Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
manfaat beras kencur

Mendengar frasa beras kencur pikiran langsung tertuju ke produk minuman tradisional. Ya, Jamu beras kencur adalah salah satu minuman olahan yang punya segudang khasiat bagi kesehatan.  Salah satu manfaat beras kencur, yaitu dapat menambah stamina tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Kencur adalah rempah tradisional yang termausuk dalam ketgori akar-akaran (rimpang) sekaligus bahan utama dari pembuatan beras kencur. Rempah satu ini bisa dijadikan obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, dan tentunya  sudah percaya sejak dulu.

Cara membuat minuman olahan tradisional ini cukup mudah dan tidak memerlukan biaya besar.

Adapun bahan-bahan pembuatan beras kencur di antaranya:

  • 3 rimpang kencur (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)
  • 1 rimpang jahe (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)
  • 100 gram beras putih (rendam dalam air selama 3 jam, sangai, dan haluskan)
  • 1 sdm air asam jawa
  • 5 cm kunyit (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)
  • Gula pasir secukupnya
  • Gula jawa secukupnya yang sudah disisir halus
  • 3 gelas besar air

Setelah mempersiapkan bahan-bahan untuk pembuatan, langsung saja masuk ke cara membuat beras kencur.

Berikut panduan membuat beras kencur yang bisa dipraktikkan.

  • Panaskan air lalu masukkan kencur, jahe, kunyit, air asam, gula pasir dan gula jawa.
  • Rebus semua bahan hingga mendidih.
  • Jika sudah mendidih, saring air rebusan. Pisahkan ampas dengan air yang jernih.
  • Selanjutnya, masukkan sedikit beras yang sudah direndam dan dihaluskan ke dalam air rebusan.
  • Jika ingin rasa kencur lebih pekat, kamu bisa menambahkan kencur mentah yang telah dimemarkan ke dalam air rebusan.
  • Aduk rata dan tunggu hingga pati kencur atau beras mengendap di bawah.
  • Sajikan beras kencur selagi masih hangat.

Setelah mengetahui cara membuat beras kencur, Kawula telah merangkum tentang manfaat beras kencur untuk kesehatan.

7 Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan Tubuh

Selain murah dan gampang dibuat, jamu beras kencur memiliki segudang  khasiat untuk tubuh manusia. Berikut uraian ringkas tentang efek yang didapat jika kita rajin mengonsumsi minuman tradisional satu ini secara teratur.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin setiap malam hari dapat membantu mengisi stamina sehingga keesokan paginya bangun dengan energi yang lebih baik. Kencur mengandung sehingga dapat membantu dalam meningkatkan energi dan kesadaran, serta dapat mengatasi kelelahan.

Jamu beras kencur juga dapat memberikan efek stimulasi pada sistem yang berperan penting dalam imunitas tubuh. Selain itu, konsumsi rutin jamu beras kencur dapat membantu mereka untuk meningkatkan nafsu makan karena memiliki sifat carminative.

2. Konsumsi Beras Kencur untuk Dapatkan Tubuh Ideal

Jamu beras kencur memiliki kandungan zat yang dapat membakar lemak pada tubuh secara efektif sehingga membantu tubuh menjadi langsing dan ideal. Mengonsumsi jamu beras kencur juga dapat mengurangi kadar glukosa darah dan memertahankannya dengan normal. Untuk itu, jamu beras kencur cocok untuk dikonsumsi saat menjalani program diet.

3. Manfaat Beras Kencur Dapat Singkirkan Kolesterol Jahat

Jamu beras kencur dapat memperlancar aliran empedu sehingga membantu penyerapan makanan yang masuk dalam tubuh. Dengan demikian, kolestrol jahat dalam darah dapat tersingkir.

Hal ini dikarenakan kencur memiliki sintase asam lemak dengan bantuan landungan flavonoidnya, seperti kaempferol, quercetin, dan galanin sehingga kolesterol dan trigliserida dapat keluar dari tubuh.

Baca juga: Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

4. Kaya Antioksidan bagi Tubuh

Jamu beras kencur mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas pada tubuh. Jamu beras kencur juga memiliki kandungan antiinfeksi dan antiinflamasi yang dapat melawan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan radang. Ada senyawa dalam jamu beras kencur yang mampu mencegah lepasnya zat yang merangsang radang atau nyeri. Tingginya antioksidan pada jamu beras kencur pun dapat menjaga tubuh tetap sehat, prima, dan terhindar daru segala penyakit.

5. Dapat Mengatasi Batuk, Flu dan Pilek

Saat tenggorokan terasa gatal dan batuk terus-menerus, minum jamu beras kencur hangat dapat menjadi solusi. Jamu beras kencur dapat membantu dalam mengencerkan dahak sehingga tenggorokan terasa lega. Tidak hanya batuk, jamu beras kencur juga dapat meringankan sakit flu. Hal ini dikarenakan jamu beras kencur memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi virus penyebab batuk dan flu.

6. Dapat Mengurangi Sakit Perut

Saat mengalami sakit perut atau mulas yang tak tertahankan, mengonsumsi jamu beras kencur ini dapat menjadi obat. Jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi diare karena kencur mengandung serat yang membantu masalah pencernaan. Selain itu, jamu beras kencur juga dapat meredakan nyeri atau kram perut akibat maag.

7. Membantu Perawatan Kulit

Jamu beras kencur juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Adapun manfaat beras kencur untuk perawatan kulit, yaitu mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit. Selain dikonsumsi secara rutin untuk membantu menyehatkan kulit dari dalam, beras kencur juga dapat dijadikan masker wajah untuk perawatan kulit. Perawatan yang dilakukan dari luar dan dalam tubuh ini akan memaksimalkan hasil akhirnya, lho.

Itu tadi 7 manfaat konsumsi jamu beras kencur untuk mendapatkan. Jangan lupa untuk tetap imbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat agar khasiatnya berjalan dengan baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *