Cara Memilih Jenis Makanan Kucing yang Baik

  • Whatsapp
Cara memilih jenis makanan kucing yang baik

Menjadi orang tua baru bagi seekor kucing mungkin membuat Anda bingung bagaimana mengurusnya dengan baik. Termasuk memilih jenis makanan kucing apa yang paling cocok untuk hewan lucu berbulu itu. Selama hidup, mungkin Anda hanya mengetahui jika kucing senang makan ikan, baik mentah ataupun digoreng.

Padahal, ada banyak jenis makanan kucing bergizi lainnya yang dijual di pasaran. Anda hanya harus  membeli satu di antaranya. Tenang, memilih jenis makanan kucing itu gak susah, kok.

Bacaan Lainnya

Jika mencari makanan kucing di pet shop, Anda akan disuguhkan dengan bentuk-bentuk yang beraneka ragam. Di setiap kemasan akan ada informasi gizi dan kandungannya. Sebelum membeli, Anda perlu tahu usia kucing yang sedang Anda pelihara. Sebab, makanan yang Anda beli bergantung pada kebutuhan kucing tersebut.

Secara umum, Anda dapat membeli makanan kucing yang mengandung protein tinggi, rendah karbohidrat, dan dikemas dengan mineral serta vitamin. Biasanya, setiap kemasan makanan kucing diberi label umur untuk memudahkan Anda saat membeli.

Memilih makanan kucing yang tepat artinya Anda dapat mempercepat tumbuh kembang kucing. Selain itu, makanan yang tepat dapat membuat kucing-kucing menjadi sehat. Berikut jenis makanan kucing yang bisa Anda jadikan referensi untuk menemukan makanan yang cocok untuk kucing kesayangan Anda.

Umumnya ada 4 jenis makanan kucing, di antaranya:

Makanan Kering Kucing

Makanan ini merupakan jenis makanan kucing paling ekonomis untuk dimakan daripada bentuk makanan lain. Jenis makanan ini paling mudah ditemukan dan harganya juga murah. Makanan kering (dry food) juga dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Makanan kucing jenis ini terbuat dengan cara ekstrusi daging dengan tekanan suhu yang tinggi. Biasanya ditambahkan dengan bahan lain, seperti lemak makanan yang disemprotkan. Tujuannya sederhana, untuk meningkatkan palatabilitas dan rasa.

Hanya saja, beberapa makanan kucing jenis ini tidak memiliki nutrisi yang seimbang. Untuk itu Anda harus berhati-hati jika ingin membeli makanan kucing jenis kering. Kini, telah tersedia banyak makanan kering berkualitas tinggi kaya nutrisi. Sehingga kucing Anda dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Makanan Mentah Kucing

Jenis makanan kucing yang satu ini telah banyak diketahui oleh banyak orang. Cara ini diambil dari pola bertahan hidup kucing liar. Makanan mentah untuk kucing biasanya terdiri dari daging otot hewan mentah, daging organ, dan tulang.

Banyak dari kucing yang hidup dengan diet tinggi protein dengan jenis makanan ini. Selain itu, makanan mentah memiliki tingkat kelembaban yang tinggi. Dalam satu daging mentah juga terdapat asam amino, seperti taurin, asam lemak, vitamin, dan mineral penting lainnya.

Satu hal penting lainnya yang harus Anda ketahui adalah kucing jauh lebih baik dari pada manusia dalam hal mencerna makanan mentah. Hal ini dikarenakan kucing memiliki saluran pencernaan yang lebih pendek.

Hanya saja, tidak semua kucing bisa mentolerir makanan mentah. Jadi Anda tetap harus hati-hati saat memberi makanan kucing, ya. Apalagi dengan tipe jenis makanan mentah ini.

Makanan Basah Kucing

Jenis makanan kucing selanjutnya adalah makanan basah. Mencari makanan jenis ini juga tidaklah sulit. Anda bahkan bisa menemukan makanan kucing jenis ini di minimarket waralaba.

Makanan basah mengandung air tambahan. Makanan ini memiliki manfaat untuk kesehatan ginjal dan seluruh sistem saluran kemih. Kabar baiknya lagi, jenis makanan ini banyak disukai oleh kebanyakan kucing, lho.

Makanan basah tentu berbeda dengan makanan kering. Makanan basah jauh lebih mudah dikonsumsi kucing dan rasanya lebih lezat.

Di pasaran, warietas makanan basah memiliki kualitas tinggi. Hanya saja, Anda harus memahami label pada kemasannya. Sebagai contoh, Tuna Cat Food, makanan basah ini mengandung 95 persen tuna di dalamnya. Berbeda dengan Tuna Dinner atau Tuna Platter yang hanya mengandung 25 persen tuna. Ada pula Cat Food with Tuna, artinya hanya ada 3 persen tuna dalam produk makanan basah tersebut. Pintar-pintar memilih makanan, ya.

Makanan Rendah Protein

Meskipun idealnya kucing harus mengonsumsi makanan yang tinggi protein, bukan berarti makanan ini jadi tidak berguna. Tidak semua kucing memerlukan asupan protein yang tinggi. Beberapa kucing secara medis bisa jadi membutuhkan makanan rendah protein.

Sebagai contoh kucing dengan riwayat penyakit ginjal kronis. Dengan mengonsumsi makanan rendah protein akan membatu memperlambat perkembangan penyakitnya. Makanan jenis ini dapat membantu mengurangi kerja ginjal untuk mengeluarkan produk limbah protein.

Dengan mengonsumsi sedikit protein, Anda dapat membantu menjaga fungsi ginjal pada kucing. Sebab, proses eksresi protein melalui penyaringan ginjal lebih sedikit.

Nah, Anda bisa memilih jenis makanan kucing mana yang cocok untuk kucing kesayangan Anda. Jika diperlukan, Anda bisa konsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui kesehatan kucing Anda agar dapat menentukan jenis makanan mana yang cocok dikonsumsi kucing Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *