Susah Tidur karena Insomnia, Ini Doa dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
susah tidur

Susah tidur atau insomnia bisa dialami oleh setiap orang.  Tak terkecuali bagi karyawan yang sudah lelah seharian bekerja, atau mahasiswa dengan segala rutinitasnya di kampus.

Penyebab utama dari insomnia biasanya terjadi karena kebiasaan begadang. Atau boleh jadi, karena banyak utang, lalu pusing memikirkan cara membayarnya lantaran besar pasak daripada tiang.

Akibatnya, seseorang baru bisa benar-benar pulas setelah lewat tengah malam, bahkan menjelang pagi.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips agar bisa cepat tidur tanpa perlu mengonsumsi obat, dilengkapi dengan doanya agar kamu pulas tidur di malam hari.

Cara Mengatasi Insomnia

1. Mandi Air Hangat

Kalau rasa kantuk tak kunjung menyerangmu pada malam hari, sebaiknya mandikan tubuh kamu dengan air hangat. Hal ini akan membuat tubuhmu lebih santai. Umumnya, tubuh yang terkena air panas, lalu terpapar udara dingin akan membuat mata mengantuk.

2. Hindari Minum Kopi dan Alkohol

Di dalam kopi ada kafein yang bakal membuat kamu susah tidur pada malam hari. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

3. Konsumsi Makanan Berat

Mengonsumsi makan berat akan membantu kamu untuk beristirahat lebih awal. Sebaiknya, 4 jam sebelum tidur kamu coba konsumsi makanan yang berat seperti cokelat, atau nasi.

Jika bisa, hindari makanan pedas. Sebab, makanan pedas tidak akan membantu kamu untuk bisa tidur lebih cepat.

Konsumsi buah-buahan seperti pisang, alpukat, kuning telur sebelum berangkat tidur. Makanan ini akan meningkatkan kualitas tidur malammu.

4. Konsumsi Minuman Hangat dan Buah

Selain mengonsumsi makanan yang berat, untuk cepat tidur malam, kamu bisa mengonsumsi susu dengan kadar kalsium yang tinggi. Jika terasa lapar, kamu dapat mengonsumsi buah-buahan dipadu dengan segelas susu hangat.

Hal ini akan membantu kamu tidur lebih cepat, dan insomnia yang kamu alami bisa teratasi.

5. Wewangian Lavender

Wangi lavender dipercaya mampu menenangkan syaraf, sehingga membuat pikiran lebih rileks. Aroma lavender yang dihidu oleh manusia dengan batas waktu 2-3 menit dapat meningkatkan kualitas isitrahat malam kamu.

Ketika pagi hari datang, kamu akan bangun dalam keadaan lebih segar.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

6. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa menjadi alternatif agar kamu cepat tertidur. Namun, yang perlu diperhatikan adalah warna musik dan volumenya. Berdasarkan penelitian, sebaiknya pilih musik yang lembut bertempo lambat 60-80 beat, putar dengan volume sedang. Hal ini akan membantu kualitas tidurmu juga lho.

7. Matikan Lampu

Satu jam sebelum tidur, sebaiknya kamu mematikan lampu tempat kamu tidur. Kamu bisa mencoba cara ini guna meningkatkan kualitas tidurmu. Jika kamu enggan bergelap-gelapan, coba gunakan lampu temaram.

8. Matikan Perangkat Elektronik

Satu jam sebelum memejamkan mata, matikan semua perangkat elektronik seperti ponsel, komputer, dan televisi. Hal ini akan membuatmu lebih rileks dan mengantuk.

Tak ada lagi fokusmu untuk bermain ponsel, komputer, atau menonton televisi.

Silakan kamu coba 8 cara di atas kalau kamu sedang mengalami insomnia

Selain cara di atas, ada sedikit tambahan bagi kamu yang ingin cepat-cepat pulas pada malam hari, yaitu dengan mengamalkan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Doa Susah Tidur

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya: Tuhanku, bintang-bintang telah ‘tenggelam’, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.

Itu tadi cara mengatasi insomnia, beserta doa bagi orang yang susah tidur. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *