Larangan Berkunjung ke 12 Kota di Italia Dikeluarkan Kemlu RI Terkait Merebaknya Corona

Warga Italia borong produk supermarket akibat merebaknya virus Corona. (Foto: AP Photo)

Melalui Kementerian Luar (Kemlu) Negeri RI, Pemerintah Indonesia mengeluarkan larangan bagi warga Indonesia untuk mengunjungi sekitar 12 kota di Italia. Hal itu terkait adanya penyebaran virus corona yang merebak, khususnya di bagian utara Negeri Pizza tersebut.

Dilansir dari CNN Indonesia, hingga Senin (2/3/2020), Italia masih menjadi negara dengan kasus virus corona terbanyak di Eropa dengan 1128 kasus dan 29 kematian. Adapun sebagian besar pasien corona ini berada di wilayah utara Italia, utamanya Lombardi dan Veneto.

"Mengingat wilayah utara Italia (Lombardi dan Veneto) telah mengumumkan terjadinya infeksi dan penyebaran virus corona (Covid-19) yang meluas, kami mengimbau Anda (WNI) agar menghindari kunjungan ke wilayah terjadinya wabah di Italia yang meliputi 12 kota di bagian utara Italia, terutama Condogno, Eugeneo, Torino," demikian imbauan perjalanan Kemlu RI melalui aplikasi Safe Travel.

Lewat aplikasi tersebut, Kemlu RI pun meningkatkan status perjalanan WNI ke Italia yang semula berwarna hijau atau kewaspadaan wajar menjadi warna kuning atau kewaspadaan tinggi. Di samping itu, Kemlu juga mengimbau seluruh WNI yang tengah berada di Italia dan hendak melakukan perjalanan ke Italia, untuk terus waspada, menjaga kebersihan, dan sebisa mungkin menghindari kontak langsung dengan siapa saja yang menderita demam dan batuk.

Tak hanya itu, pemerintah Indonesia pun meminta para WNI di Italia untuk terus mengikuti perkembangan terkini dari pihak berwenang Italia, khususnya terkait virus corona. Diketahui, beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Australia bahkan sedang mempertimbangkan larangan perjalanan sementara waktu ke Italia.(but)







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar