Doa untuk Kedua Orangtua saat Hari Ibu

  • Whatsapp
doa untuk kedua orangtua

Memanjatkan doa untuk kedua orangtua pada Hari Ibu, yang jatuh pada 22 Desember adalah bentuk penghormatan terhadap perempuan yang paling berjasa dalam kehidupan seorang anak.

“Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang gala” mencerminkan bahwa sosok ibu umpama mentari yang terus menyinari bumi, karena kasih seorang ibu kepada anak itu kekal selamanya.

Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap 22 Desember melalui ketetapan yang teruang dalam Keputusan Presiden Indonesia Nomor 316 Tahun 1959. Saat itu Soekarno memandang penting untuk memperingati semangat wanita Indonesia guna meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Seiring berjalannya waktu, peringatan Hari Ibu berkembang menjadi perayaan untuk menghargai peran seorang ibu. Beragam ungkapan cinta untuk ibu-ibu di Indonesia dilakukan dengan berbagai cara.

Ada yang sekadar memberi ucapan, ada yang memberi hadiah, ada pula yang membebaskan tugas sehari-hari dan membiarkan para ibu untuk terbebas dari kesibukannya.

Selain itu, ada ungkapan kasih sayang yang wajib dikerjakan bukan di Hari Ibu saja, yaitu mendoakan mereka agar selalu mendapat kebaikan. Dalam agama Islam, ada doa yang ditujukan khusus kepada orang tua.

Banyak manfaat doa untuk orangtua, salah satunya doa yang dipanjatkan kepada Allah dengan tulus bisa mendatangkan rahmat. Bahkan, dengan doa disertai mengingat Allah maka akan mendapat kemudahan menghadapi kesulitan hidup.

Doa untuk Kedua Orangtua 

Keutamaan doa itu termaktub dalam Al-Quran surah Al-A’raf ayat 55 hingga ayat 56 sebagai berikut:

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.”

1. Doa Mohon Ampunan Dosa Ibu

Berikut adalah doa untuk orang tua yang bisa dipanjatkan di Hari Ibu. Meski doa ini bersifat umum, tetapi doa untuk kebaikan orang tua ini baik dibaca di hari yang khusus diperuntukkan kaum ibu.

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orangtuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil.”

2. Doa Agar Ibu Selalu Bahagia

اللهم أسعد امي كما أسعد تني كبيرا

Allahumma as’ad ummi kamaa as’adatni kabiira.

Artinya: “Ya Allah, gembirakanlah ibuku sebagaimana ibuku sangat-sangat menggembirakan aku.”

اللهم أجعل أمي من الذين لا خوف عليهم و لا هم يحزنون وأكرمنا باالفردوس الأعلى من الجنة

Allahummaj’al ummi minalladziina la khaufu a’laihim wa lahum yahzanuun wa akrimnaa bil firdausil a’la minal jannati.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ibuku dari golongan mereka yang tidak takut dan tidak bersedih hati dan tempatkanlah kami di dalam syurga firdaus yaitu surga yang paling tinggi.”

اللهم تقبل من أمي أعما لها صغير ها و كبيرها

Allahumma taqobbal min ummi a’maaluha soghiiraha wa kabiiraha.

Artinya: “Ya Allah, terimalah segala amalan ibuku sekecil-kecilnya dan sebesar-besarnya.”

3. Doa Orangtua yang Sudah Meninggal

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas.

Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orangtuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orangtuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orangtuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orangtuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Pos terkait