Inilah 5 Kiper Terbaik di Kancah Liga Eropa Musim Ini

Inilah 5 Kiper Terbaik di Kancah Liga Eropa Musim Ini

Melakukan penyelamatan di jantung pertahanan terakhir sudah menjadi tugas seorang kiper. Dalam sepak bola, posisi kiper tak kalah hebatnya dengan penyerang, atau gelandang.

Oleh karena itu, kepiawaian seorang kiper dapat dilihat dari data statisknya. Berikut 5 kiper terbaik di liga-liga Eropa secara statistik yang telah Kawula ID rangkum dari berbagai sumber.

1. Jan Oblak (Atlético Madrid)

sumber: express.co.uk

Secara statistik di urutan pertama, ada nama penjaga gawang Atletico Madrid, Jan Oblak. Oblak selalu tampil konsisten setiap musimnya. Sejak bergabung dengan Atletico pada tahun 2015 silam, Oblak menjelma menjadi kiper tangguh di Eropa.

Musim ini Oblak tercatat sudah melakukan 20 kali clean sheet di La Liga, dang hanya kebobolan 23 gol. Bahkan presentase penyelamatannya mencapai 80,83%. Dengan kata lain Oblak jauh melampaui David de Gea musim ini secara statistik.

Loading...

2. Marc-André Ter Stegen (Barcelona)

sumber: zimbio.com

Ter Stegen juga menjadi kiper paling berpengaruh di Eropa. Absennya Manuel Neuer membela Jerman, kiper Barcelona ini disebut-sebut sebagai salah satu kiper terbaik di Eropa. Namun, publik Jerman dibuat kecewa lantaran Piala Dunia 2018, Neuer tetap menjadi pilihan sang pelatih.

Mantan kiper Borussia Monchengladbach itu dinilai punya banyak kelebihan sebagai kiper seperti punya passing akurat dan reflek yang cepat.

3. Alisson Becker (Liverpool)

sumber: gettyimages.com

Didatangkan dari AS Roma dengan harga yang fantastis untuk seroang kiper, Alisson membuktikan bahwa ia layak disebut sebagai kiper terbaik di Eropa musim ini.

Menjadi palang pintu terakhir di jantung pertahanan Liverpool, Alisson telah mencatatkan clean sheet sebanyak 20 kali, presentase penyelamatan mencapai 77,27% di Liga Inggris.

Kiper asal  Brazil ini memberikan kenyamanan dan keyakinan untuk lini pertahanannya berkat kehebatannya di bawah mistar gawang.

 4. Ederson (Manchester City)

sumber: freedomonline.com

Sejak kedatangannya ke Inggris dari Benfica pada musim 2017, Ederson terus menujukkan kualitasnya sebagai kiper potensial di masa depan. Dan kualitas yang ditunjukkan musim ini pun nggak bisa bohong karena sudah bikin 19 kali clean sheet, hanya kebobolan 22 gol dan melakukan penyelamatan hingga 71,43% di Liga Inggris.

Selain punya skill sebagai seorang penjaga gawang, ia juga memiliki kelebihan dalam akurasi passingnya dan sudah bikin dua assist, sebuah prestasi yang jarang banget dibkin seorang kiper bukan.

5. Samir Handanovic (Inter Milan)

sumber: cnnindonesia.com

Handanovic bisa jadi kiper hebat yang jarang banget mendapatkan sorotan publik padahal ia sudah menjadi kiper terbaik di Italia dalam beberapa tahun terakhir. Musim ini aja ia menduduki puncak sebagai kiper yang paling banyak bikin clean sheet (15) dan persentase penyelamatannya mecapai 76,07%.

Dia juga pernah menjadi kapten Inter, jadi harusnya semua orang tahu bahwa kiper asal Slovenia merupakan salah satu yang terbaik di Eropa.

Itu tadi 5 kiper terbaik di Eropa musim ini berdasarkan statistik. Bagaimana menurut kamu? Silakan tulis komentar di bawah ya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *