Langkah Menguntungkan Diambil Liverpool saat Rekrut Minamino, Ini 6 Alasannya

Takumi Minamino. (Foto: liverpoolfc.com)

Rekrutan pertama Liverpool untuk bursa transfer pemain Januari 2020 adalah gelandang serang asal Jepang, Takumi Minamino. Ia dioper dari klub Austria Red Bull Salzburg ke The Reds pada Kamis (19/12/2019). Menyaksikan performanya, yang berhasil menjuarai Liga Champions musim lalu dan kini memuncaki klasemen Liga Inggris, Liverpool dinilai tak terlalu membutuhkan tambahan amunisi baru.

Akan tetapi, keberhasilan mendatangkan Minamino dinilai menjadi langkah menguntungkan bagi klub Inggris yang merajai gelar Liga Champions itu. Dikutip dari Tempo.co, inilah beberapa alasannya:

1.  Harganya Murah

Minamino didatangkan dengan harga 7,25 juta pound sterling atau sekitar Rp132 miliar. Itu harga yang realtif murah. Musim lalu, salah satu rekrutan The Reds adalah Xherdan Shaqiri, yang berharga 14,7 juta euro (Rp229 miliar), sedangkan harga Naby Keita mencapai 50 juta euro (Rp934 miliar).

2.  Pemain Serba Bisa

Gelandang asal Jepang berumur 24 tahun ini diketahui mampu bermain di berbagai posisi. Ia biasa bermain sebagai gelandang serang dan penyerang tengah di Salzburg. Minamino pun dapat ditempatkan sebagai penyerang sayap. Bagi pelatih Jurgen Klopp, kemampuan pemain seperti itu akan sangat bermanfaat sebagai bekal menjalani musim yang panjang dan berat.

3. Sudah Melakukan Pembuktian

Salzburg menghabiskan waktu 16 bulan sebelum akhirnya mendapatkan Minamino pada musim dingin 2015. Menurut Direktur Olahraga Salzburg, Christoph Freund di samping bertalenta, Minamino merupakan pemain berkarakter. Pilihan tim tak salah. Bersama klub Austria itu Minamino terlibat dalam 199 laga dan mencetak 64 gol.

Adapun salah satu gol pemain ini dicetak ke gawang Liverpool saat kedua tim bertemu di Anfield di ajang Liga Champions musim ini. Ketika itu, The Reds menang 4-3.

4. Statistik Meyakinkan

Minamino pada musim ini menyumbang 5 gol dan 5 assist dalam 14 tampilan di Liga Austraia. Ia menjadi pemain paling banyak berperan dalam menciptakan gol untuk timnya. Di Liga Champions musim ini, ia menyumbang 2 gol dan 3 assist.

Sebagai perbandingan performa pemain Liverpool di Liga Champions musim ini adalah Mohamed Salah 4 gol, 2 assist; Sadio Mane 2 gol, 2 assist; dan Roberto Firmino 0 gol, 4 assist.

5. Bisa Menjadi Andalan di Liga Champions

Walau sudah bermain di Liga Champions musim ini bersama Salzburg, Minamino tetap bisa diturunkan Liverpool di kompetisi babak sama yang akan memasuki sistem gugur. Hal itu karena ada perubahan aturan yang dikeluarkan UEFA.

6. Jurgen Klopp Menyukainya

Klopp sudah memberi pujian untuk pemain barunya ini.

"Takumi adalah pemain yang sangat cepat, sangat pintar, dia bisa menemukan ruang di antara lini. Dia berani dengan bola tetapi juga berani tanpa bola - pemain tim yang tepat. Dia membuat yang terbaik dari dirinya untuk bermanfaat bagi orang lain," kata Klopp.

Kesimpulannya, Takumi Minamino akan jadi rekrutan yang berpotensi memberi banyak keuntungan bagi Liverpool. Ia bisa menjadi pelapis trio Sadio Mane, Mohamed Salah, Roberto Firmino atau ia bahkan bisa menggeser salah satu dari ketiganya.(but)







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar