadi persoalan. Namun, kamu bisa mengandalkan daun sirih untuk permasalahan yang terjadi. Caranya dengan mengunyah daun sirih.

Kandungan senyawa aktifnya seperti alkanoid, flavonoid, mineral, dan serat pangannya dipercaya dapat mencegah kerusakan pada gigi. andungan tanaman sirih dapat membunuh bakteri-bakteri jahat dalam mulut.

3. Daun Sirih Bisa Mengobati Iritasi Mata

Apabila kamu pernah mengalami iritasi mata, maka cara praktis untuk menyembuhkannya adalah menggunakan ramuan daun sirih.

Caranya, yaitu dengan meneteskan rebusan air daun sirih pada mata yang terkena iritasi atau mata merah. Cara ini mampu meringankan hal yang kamu alami.

Penyebab iritasi mata merah bisa berbagai macam, seperti debu yang masuk ke dalam mata, kelelahan, dan peradangan. Teteskan saja tepat pada ujung mata dan sebarkan dengan cara mengedip.

Hindari menggosok mata setelah proses penetesan karena akan terasa lebih perih dan gatal.

4. Sebagai Obat Luka Bakar

Manfaat daun sirih selanjutnya, yaitu sebagai obat luka bakar. Dalam kasus luka bakar, salah memilih obat yang terjadi luka bakar bisa membekas. Jadi, jangan sampai salah memilih obat luka bakar, ya.

Daun sirih juga dipercaya dapat mengatasi permasalahan di atas. Kamu bisa menggunakan daun sirih sebagai obat luka bakar. Sebab, tanaman sirih memiliki banyak kandungan baik seperti polifenol dan Vitamin C.

Nah, Zat-zat itu dapat mempercepat regenerasi kulit sehingga proses penyembuhan luka pun semakin cepat. Tidak hanya mempercepat regenerasi kulit, kuman-kuman pun mati diberantas kandungan tanaman sirih.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun sirih selanjutnya ditujukan untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.  Rebusan daun sirih dapat membantu melancarkan pencernaan dan mempercepat proses metabolisme tubuh manusia.

Selain itu, rebusan daun sirih juga dapat menghilangkan racun dari tubuh dan menurunkan kadar air yang berlebihan. Terlebih lagi, kamu juga tidak perlu cemas dengan rasa sembelit.

Pasalnya, ramuan rebusan daun sirih juga dapat menyembuhkan permasalahan tersebut. Dengan diiringi rutinitas olah raga dan diet yang baik, berat badan tubuh senantiasa akan menurun dan pencernaan pun semakin lancar.

6. Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Tidak hanya untuk mengurangi berat badan, rebusan daun sirih juga dapat digunakan untuk menaikkan berat badan. Rebusan daun sirihsudah terbukti dapat meningkatkan nafsu makan.

Kandungan tanaman sirih juga bisa mengobati gangguan pencernaan dan mengontrol kadar keasaman pada tubuh manusia. Hal ini disebabkan oleh keunggulan daun sirih yang dapat menetralkan PH (kadar keasaman) pada usus dan hati.

Kadar seng yang dikandung oleh daun sirih akan membuat tubuh kita terasa lebih bugar, segar, dan nafsu makan pun tidak akan berkurang.

7. Mengurangi Masalah Pernapasan

Daun sirih sangat membantu dalam mengobati masalah yang berkaitan dengan batuk dan pilek. Ini adalah obat yang sangat baik untuk mereka yang menderita paru-paru tersumbat dan asma.

Adapun cara untuk mengurangi masalah pernapasan, yaitu dengan mengoleskan sedikit minyak mustard pada daunnya, hangatkan dan letakkan di dada untuk menyembuhkan mampet.

Kamu juga bisa merebus beberapa daun dalam air, menambahkan kapulaga, cengkeh dan kayu manis dalam dua gelas air. Kurangi menjadi 1 cangkir dan konsumsi ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk menghilangkan masalah hidung tersumbat dan pernapasan.

8. Manfaat daun Sirih Lainnya

  • Mengatasi sakit tenggorokan
  • Menurunkan risiko stres dan depresi usia tua
  • Meredakan batuk
  • Mengatasi mimisan
  • Menurunkan kolesterol
  • Meningkatkan energi
  • Sebagai obat radang prostat

Itulah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan. Semoga bermanfaat, ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *