Indeks Manual Google Search Console Dihentikan Sementara

  • Whatsapp
indeks google search console

Indeks Google Search Console (GSC) secara manual dihentikan sementara waktu. Hal ini diumumkan oleh pihak Google melalui akun twitter resminya. Dengan kata lain, fitur fitur URL Inspection (Inspeksi URL) tidak dapat digunakan.

Dalam cuitannya tersebut GSC menyebut untuk beberapa minggu ke minta pengindeksan secara manual manual akan dihentikan sementara waktu.

Bacaan Lainnya

Dengan kata lain, blogger yang terbiasa melakukan indeks manual melalui Google Search Console tidak akan berjalan dengan baik, karena GSC sedang dalam perbaikan infrastruktur alias sedang terjadi bugs pada Google Search Console.

Berikut pengumuman resmi dari Google Search Console tentang masalah URL Inspection

“We have disabled the “Request Indexing” feature of the URL Inspection Tool, in order to make some infrastructure changes. We expect it will return in the coming weeks. We continue to find & index content through our regular methods, as covered here:”

Kurang lebih begini terjemahannya:

“Kami telah menonaktifkan fitur “Minta Pengindeksan” dari Alat Inspeksi URL, untuk membuat beberapa perubahan infrastruktur. Kami berharap ini akan kembali dalam beberapa minggu mendatang. Kami terus mencari & mengindeks konten melalui metode reguler kami, seperti yang dibahas di sini:”

Jadi, pemberitahuan yang diumumkan GSC melalui akun Twitternya secara terang telah menjelaskan bahwa untuk sementara waktu, Anda atau saya selaku blogger yang seringkali meminta pengindeksan secara manual tidak dapat lagi dilakukan dalam beberapa minggu ke depan.

Lalu, apakah artikel baru yang baru dibuat, dan telah dipublikasikan di blog akan lebih lama terindeks karena ada perbaikan ini?

Sebenarnya persoalan ini bisa dikatakan masalah serius. Pasalnya, ada beberapa kasus seperti URL yang tiba-tiba hilang dari Google. Artikel yang semula telah nangkring di halaman pertama Google mendadak lenyap dan hilang dari top 100 besar berdasarkan hasil pencarian Google.

Seperti yang telah disinggung di atas, ada persoalan Google Search Console ini, murni karena adanya bugs dari GSC itu sendiri. Bukan lantaran terkena pinalti atau pelanggaran lainnya.

Google terus memperbaiki permasalahan ini secara berkala, dan pihak Google pun telah melakukan konfirmasi terkait kasus ini seperti yang telah mereka umumkan melalui akun Twitter resmi mereka. Akibatnya, kita tidak bisa minta pengideksan artikel baru secara manual lagi di GSC

Apakah Ada Solusi Lain untuk Masalah Ini?

Saya bisa jawab, tidak. Karena jika Anda adalah pengguna Webmaster Console buatan Google, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah menunggu tim GSC mereka memperbaiki bugs yang terjadi.

Satu sisi memang kerugiannya adalah artikel / konten baru yang telah Anda publikasikan di Website akan sedikit lama terindeks oleh mesin pencari Google. Kesimpulannya, tak perlu khawatir berlebihan tentang hal ini. Isi web Anda sebagaimana biasanya, optimasi, dan Robot TXT akan melakukan perayapan secara regular (berkala). Selain itu, Google sendiri akan segera mengubah keadaan ini segera mungkin.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mencari tahu permasalahan Google Seacrh Console di laman resmi mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar