Inilah Rekomendasi Teh untuk Turunkan Berat Badan selain Teh Hijau

Ilustrasi teh peppermint. (Foto: Shutterstock/LianeM)

Urusan diet kerap dikaitkan dengan konsumsi teh hijau. Selain untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga ampuh untuk mengecilkan lingkar pinggang. Memang, teh hijau terbukti efektif untuk urusan diet karena kandungan katekin yang ada di dalamnya memperlancar proses metabolisme tubuh dan pembakaran lemak.

Akan tetapi, tak hanya teh hijau, beberapa jenis teh lainnya juga mampu membantu menurunkan berat badan. Dikutip dari berbagai sumber via CNNIndonesia.com, inilah rekomendasi teh diet lainnya:

1. Teh peppermint

Di samping baik dikonsumsi saat tenggorokan tak nyaman dan perut kembung, teh peppermint pun ampuh membantu menurunkan berat badan. Teh peppermint diklaim dapat membantu menangkal rasa lapar berkat aroma yang dihadirkan, salah satunya dibuktikan pada penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neurological and Orthopedic Medicine.

Dari situs Cup and Leaf, studi menemukan, partisipan yang rutin menghirup minyak esensial mint setiap dua jam bisa membantu menurunkan berat badan hingga dua kilogram. Aroma peppermint disebut dapat merangsang reaksi kimia pada otak yang menurunkan rasa lapar.

2. Teh hitam

Warna dan rasa yang lebih pekat di antara barisan teh lain membuat teh hitam tak lantas kehilangan pesona. Teh hitam justru menjadi salah satu jenis teh populer yang disukai banyak orang. Kandungan flavonoid pada teh hitam disinyalir menjadi zat yang membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi menemukan, minum tiga cangkir teh hitam selama tiga bulan membantu penurunan berat badan yang lebih signifikan jika dibandingkan dengan kopi.

3. Teh oolong

Apakah diet membuat Anda merasa lemas? Tak perlu panik, sebab teh oolong bisa diandalkan. Kandungan katekin pada teh oolong bisa membantu memetabolisme sekaligus mengikis lemak dalam tubuh.

Studi oleh Chinese Journal of Integrative Medicine menemukan, lebih dari separuh partisipan yang meminum teh oolong mengalami penurunan berat badan hampir 1 kilogram, sementara sebagian lainnya menurunkan berat badan hingga lebih dari 2,7 kilogram.

4. Teh putih

Teh putih jadi jenis teh paling natural dan sehat. Teh ini diproses hanya melalui pemetikan, penjemuran, dan pengemasan. Proses ini membuat teh ini memiliki kandungan katekin dan polifenol yang tinggi. Kedua komponen diketahui berperan untuk mencegah pembentukan sel lemak baru.

Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga terbukti bisa memecah lemak. Teh putih sangat direkomendasikan bagi Anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan.

5. Teh herbal

Rekomendasi teh diet lain ialah teh herbal. Teh herbal biasanya terbuat dari rempah, buah, atau sejenis tumbuhan yang dikeringkan kemudian diseduh air panas untuk dinikmati. Teh jenis ini cukup populer dan digemari karena tidak mengandung kafein.

Beda bahan, beda pula manfaatnya. Namun, beberapa teh herbal bisa membantu Anda menurunkan berat badan, salah satunya adalah teh rooibos. Teh herbal satu ini efektif untuk membakar lemak.

6. Teh puerh

Teh ini mungkin tak begitu familiar di telinga Anda. Teh puerh adalah teh hitam dari China yang telah melalui proses fermentasi. Studi pada hewan dan manusia membuktikan teh puerh bisa membantu menurunkan berat badan.

Mengutip situs kesehatan Healthline, sebuah studi yang melibatkan sebanyak 70 pria yang diberi kapsul teh puerh dan placebo. Mereka yang mengonsumsi kapsul bisa kehilangan berat badan hingga 1 kilogram.







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar