Strategi Instagram Marketing yang Efektif untuk Pemula

Instagram menjadi salah satu media sosial yang kerap digunakan untuk berbisnis. Hal ini karena adanya Instagram Marketing, yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnisnya.

strategi instagram marketing

KAWULA ID – Instagram menjadi salah satu media sosial yang kerap digunakan untuk berbisnis. Hal ini karena adanya Instagram Marketing, yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnisnya. Apalagi, saat ini sudah ada fitur Instagram Shop yang juga bisa kita gunakan untuk memposting barang jualan kita. 

Nah, tak hanya untuk bisnis online, Instagram juga sangat bermanfaat untuk para konten kreator yang ingin mendulang popularitas, agar banyak brand-brand yang mau bekerja sama dengannya. Untuk itu, dengan hadirnya fitur Instagram Marketing, kita tidak bisa lagi memandang platform satu ini sebagai tempat “postang-posting” semata saja. Melainkan, juga mulai memikirkan strategi untuk mendulang popularitas.

Jangan salah, dengan memikirkan strategi untuk membuat konten Instagram ini, tak sedikit orang yang sukses menjadi influencer dan digemari banyak orang. Bahkan, tak sedikit pula kelas-kelas webinar yang mengangkat tema besar “Instagram Marketing”, karena memang platform media sosial ini digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga, bukan tak mungkin, memiliki nama yang besar di Instagram akan mendatangkan cuan yang tak kalah besar.

Bagi kamu yang ingin menjadi konten kreator di platform ini, atau memiliki brand yang berpotensi akan besar, maka berikut ini strategi Instagram Marketing yang bisa kamu ikuti. 

Apa Itu Instagram Marketing?

Sebelum membahas strategi, ada baiknya untuk mengetahui apa itu instagram marketing. Secara sederhana, Instagram Marketing adalah upaya pemasaran yang dilakukan di platform media sosial ini. Sebagaimana upaya pemasaran, pasti ada dua langkah yang bisa dilakukan, yaitu melalui organik dan berbayar. Jika menggunakan metode organik, kita diharuskan untuk lebih kreatif, karena hanya dengan konten-konten kreativitas lah orang-orang akan tertarik dengan konten atau personality kita. 

Sedangkan, untuk metode berbayar, kita bisa menggunakan iklan yang tersedia di platform ini, yang berarti membutuhkan modal dan pemahaman khusus untuk hal tersebut. Dari kedua metode tersebut, berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mendulang popularitas di Instagram, terutama untuk pemula.  

Strategi Instagram Marketing untuk Pemula

Bagi para pemula yang ingin mendapatkan popularitas di platform ini secara organik, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Selain membuat konten yang bagus, tentu saja kita juga harus mempersiapkan akun kita agar lebih enak dilihat oleh para pengguna, dan mengundang mereka untuk memfollow akun kita.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah akun personal menjadi akun bisnis. Platform ini menyediakan fitur Instagram bisnis yang bisa digunakan untuk para konten kreator atau brand yang memiliki produk atau jasa yang ingin diperkenalkan. Hal ini sangat penting karena dengan menggunakan akun bisnis, orang-orang akan tahu bahwa akun yang kita punya sedang menawarkan sesuatu. 

Kemudian, barulah mengoptimasi profil agar lebih menjual, misalnya seperti mengganti username yang lebih unik dan mudah diingat. Kemudian, gunakan foto profil yang relevan dengan produk atau jasa yang akan ditawarkan. Selain itu, kita juga harus membuat biodata yang menarik, jika bisa juga diselipkan CTA (Call To Action) agar para pengikut atau pengunjung profil mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukannya jika ingin menggunakan atau membeli produk dan jasa yang kita punya.

Setelah itu, Instagram Marketing juga mengharuskan kita untuk menganalisis konten-konten yang sesuai dengan niche market. Seperti yang diketahui bersama, Instagram Marketing mempunyai beberapa fitur postingan yang bisa kita gunakan, di antaranya adalah Feed Instagram, Instagram Reels, Instagram Live, dan Instagram Story. Keempat fitur tersebut harus bisa kita manfaatkan untuk mendulang engagement dan reach. 

Jangan salah, keempat fitur tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Sebagai konten kreator atau pelaku bisnis, tidak bisa juga untuk menggeneralisir semuanya, dengan hanya mengupload satu konten untuk semua fitur. Cara seperti itu akan membuat akun tidak berkembang. Karena itu, kita harus selalu untuk up to date terhadap isu dan tren-tren terkini, kemudian mengadopsinya ke dalam konten. 

Beberapa strategi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat konten yang sesuai dengan tren atau isu terkini. Kemudian, buatlah deskripsi caption yang menarik dan mengundang orang untuk berkomentar. Dengan interaksi dari para followers dan pengguna lainnya, maka kemungkinan postingan yang dibuat, baik itu via feed, reels, atau story sekalipun, akan menyebar lebih luas. 

Selain itu, jangan pernah melupakan fitur hashtag atau tanda pagar (tagar) yang disediakan oleh Instagram Marketing ini. Saat ini, kebanyakan dari konten kreator dan pelaku bisnis tidak memanfaatkan fitur ini untuk mengembangkan konten-kontennya. Padahal, masih sangat banyak pengguna di aplikasi ini yang masih memanfaatkan fitur tagar ini untuk mencari-cari sesuatu. 

Nah, itulah beberapa strategi yang bisa kamu lakukan jika ingin membesarkan akun bisnis dengan Instagram Marketing. Penting untuk diingat, bahwa apa yang dijelaskan di atas hanyalah fitur yang membantu kita untuk meraih popularitas. Satu hal penting yang harus diingat adalah konsistensi dan komitmen untuk terus berupaya memasarkan apa yang ingin kita tawarkan di platform ini. So, selamat mencoba!

Untuk tambahan informasi, bagi kamu yang ingin mendapatkan centang biru instagram sebagai bentuk konfirmasi keaslian akun bisa menggunakan layanan kami satu ini.


Ikuti Artikel Terbaru Kawula ID di Google News

Penulis: Reky ArfalEditor: Anju Mahendra