Diet Sehat bagi Penderita Kanker

  • Whatsapp

Menu diet kanker yang direkomendasikan untuk menjaga stabilitas kesehatan penderita adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein dengan kadar tinggi, dan berbagai jenis vitamin dan mineral dari berbagai sayuran dan buah-buahan. Selain itu, konsumsi air mineral yang cukup juga penting untuk menyalurkan berbagai nutrisi yang telah dikonsumsi ke seluruh bagian tubuh.

Karbohidrat yang direkomendasikan

Bahan bakar yang digunakan tubuh sebagai energi dalam kehidupan sehari-hari adalah karbohidrat. Namun tidak semua jenis karbohidrat direkomendasikan bagi penderita kanker. Penderita kanker disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat yang kompleks. Karbohidrat yang kompleks menghabiskan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga terpecahnya karbohidrat yang berubah menjadi gula yang mempengaruhi produksi insulin dalam tubuh bisa dikendalikan. Kadar insulin yang terlalu tinggi, dapat memicu kanker.

Bacaan Lainnya

Jadi yang termasuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang direkomendasikan bagi penderita kanker adalah gandum, beras merah, kacang-kacangan, oat, jagung, sereal, barley, dan quinoa.

Sayuran dan Buah-buahan yang Disarankan

Menu diet kanker juga harus dilengkapi dengan menu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang berfungsi untuk menjaga sistem imun tubuh. Setiap sayuran dan buah-buahan memiliki khasiat yang berbeda. Berikut adalah sayuran yang direkomendasikan bagi penderita kanker:

  • Sayuran hijau karena kaya zat besi dan kalsium
  • Asparagus karena kaya akan antioksidan
  • Tomat, wortel, labu, lobak, kacang polong karena kaya akan vitamin dan serat
  • Sayuran sejenis kubis, brokoli, kembang kol, karena dapat mengubah estrogen buruk menjadi esterogen baik yang dapat mengurangi resiko kanker.
  • Adapun buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah:
  • Jeruk karena kaya akan vitamin C
  • Jambu biji, kismis, plum, dan alpukat sebagai sumber energi
  • Kiwi, pisang, mangga, stroberi, dan pir karena kaya akan vitamin dan serat

Makanan yang Perlu Dihindari

Selain memperbanyak konsumsi makanan yang direkomendasikan, penderita kanker juga harus memperhatikan makanan yang perlu dihindari. Makanan tersebut diantaranya adalah makanan berpengawet, minuman yang mengandung alkohol, makanan dengan kadar gula tinggi, makanan yang mengandung kadar garam tinggi, daging olahan frozen seperti sosis, suplemen vitamin berdosis tinggi, makanan dengan kadar minyak tinggi, dan daging yang diolah dengan teknik pengolahan digoreng, dibakar, atau dipanggang dengan suhu panas yang tinggi.

Diet Sehat dan Terjamin dengan Gorry Well

Menu diet kanker yang telah disebutkan diatas, akan mudah ditemukan dalam aplikasi Gorry Well. Gorry Well adalah sebuah aplikasi super yang dapat menjadi wellness coach untuk monitoring progress harian demi mencapai health goal yang diinginkan. Salah satu fitur yang terdapat dalam aplikasi ini adalah rekomendasi menu-menu restoran sehat yang terjamin gizinya. Salah satu produk yang dijual adalah produk dari Gorry Gourmet.

Gorry Gourmet adalah sebuah healthy catering yang menyediakan berbagai pilihan paket makanan yang disediakan untuk bisa disesuaikan dengan latar belakang kebutuhan konsumen, apakah menu yang dipesan digunakan untuk menurunkan berat badan menuju ideal, ataupun karena masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes, stroke, maupun kanker.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *