Macam-macam Cryptocurrency yang Ada di Dunia 

  • Whatsapp
macam macam cryptocurrency

Tidak dapat dipungkiri bahwa mata uang virtual semakin berkembang pesat di seluruh dunia. Bitcoin menjadi salah satu koin digital yang paling populer di pasar cryptocurrency. Namun, perlu diketahui juga bahwa sebenarnya tidak hanya nama besar seperti Bitcoin, Ethereum, atau Litecoin saja yang bisa dipilih. Sebab, macam macam cryptocurrency juga semakin berkembang pesat hingga memunculkan koin-koin baru.

Bahkan, sejak tahun 2019, sudah tercatat ada 2000 jenis koin baru yang masuk ke pasar crypto. Meski memang, hanya ada segelintir koin saja yang memang berhasil menguasai pasar. Lalu, apa saja koin-koin digital lain yang bisa dipilih?

Macam Macam Cryptocurrency

Inilah berbagai jenis mata uang virtual baru yang bisa Anda jadikan pilihan investasi:

1. Cardano (ADA)

Cardano (ADA) merupakan sebuah representasi blockchain yang menggunakan bahasa pemrograman Haskell. Adapun konsep yan ditawarkan oleh mata uang virtual ini sama dengan Ethereum yaitu dipersonalisasi untuk teknologi smart contract. Perlu diketahui jika Cardano merupakan satu-satunya mata uang kripto yang mengimplementasikan protokol konsensus proof-of-stake secara menyeluruh.

2. CAKE atau Pancakeswap

Pancekaswap merupakan mata uang digital yang tergolong masih baru karena diluncurkan pada 20 September 2020. Kurang lebih usianya masih 7 bulan sehingga tidak mengherankan kalau namanya belum begitu populer. Pancakeswap merupakan pertukaran desentralisasi (DEX) yang dibuat oleh Binance Smart Chain (BSC).

Pancakeswap bisa dipergunakan untuk perdagangan token BEP20. Adapun kelebihan dari Pancakeswap adalah menghasilkan lebih banyak Token, biaya rendah, transaksi cepat, tidak ada persyaratan KYC, diaudit dan diamankan dan sebagainya. Harga Pancakeswap sudah diatas IDR 600 ribu per koin.

3. Bakeryswap (BAKE)

Bakeryswap (BAKE) diluncurkan pada bulan September 2020. Bakeryswap merupakan koin uniswap yang mengaktifkan layanan AMM dan perdagangan NFT. Bakeryswap ini memiliki biaya 0,30% untuk setiap aktivitas di platform. 0,25% untuk penyedia likuiditas dan sisanya 0,05% digunakan untuk membeli BAKE lalu mendistribusikannya ke pemegang BAKE.

4. Dogecoin

Dogecoin merupakan salah satu mata uang kripto yang masih terbilang cukup baru. Mata uang virtual ini pada awalnya dibuat sebagai lelucon oleh para penggemar crypto. Nama dari koin ini diambil dari nama meme yang sebelumnya pernah populer.

Popularitas Dogecoin meledak pada tahun ini dan menjadi mata uang kripto terbesar keempat berdasarkan kapitalisasi pasar. Perlu diketahui jika Dogecoin sangat friendly untuk pemula  dan bertujuan untuk mengenalkan mata uang virtual kepada masyarakat luas, terutama kepada pengguna internet.

5. Tron

Tron menjadi salah satu aset kripto yang tergolong masih baru. Meski masih baru tetapi Tron mengalami perkembangan yang begitu pesat. Saat ini Tron sudah memiliki sekitar 300.000 akun yang diprediksi akan terus mengalami perkembangan nilai. Penggunaan Tron sebagai alat bayar akses premium diprediksi akan semakin banyak di masa mendatang.

6. Toko Token (TKO)

Tokocrypto yang merupakan pedagang aset kripto di Indonesia beberapa waktu yang lalu meresmikan proyek kripto lokal yang diberi nama Toko Token (TKO). Mata uang virtual ini menyediakan model token hybrid yang cukup unik karena menawarkan utilitas CeFi dan juga DeFi.

Hadirnya TKO merupakan solusi untuk market Indonesia. Dimana layanan TKO tidak hanya layanan keuangan saja, tetapi juga aset lainnya, seperti perlindungan data, manajemen, privasi, rantai pasokan hingga karya seni berbentuk NFT.

Dalam utilitas DeFi, TKO bisa digunakan dalam program tabungan. Contohnya seperti TKO Deposit, TKO Savings, TKO Rabate dan TKO TKO Cashback. TKO ini juga akan menjadi tulang punggung NFT market sehingga bisa digunakan sebagai pembayaran pada TKO NFT pasar barang koleksi digital, Arcade/Marketplace dan juga aset kreatif dari seniman-seniman baru. Adapun harga 1 TKO to USD sebesar USD 177. Anda bisa membeli TKO di Tokocrypto.

Itulah macam macam cryptocurrency yang ada di dunia. Di mana aset kripto yang disebutkan diatas tergolong masih baru sehingga belum sepopuler Bitcoin. Meski begitu, berbagai koin ini layak untuk jadi bahan pertimbangan karena juga memiliki potensi untuk bernilai sangat tinggi seperti Bitcoin.

Anda juga bisa menemukan berbagai koin tersebut di Tokocrypto. Tokocrypto adalah exchanger terpercaya di Indonesia. Di sini Anda bisa menemukan, menjual, dan membeli berbagai aset digital. Tentunya dengan aman, mudah, dan terpercaya. Jadi, yuk kunjungi Tokocrypto sekarang juga!

Pos terkait