5 Ide Bisnis untuk Wanita Karier yang Berkah dan Potensial

  • Whatsapp
ide bisnis untuk wanita karier

Mencari referensi ide bisnis untuk wanita sebenarnya cukup banyak di intenet. Namun, sebagian wanita mungkin lebih nyaman menjalankan profesinya sebagai pegawai kantoran atau menjadi ibu rumah tangga saja.

Sejatinya, peluang usaha online masih terbuka lebar hari ini bagi siapa saja yang hendak mencoba memulainya. Mengingat pengguna internet mengalami peningkatan yang siginifikan, dan jumlah pelaku bisnis masih sedikit. Model bisnis online menjadi ladang yang bisa digarap oleh siapa saja, termasuk wanita karier.

Bacaan Lainnya

Salah satu kelebihan seorang wanita untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah terletak pada kemampuannya melakukan tugas ganda (multi-tasking). Tak dapat dipungkiri, karena kelebihannya ini banyak wanita sukses dalam berkarier, diikuti dengan sukses melakoni tugasnya sebagai ibu rumah tangga.

Ada banyak wanita di belahan dunia ini yang menjalani pekerjaan ganda, pula masih ada wanita yang mencari peluang usaha online untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Hal itu demi menunjang kebutuhan kehidupan yang semakin meningkat, terlebih jika anak sudah tumbuh besar dan memerlukan tambahan biaya yang tak sedikit.

Menjadi wanita karier sekaligus menjalankan usaha online adalah pilihan. Namun, yang perlu digarisbawahi, yaitu bagaimana cara memilah dan memilih peluang usaha yang pas untuk dijalani di samping sibuknya rutinitas pekerjaan utama. Selain itu, perlu agaknya mempertimbangkan beberapa hal kalau akan memulai kerja sampingan, di antaranya:

  • Modal
  • Tingkat risiko bisnis yang dilakoni
  • Dan mempertimbangkan peluang bisnis itu sendiri

Sebagai wanita karier, bisnis online adalah salah satu model bisnis yang sejatinya cocok dilakukan di sela-sela waktu luang. Sebab, bisnis online mempunyai sifat yang fleksibel, dan tidak memerlukan modal awal yang begitu besar, dan tentunya minim risiko.

Terpenting adalah bagaimana seseorang dengan kejeliannya melihat peluang bisnis, dan tidak gagap dengan teknologi atau mau belajar berjualan online di market place, Instgram, Facebook, hingga membuat toko online gratis berbasis website.

5  Ide Bisnis untuk Wanita Karier 

Nah, jika kamu adalah seorang wanita karier yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, berikut beberapa contoh peluang usaha online yang cocok untukmu.

1. Bisnis Dropshipping

Kamu mungkin telah membaca ratusan artikel tentang cara sukses menjadi dropshipper di berbagai media online atau blog. Model bisnis dropship memang sangat cocok bagi wanita karier yang ingin menjalani kerja sampingan. Pasalnya, model bisnis dropship tidak perlu modal yang banyak. Cara kerjanya juga cukup fleksibel.

Model bisnis dropshipper ini dapat digolongkan peluang usaha tanpa modal. Karena bisnis ini tak terikat waktu, tidak memerlukan stok barang layaknya reseller, dan semuanya akan ditangani secara langsung oleh yang punya barang atau supplier. Kamu hanya perlu menjual barang tersebut secara online.

Keunggulan menjalani bisnis dropship adalah banyaknya pilihan produk yang bisa dijual. Kamu bisa menjual pakaian, sepatu, tas, aneka kue kering, kebutuhan anak, kebutuhan rumah tangga, dan lain sebagainya. Akan tetapi, ada baiknya jika kamu berniat menjalani bisnis online dropship fokus pada satu jenis barang yang akan dijual saja. Karena hal itu akan memudahkan kamu ke depannya.

2. Membuka Kursus Daring

Salah satu peluang usaha online bagi wanita karier, atau  yang ingin melakoni kerja sampingan bisa membuka kursus online atau kelas online sesuai keahlian yang dimiliki. Zaman sekarang adalah waktu yang tepat bagi seseorang yang ingin membuka kelas online. Buktinya, sudah berapa banyak orang melakukan pekerjaan sampingan ini.

Membuka kelas online tidak memerluka modal terlalu besar. Kamu hanya memerlukan koneksi internet yang stabil, dan tentunya komputer. Membuka kursus online bisa dilakukan sesuai keinganamu, misalnya kamu membuka pada waktu senggang yang tidak menganggu pekerjaan utamamu.

Nah, untuk fasilitas kelas online, kamu bisa memanfaatkan yang telah disediakan oleh platform media social seperti Facebook untuk melakukan tatap muka. Atau bisa menggunakan platform khusus kelas virtual yang dapat diakses melalui website. Ada banyak kelas virtual yang bisa didapatkan secara gratis, WizIQ misalnya.

3. Affiliate Marketing 

Berikutnya ada affiliate marketing. Jika kamu belum mengetahui apa itu affiliate marketing, di sini Kawula akan menerangkan definisinya secara ringkas. Affilate marketing adalah sebuah kegiatan yang mempromosikan produk orang lain atau jasa tertentu kepada konsumen hingga terjadi transaksi jual beli, dan kamu akan mendapatkan komisi jika berhasil menjual produk tersebut.

Dapat dikatakan, model bisnis affiliate marketing juga termasuk model bisnis tanpa modal. Oh iya, masalah komisi pada affiliate marketing itu bergantung pada kesepakatan awal antara kamu dan pemilik produk. Intinya, kamu adalah jembatan (orang ketiga) yang menghubungkan konsumen dengan pemilik produk.

Ada beberapa hal yang perlu diperhartikan dalam melakukan bisnis ini, yaitu perlunya kegigihan dalam menawarkan produk karena itu bisa menambah pundi-pundi rekeningmu lho. Untuk contoh produk affiliate biasanya beragam. Mulai dari kebutuhan wanita, anak-anak, rumah tangga, hingga affiliate marketing hosting dan domain.

4. Menjadi Reseller

Bisnis reseller online sebelas dua belas dengan model bisnis dropship. Jika dropshipper tidak memegang barang atau produk, maka reseller memerlukan barang atau produk di tangannya. Namun begitu, kamu tidak perlu khawatir, karena untuk menjadi reseller dari sebuah produk, umumnya ada harga khusus yang telah diberikan oleh supplier kepada reseller, dan kamu tetap bisa menjual produk tersebut sesuai dengan harga pasar.

Sebagai catatan, jika saat ini kamu ingin menjadi reseller tetapi belum memiliki modal yang begitu besar, kamu bisa memulainya dari modal kecil dulu sembari melihat perkembangan bisnis reseller yang kamu jalani. Jika ada perkembangan yang cukup baik, maka kamu bisa meningkatkan jumlah stok barang untuk dijual kembali.

5. Sistem PO (Pre Order)

Salah satu peluang usaha online lainnya yang cukup menjanjikan adalah menjual produk dengan siste PO (Pre order). Hal ini biasnaya dilakukan oleh orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tetapi belum begitu kuat dalam perihal modal.

Kerja sistem PO ini sangat mudah dilakukan. Kamu hanya mempulikasikan produk seperti baju kaos, kerajinan tangan di Instagram atau media social lainnya dengan cara mengumpulkan peminat yang menginginkan produk buatanmu.

Jika kuota telah terpenuhi, dan konsumen telah membayar panjar terlebih dahulu, maka barang bisa kamu kerjakan, atau mengorder pada supplier yang telah bersepakat dengan kamu sebelumnya. Setelah itu, konsumen tinggal membayar sisanya jika produk telah selesai dikerjakan, dan kamu tinggal mengirimkan barang sesuai alamat tinggal konsumen.

Fokus dan Profesional Dalam Berbisnis

Sejatinya banyak peluang usaha online yang bisa dimanfaatkan di zaman serba canggih begini untuk menambah penghasilanmu. Karena untuk memulainya pun tidak sesulit yang dibayangkan. Ada pengorbanan? Tentu saja ada. Tetapi, sebagai wanita karier yang ingin menjajal bisnis online, sebaiknya jalani bisnis online itu sesuai minatmu. Harapannya agar kamu tidak bosan dan fokus dalam menjalakan bisnis online ke depannya.

Namun juga perlu diingat, jangan sampai peluang bisnis sampingan ini menelantarkan pekerjaan utama kamu. Melakoni bisnis online harus bijak dalam mengatur waktu. Jalani pekerjaan utamamu dengan professional, begitu pula dengan pekerjaan sampingan yang akan menambah pendapatanmu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *