Teknologi Terbaru Ducati yang Dijuluki Raja Inovasi MotoGP

  • Whatsapp
motogp 2021

Rangkaian seri MotoGP 2021 sudah mulai digelar sejak Maret 2021 kemarin. Seri perdana digelar di Qatar dan diawali oleh sesi foto para rider mulai dari kelas Moto3, Moto2, hingga MotoGP. Setiap seri balap motor nomor satu dunia ini juga bisa dinikmati melalui live streaming di 188BET link.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di seri tahun ini beberapa teknologi baru akan diterapkan ke dalam tunggangan para rider, terutama Ducati. Pabrikan asal Italia ini memang selalu mencuri perhatian hampir di setiap musim. Banyak inovasi baru dan terbarukan yang telah diuji coba di Doha pada tes resmi.

Teknologi memang menjadi salah satu aspek penting yang terus dikembangkan oleh semua tim atau pabrikan. Dalam hal ini, Ducati memang dijuluki sebagai ‘Raja Inovasi MotoGP’. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir mereka sukses menghadirkan sejumlah inovasi yang tidak dimiliki oleh tim-tim lain.

Di tahun 2021 ini, mereka melakukan perubahan yang cukup signifikan pada inovasi yang paling mencuri perhatian, aero depan motor mereka. Di tahun ini perubahan cukup mencolok dan sepertinya lebih dari sekedar ‘sayap kecil’.

Inovasi Ducati di MotoGP 2021

Pengamat MotoGP, Simo Crafar menilai Ducati telah merapikan aliran udara pada aero depan mereka. Dengan demikian, motor yang diberi nama Ducati Desmosedici GP21 ini dapat meningkatkan top speed mereka.

“Kami tidak tahu pasti, namun Ducati mungkin akan berupaya untuk merapikan aliran udara supaya dapat meningkatkan kecepatan dan menciptakan cengkraman di tikungan,” ungkap Simon.

“Ini adalah pembaharuan yang sangat menarik dan yang kami tahu pasti ialah Gigi Dall’Igna dan Ducati akan terus melenturkan otot mereka pada bagian Aero,” sambungnya.

Sebenarnya, inovasi dan pembaharuan teknologi tidak hanya dilakukan oleh Ducati. Tim-tim lain seperti Aprilia, Honda, KTM, dan Suzuki pun melakukan hal serupa. Ini bisa terlihat dengan ditambahkannya perangkat holeshot  depan yang sudah diuji coba di seri Qatar.

Terlepas dari pada itu semua, setiap seri MotoGP 2021 memang layak untuk selalu dinantikan. Pasalnya, saat ini banyak bermunculan rider-rider muda yang punya bakat dan skill mumpuni untuk bersaing di papan atas. Tidak hanya itu, ajang balap motor ini sudah tidak lagi didominasi oleh satu rider seperti tahun-tahun sebelumnya. (adv)

Pos terkait