Diwarnai Ledakan Granat di Monas, BI Sebut Pembangunan Infrastruktur Harus Digenjot

sumber : Kumparan.com
Loading...

Jakarta - Akselarasi pembangunan infrastruktur di kawasan industri dan pariwisata harus digenjot. Khususnya layanan ketersediaan infrastruktur layanan dasar seperti penyediaan air bersih dan sanitasi yang merupakam fasilitas vital. Hal tersebut disampaikan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti dalam seminar internasional seperti yang dari laman bi.go.id (3/12/2019).

Untuk itu, kata Destry, pembangunan infrastruktur perlu didukung semua pihak. Akselerasi penyediaan infrastruktur yang saling terhubung antar kawasan ekonomi khusus perlu dilakukan. 

“Perlu mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah tekanan global saat ini. Salah satu langkah yang diperlukan agar Indonesia dapat tumbuh berkelanjutan dan keluar dari jebakan masyarakat berpenghasilan menengah (middle income trap) adalah tersedianya infrastruktur yang saling terhubung antar kawasan.

Disampaikan Destry, setidaknya ada empat hal penting yang harus dilakukan dalam percepatan pembangunan. Pertama, meningkatkan peran private dan innovative financing.

Kedua, meningkatan kualitas persiapan proyek infrastruktur (feasibility study). Ketiga, mengolaborasi dan mensinergi kebijakan pemerintah pusat, daerah, dan otoritas terkait lainnya untuk mengharmonisasikan proyek infrastruktur dengan kawasan ekonomi khusus, kawasan industri, dan pariwisata. Keempat, mengintegrasi data dan menginformasi untuk meningkatkan monitoring serta mengevaluasi penyelesaian proyek infrastruktur kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

“Dalam mendorong akselerasi pembiayaan infrastruktur, Bank Indonesia terus mengoptimalkan kapasitas intermediasi perbankan melalui kebijakan rasio intermediasi makroprudensial (RIM) yang akomodatif,” jelas Destry.

Kemudian, kata Destry, BI akan mendorong penerbitan surat berharga komersial dan pemanfaatan instrumen hedging, serta memberikan pendampingan pada pemerintah daerah. 

“Kebijakan Bank Indonesia ini diharapkan menjadi kontribusi nyata terhadap percepatan pembangunan infrastruktur menuju Indonesia Maju,” katanya.

Disampaikan Destry, langkah ini merupakan dukungan terhadap 5 visi baru pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin 2019-2024 yang salah satunya adalah “Mempercepat dan Melanjutkan Pembangunan Infrastruktur”.(Mal)
 



Loading...




[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar