Investasi Reksadana Modal Kecil via Aplikasi

  • Whatsapp
investasi reksadana modal kecil

Siapa bilang untuk menyandang status investor memerlukan modal besar? Dengan investasi reksadana modal kecil, setiap orang sudah bisa punya titel tersebut.

Saat ini, dengan menanam modal berupa uang sebesar Rp100 ribu saja investasi reksadana sudah bisa dilakukan. Jenis investasi ini pun mendapatkan dukungan positif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, apa pun status Anda saat ini, entah itu mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja lepas harian bisa untuk berivestasi atau belajar investasi reksadana. Sebab, reksadana punya cara kerja yang mudah. Anda tak perlu susah payah untuk menerjemahkan angka-angka bursa saham yang rumit.

Sebab, untuk urusan hal itu, telah ada manajer investasi yang berperan sekaligus bertanggung jawab memutarkan modal (uang) agar berkembang dengan baik di masa datang.

Nah, cara memulai inveastasi reksadana pun cukup mudah. Cukup mendaftarkan diri ke perusahaan manajer invetasi reksa dana, baik berbasis aplikasi maupun daftar investasi reksdana ke bank yang mempunya layanan ini.

Investasi Reksadana Modal Kecil via Aplikasi

Untuk pemula yang ingin mencoba berinvestasi, tapi dananya masih sedikit, ada beberapa aplikasi broker terbaik investasi reksadana modal kecil yang bisa dijadikan pilihan untuk belajar investasi reksa dana, di antaranya:

1. Bibit

PT Bibit Tumbuh Bersama atau lebih akrab dikenal dengan Bibit mengklaim dirinya sebagai penyedia investasi reksadana otomatis, yang telah diunduh lebih dari 1 juta unduhan di Google Play Store. Bibit memungkinkan kamu berinvestasi mulai dari Rp 10.000 sehingga cocok untuk kamu yang baru mau memulai belajar berinvestasi.

Dana investasi dapat dicairkan kapanpun dengan cepat tanpa penalti dan tentunya tidak dikenakan pajak. Bibit akan mempelajari profil pengguna untuk dapat memberikan saran investasi yang sesuai dengan penggunanya. Jadi, setiap pendaftar akan mendapatkan rekomendasi yang berbeda. Bibit tidak menyimpan dana kamu dan dana hanya dapat dicairkan ke rekening atas nama kamu.

2. Tanamduit

Tanamduit menjadi salah satu platform digital yang membantu pengguna dalam membuat perencanaan keuangan, mengeksekusinya, dan memonitor pencapaian investasi yang dijalankan. Tiga tahap esensial ini disediakan oleh Tanamduit dengan sistem self-learning di mana pengguna dapat belajar dari nol dengan panduan dan rekomendasi tim Tanamduit.

Dinaungi oleh PT Mercato Digital Asia, sebuah perusahaan teknologi keuangan, tanamduit telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tanamduit memiliki visi untuk mewujudkan kehidupan finansial yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

3. Fundtastic

Mengklaim dirinya sebagai platform investasi terlengkap, Fundtastic memang menyediakan beragam produk mulai dari reksa dana, emas, SBN (Surat Berharga Negara), hingga asuransi. Fundtastic memungkinkan pengguna untuk merencanakan mimpi atau masa depannya dengan fitur misi keuangan.

Bahkan Fundtastic memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk lebih cepat meraih target yang ditetapkan. Pengguna juga dapat mengatur cash flow yang terhubung dengan aktivitas perbankan. Lengkap bukan?

4. Investastik

Investasik diinisiasi oleh PT Danareksa Investment Management (DIM) yang menjadi manajer Investasi pertama yang meluncurkan reksa dana di Indonesia pada Juli 1996 dengan mengeluarkan Reksa Dana Danareksa. Investasik memudahkan investor atau pemilik modal untuk melakukan investasi.

Uniknya, semua produk reksa dana Investasik dijelaskan secara rinci sehingga pengguna dapat memahami resiko maupun jenis investasinya. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi investasik.id.

Tempat Beli Reksa Dana Modal Kecil Selain di Aplikasi

Dikutip dari laman lifepal, bagi pemula dan dana nganggurnya masih sedikit, berikut ini daftar tempat beli reksa dana yang memberi syarat dana investasi minimal Rp 100 ribu saja.

1. Commonwealth Bank

Bank asal Australia ini bekerjasama dengan banyak perusahaan manager investasi. Cukup setorkan Rp 100 ribu, sudah sah jadi nasabah reksa dana di Commonwealth Bank. Tinggal buka rekening, beli produk reksa dana Rp 100 ribu, dan tiap bulan berikutnya dana investasi itu akan ditransfer (debet) secara otomatis dari rekening yang dimiliki.

2. CIMB Niaga

Bank Niaga ini punya layanan reksa dana bernama CRISP Plus. Produk ini cocok bagi yang ingin belajar berinvestasi. Embel-embel itu yang membuat duit awal investasi cukup Rp 100 ribu saja. Yang keren dari layanan ini, nasabah mendapat layanan asuransi juga. Ingat ya, buka rekening dulu di CIMB Niaga untuk beli CRISP Plus.

3. PT Danareksa Investment Management (DIM)

PT DIM adalah anak usaha PT Danareksa yang berstatus BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Sejak beroperasi pada 1992, PT DIM sudah mengelola lebih dari 15 produk reksa dana. Dan modal untuk beli produknya cukup Rp 100 ribu.

4. PT Panin Asset Management (PAM)

Sedikitnya sudah 10 produk reksa dana yang dikelola PAM. Panin Dana Maksima adalah produk reksa dana yang hanya mensyaratkan dana awal Rp 100 ribu. Kalau mau konsisten, bisa manfaatkan layanan autodebet dari rekening Bank Panin sehingga tiap bulan bisa sisihkan Rp 100 ribu untuk beli reksa dana.

5. PT Manulife Aset Management Indonesia (MAMI)

Manulife Syariah Sektoral Amanah adalah produk MAMI yang membuat seseorang bisa jadi investor cukup dengan menyetorkan Rp 100 ribu. Soal pengalaman? Tenang, MAMI sudah bergerak dalam pengelolaan reksa dana sejak 1996.

6. PT Schroders Investment Management Indonesia

Schroder Syariah Balanced Fund adalah produk reksa dana yang tepat bagi yang berminat berinvestasi dengan Rp 100 ribu. Ada satu keunggulan produk yang dikelola Schroders, yakni perusahaan ini terkenal memiliki data yang komplet dan gampang diakses.

7. PT Syailendra Capital

Syailendra Balanced Opportunity Fund adalah produk unggulan yang menyabet penghargaan. Nah,  kabar baiknya, produk ini bisa dimiliki hanya dengan menanam duit Rp 100 ribu.

8. PT Mandiri Manajemen Investasi

PT Mandiri Manajemen Investasi menawarkan pilihan produk reksa dana dengan dana investasi mulai Rp 100 ribu sampai jutaan. Perusahaan ini bisa diandalkan karena masih ada hubungannya dengan Bank Mandiri.

Nah, banyak pilihan untuk membeli produk reksa dana dengan modal Rp 100 ribu, bukan? Bisa jadi di luaran sana masih ada tempat-tempat yang tepat untuk berinvestasi di reksa dana. Sebagai masukan, pilihlah bank atau manajer investasi yang sudah terdaftar di situs Bapepam.

Perlu diingat tahap pertama dalam mulai sesuatu adalah mencari informasi mendalam agar kamu mendapatkan gambaran dan preferensi yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Tetap bijak dalam mengelola keuangan agar kelak mencapai kebebasan finansial secara lebih cepat.

Itulah rekomendasi investasi reksadana modal kecil via aplikasi dan tempat beli reksa dana yang dapat kamu coba sebagai pemula. Dalam mengalokasikan investasi, kamu harus bijak dalam menentukan nominal yang diinvestasikan. Tentunya, sesuaikan dengan kemampuan. Jangan sampai mengganggu dana untuk operasional sehari-hari dan dana darurat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *