Ingin Sukses dalam Berbisnis? Miliki Enam Sikap Ini untuk Menggapainya

Ilustrasi

Sebetulnya apa sih yang sangat dibutuhkan agar bisnis yang tengah kita rintis berhasil dan sukses? Memulai dan menjalankan bisnis itu tergolong gampang-gampang sulit. Gampangnya, kita bisa berperilaku sesuai kehendak kita sendiri dalam artian mengembangkan apa yang kita usahakan dengan cara kita sendiri. Kita dapat menuangkan segala inspirasi dan inovasi yang barangkali telah lama kita pikirkan.

Nah, sulitnya, kita sering terjebak oleh ego dan memaksakan kehendak tanpa memikirkan matang-matang. Mengapa demikian? Barangkali, karena masih minim ilmu dan pengalaman. Akan tetapi, tentu saja, suatu saat nanti kita akan berkembang.

Di samping itu, berbisnis juga bukan perkara yang gampang-gampang sulit untuk semua orang. Ada sifat-sifat yang sangat dibutuhkan dalam berbisnis yang tak dimiliki setiap orang. Sifat-sifat inilah yang akan membuat kita mampu bertahan dan terus beradaptasi dalam berbisnis. Apa saja sih sifat-sifat itu?

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus dimiliki oleh pebisnis. Jika Anda merasa diri Anda telah memiliki semuanya, maka bersiap-siaplah untuk sukses!

 

6 Hal yang Harus Dimiliki Jika Ingin Sukses dalam Berbisnis

1. Penuh Kreativitas

Hal pertama yang harus dan wajib banget dimiliki para pebisnis adalah ide yang inspiratif sekaligus inovatif. Seseorang dengan kepala yang dipenuhi ide akan dengan mudah membawa usahanya maju. Tentu saja, kreativitas, dalam bisnis apapun, sangatlah dibutuhkan.

Misalkan saja dalam pemilihan nama bisnis atau usaha. Jika seorang pengusaha dapat menemukan nama usaha yang kreatif, bukan tak mungkin orang-orang akan lebih cepat tertarik. Tanpa ide yang cemerlang, seorang pebisnis hanya akan menyia-nyiakan banyak kesempatan. Maka dari itu, kreativitas adalah kunci agar usaha/bisnis yang dikelola dapat berkembang dan beradaptasi dalam keadaan apapun!


2. Pantang Menyerah

Dalam menjalankan usaha atau bisnis, kita tak boleh sedikitpun merasa tak kuat, tak mampu, dan cepat menyerah. Dunia usaha/bisnis adalah dunia yang terus berputar. Seperti mengendarai sepeda, kita tak boleh sedikitpun berhenti mengayuh—jika tak ingin terjatuh. Seorang pebisnis sejati pasti memiliki jiwa dan semangat yang pantang menyerah. Dengan semangat yang terus membara ini, ditambah pula pikiran yang kreatif, tentu saja, usaha atau bisnis yang tengah kita kembangkan akan terus berjalan dan menemukan kecepatannya sendiri.


3. Penuh Imajinasi

Perpanjangan dari kreativitas adalah imajinasi. Ada sangat banyak lho pebisnis sukses berkat daya imajinasinya yang tinggi. Berimajinasilah setinggi-tingginya, dengan begitu, bisa saja kita menemukan pola atau bentuk usaha/bisnis baru yang belum disentuh orang lain. Nah, di sinilah peran penting imajinasi. Membayangkan hal-hal yang barangkali tak terpikirkan oleh orang lain sama sekali. Meski begitu, daya imajinasi yang tinggi ini juga mesti diiringi dengan pikiran yang sehat. Maksudnya, sesuatu yang dipikirkan tersebut tidak pula mustahil dilaksanakan. Harus relevan juga dengan zaman.


4. Berbisnis Sesuai Passion

Hal utama yang harus dan harus banget dipikirkan matang-matang dalam berbisnis adalah ini: berbisnislah sesuai passion atau minat Anda. Jangan mencoba-coba apa yang orang lain lakukan, sebesar apapun peluangnya, jika Anda tidak menyukainya. Karena, apa bedanya Anda kerja dengan orang lain, jika keinginan Anda sendiri pun tak terealisasi di dalam bisnis Anda?

Memaksakan berbisnis hanya sekadar mencari profit—padahal bukan minat kita—hanya akan menyakiti diri Anda sendiri. Karena, pebisnis sejati tak akan melakukan itu. Mengapa demikian? Alasannya adalah, jika Anda melakukan sesuatu yang sesungguhnya tak Anda inginkan, maka Anda tak akan melakukannya seratus persen atau all out—sebab tak ada kegembiraan di sana.

Berbisnis sesuai passion akan membuat Anda berusaha dengan bahagia. Hal ini akan mendatangkan suasana yang positif, baik untuk diri Anda sendiri, maupun bisnis yang sedang Anda rintis.

5. Pandai Bergaul dan Rendah Hati

Seorang pebisnis ulung sudah dapat dipastikan pandai bergaul dan bisa masuk ke segala segmen sosial. Dalam berbisnis, kita tak hanya berinteraksi dengan orang-orang tertentu saja. Apalagi ketika merintis usaha. Kita akan menyentuh segala elemen kehidupan: baik dari kalangan manapun itu. Tentu saja, sifat dan pembawaan yang humble akan membuat Anda gampang masuk dan beradaptasi ke mana saja. Nah, ini adalah kunci sukses seorang pebisnis. Selain pandai bergaul, pebisnis juga wajib rendah hati, tidak sombong, serta mau belajar dengan siapapun.

Pebisnis yang baik juga dapat mencari lingkungan yang bisa membuatnya lebih maju. Inilah hal yang harus diingat dan direnungkan baik-baik apabila Anda ingin memulai bisnis.


6. Menghargai Waktu

Pebisnis yang baik sudah pasti sangat menghargai waktu. Betul kata pepatah lama kalau waktu adalah uang. Itulah pegangan yang harus dipegang teguh oleh pebisnis. Seorang pebisnis sangat tidak dianjurkan membuang waktunya secara cuma-cuma. Seminimal-minimal, di dalam diam pun, pebisnis berpikir.

Nah, itulah beberapa hal yang wajib Anda miliki jika ingin menjadi pebisnis yang sukses. Jika sudah mempunyai semua sifat di atas, maka satu hal lagi yang penting: perbanyaklah berdoa dan berbuat baik kepada sesama. Karena berdoa dan berbuat baik kepada siapa saja itu sungguh akan membuka pintu rejeki dan pintu-pintu kebaikan lainnya. Semoga saja.







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar