Jumlah Guru Belum Merata, Nadiem Singgung soal Kesiapan Pemerintah Daerah

Acara sungkem kepada guru untuk memperingati Hari Guru Nasional. (Foto: ANTARA/MAULANA SURYA)
Loading...

Masalah jumlah guru yang masih belum merata di berbagai daerah ditanggapi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Menurutnya, sukses atau tidaknya pemerataan guru di berbagai daerah tidak bergantung kepada pemerintah pusat, melainkan lebih bergantung kepada kesiapan pemerintah kabupaten/kota dan provinsi. Diketahui, saat ini banyak sekolah yang mengalami kekurangan tenaga pengajar.

"Jangan lupa, ya kesuksesan pemerataan guru kuantitas dan kualitas guru itu sangat tergantung kepada kesiapan pemerintah daerah dan pemerintah provinsi," ucapnya, Sabtu (30/11/2019).

Ia memandang, tak semestinya hal itu ditanyakan kepada pemerintah pusat sebab pemerintah pusat hanya bertugas melayani dan membantu pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah provinsi untuk melaksanakan pemerataan pendidikan.

"Karena mereka (pemkab, pemkot, dan pemprov) yang akan mengangkat guru, mereka yang mendistribusikan guru di daerahnya masing-masing," jelasnya.

Namun, diakuinya bahwa memang harus ada kerja sama secara gotong royong antara pusat dan daerah karena persoalan ini memang tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, tetapi daerah selaku penyalur para guru.

"Jadi, itu salah satu tantangan utama bagi kami juga," tuturnya.(but)



Loading...




[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar