Pengertian Hang Tag dan Fungsinya

  • Whatsapp
fungsi hang tag

Jika kamu suka berbelanja pakaian atau berbagai jenis fashion lainnya pasti sudah familiar dengan hang tag atau dikenal juga dengan sebutan label. Umumnya, hang tag berbahan tebal terbuat dari kertas atau mika dan digantungkan pada bagian luar pakaian atau bagian leher. Fungsi hang tag biasanya tempat memberikan informasi mengenai harga maupun beragam spesifikasi tertentu dari suatu produk.

Apa Itu Hang Tag?

Seperti yang sudah disinggung di awal, hang tag adalah salah satu wadah yang digunakan bagi para pelaku usaha guna memberikan informasi serta spesifikasi produk yang sedang dipasarkan.

Biasanya banyak dari beberapa toko yang masih tidak menggunakan hang tag dengan alasan bisa langsung ditanya kepada penjual. Namun begitu, sebenarnya ada beberapa dari konsumen yang jadi malas untuk bertanya berulang kali mengenai harga suatu produk. Oleh sebab itu, menggunakan hang tag memang sangat berperan penting dalam kelangsungan penjualan dari suatu produk oleh para pelaku usaha.

Adanya hang tag maka akan memudahkan para pembeli agar bisa mengenali produk, merek brand, hingga mendapati harga yang tertera atau tercantum pada sebuah label. Hal ini tentu juga dapat membantu sales untuk lebih tepat dan cepat dalam membeli dan menentukan barang yang ingin dibeli.

Apa Saja Fungsi Hang Tag?

Di bawah ini, ada beberapa fungsi hang tag, dan apa saja keuntungan menggunakannya terhadap suatu produk.

1. Terhindar dari pemalsuan produk

Umumnya yang terjadi pada saat ini banyak dari produsen yang memproduksi produk duplikat dari beberapa brand ternama sehingga terlihat sangat mirip, nah dengan adanya hang tag maka akan dapat meminimalisir kemungkinan adanya pemalsuan produk karena hang tag secara tidak langsung juga merupakan identitas dari suatu produk.

2. Sebagai media promosi

Fungsi hang tag yang paling bermanfaat dan efektif adalah sebagai media promosi bagi pelaku usaha. Di samping harga pembuatannya yang relatif terjangkau, penggunaannya juga sangat mudah. Itulah yang menjadi alasan keefektifan penggunaan hang tag terhadap setiap produk yang ingin dipasarkan. Selain itu, produk yang memiliki hang tag atau label akan dimudahkan dalam prosen berjualan tanpa perlu menawarkan harga kepada konsumen.

Baca juga: Tips Bisnis Kaos Sablon Manual Modal Satu Juta

3. Mempengaruhi keputusan konsumen

Biasanya konsumen jika ingin membeli barang pasti membandingkan harga dari suatu barang dengan barang lainnya. Nah, dengan adanya hang tag maka akan membantu konsumen untuk mendapatkan informasi terkait produk yang ingin mereka beli tersebut. Dengan demikian mereka akan lebih cepat juga dalam mengambil keputusan produk mana yang akhirnya ingin dibeli.

4. Memperkuat merek dagang

Dalam hal ini bagi sebagian konsumen juga ada yang lebih mementingkan merek saat ingin membeli suatu produk. Bagi sebagian konsumen, hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas produk tersebut. Hang tag akan membuat produk yang dipasarkan lebih diingat dan dikenal oleh para konsumen sehingga secara tidak langsung akan memperkuat merek dagang dari suatu produk atau perusahaan.

5. Label harga

Disamping sebagai media promosi yang efektif, fungsi hang tag yang utama adalah guna sebagai tempat untuk menempelkan harga dari produk. Secara tidak langsung dengan menaruh harga pada hang tag maka akan menonjolkan produk tersebut kepada para konsumen. Dengan begitu apabila sudah ada harga yang mencolok karena murah bagi para konsumen mereka akan lebih tertarik untuk membelinya jika dibandingkan dengan produk yang tidak menggunakan hang tag.

Penggunaan hang tag bagi perusahaan memang sangat menguntungkan dan sangat berpengaruh terhadap penjualan produk. Keuntungan penggunaan hang tag pada suatu produk juga dapat menciptakan gengsi tersendiri bagi suatu merek dagang karena dapat dikenal dengan mudah bagi para kustomer.

Di samping itu, bagi sebagian pembeli fungsi hang tag dapat membantu dalam menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Itulah beberapa kegunaan dan fungsi hang  tag. Setiap produk memang perlu memiliki hang tag mengingat berbagai fungsi seperti yang telah dijelaskan di atas. Lebih dari itu, kegunaan hag tag juga tak lain agar pembeli semakin mengetahui merek apa yang ingin dicari dan dibeli. Untuk itu sangat penting memiliki hang tag dengan beragam hal yang bisa dijadikan keuntungan bagi suatu brand.

Pastikan saat membuat label baju kamu juga menentukan desain ataupun logo yang mudah diingat oleh pembeli. Hal ini berguna untuk pembeli mereka akan melihat merek beserta harga yang telah tercantum pada hang tag sebagai penentu untuk jadi atau tidaknya memiliki suatu produk.

Pos terkait