Ini Manfaat Buah Nangka untuk Penderita Diabetes

Foto: Pixabay

Penderita diabetes pasti harus menjaga pola makan sehat mereka, terutama dalam mengonsumsi gula. Sebagai pengganti camilan manis, penderita diabetes bisa makan buah-buahan yang mengandung gula alami.

Salah satunya adalah nangka dari Indonesia, yang telah terbukti efektif dalam penderita diabetes. Protein dalam nangka membuatnya unik dan berbeda dari buah-buahan lainnya.

Setiap cangkir nangka mengandung lebih dari 3 gram protein. Biasanya mengandung hanya 0 hingga 1 gram protein dibandingkan dengan buah-buahan lain seperti apel dan mangga.

Nangka juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bagi penderita diabetes, nangka memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Indeks glikemik (GI), standar untuk mengukur tingkat di mana kadar gula darah naik setelah makan makanan, relatif rendah nangka. Padahal, nangka mengandung banyak serat yang memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah.

Diet dengan banyak makanan rendah GI telah terbukti bermanfaat dalam mengendalikan gula darah. Nangka bukan hanya serat, tetapi juga mengandung protein untuk mencegah kenaikan gula darah yang terlalu cepat setelah makan.

Dalam sebuah penelitian, tikus diabetes yang menerima ekstrak daun nangka mengurangi tingkat cermin dan mampu mengendalikan kadar gula darah dalam jangka panjang.

Efek ini terkait dengan tingkat antioksidan dalam flavonoid nangka, yang dikenal dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Kandungan serat nangka juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan mencegah pembentukan plak di arteri dan pembuluh darah.

Selain itu, antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat meningkatkan sistem kardiovaskular dan mengurangi stres oksidatif, yang dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung.

Dengan berbagai vitamin B dan jumlah protein yang layak, buah ini merupakan sumber energi yang sangat baik dan sering digunakan sebagai bahan pokok di beberapa tanaman tropis.

Buah ini dapat meningkatkan metabolisme energi dengan gula dan karbohidrat sehat tanpa menambah banyak lemak pada total asupan. Oleh karena itu, nangka adalah pilihan yang baik untuk dikonsumsi dan menawarkan manfaat luar biasa bagi tubuh.







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar