Contoh Surat Kuasa untuk Berbagai Keperluan

  • Whatsapp
contoh surat kuasa

Surat kuasa diperlukan apabila memerlukan bantuan seseorang melakukan urusan darurat, tetapi yang bersangkutan berhalangan hadir karena tidak bisa berada di dua tempat sekaligus dalam satu waktu. Dalam kasus ini, yang bersangkutan dapat mengandalkan surat kuasa agar urusan segera selesai. Untuk itulah diperlukan contoh surat kuasa.

Biasanya perihal ini berkaitan dengan dokumen yang berurusan dengan dokumen penting. Banyak yang tidak menyadari pentingnya membuat surat kuasa ini. Jika tidak dibuat, maka orang yang sudah kamu minta tolong untuk menggantikanmu menyelesaikan urusanmu juga tidak bisa berbuat apa-apa.

Pengadaan surat kuasa sebenarnya cukup wajar karena fungsinya untuk meminimalisir terjadinya penipuan yang marak terjadi. Bagaimana jadinya jika tidak ada surat kuasa. Bisa-bisa dokumen penting milikmu malah diambil pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itulah pengalihan kuasa perlu kamu percayakan pada orang yang benar-benar bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Surat kuasa sendiri sudah diatur oleh Undang-Undang di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, tepatnya pada pasal 1792 yang menyebutkan bahwa pemberian surat kuasa adalah bentuk persetujuan dari seseorang yang memberikan kekuasaan pada orang lain untuk melakukan hal atas nama yang memberikan kuasa.

Contoh surat kuasa ini mudah disusun karena sudah banyak contohnya di internet. Isinya pun berbagai macam, sesuai dengan tujuan surat kuasa itu. Ada beberapa komponen yang perlu ada di dalam surat kuasa. Berikut ini format suratnya.

  1. Judul yang menyatakan bahwa surat tersebut adalah surat kuasa. Untuk memperjelas jenis surat tersebut.
  2. Keterangan waktu dan tempat. Kapan dan di mana surat tersebut disusun olehmu. Semua jenis surat biasanya memang harus ada bagian ini.
  3. Identitas pemberi kuasa. Tuliskan dengan nama lengkap dan gelar jika memang diperlukan.
  4. Identitas penerima kuasa. Tuliskan dengan nama lengkap dan gelar jika memang diperlukan.
  5. Hal apa yang ingin dikuasakan. Tulis dengan sejelas-jelasnya.
  6. Penutup surat kuasa.
  7. Tanda tangan pemberi kuasa dan penerima kuasa, beserta nama lengkap mereka. Hal ini juga harus cukup jelas, dan jangan sampai terlupakan. Tidak ada tanda tangan saja, surat tersebut bisa dikatakan tidak sah. Dan cap untuk surat kuasa perusahaan.

Contoh Surat Kuasa Secara Umum

Di bawah ini adalah contoh surat kuasa berdasarkan dengan tujuannya.

1. Contoh Surat Kuasa Perseorangan

Sesuai dengan namanya, surat kuasa ini dibuat untuk kepentingan pribadi. Alasannya karena kamu berhalangan hadir yang disebabkan oleh sakit atau sedang ada keperluan mendesak lain yang tidak bisa ditinggalkan. Kamu perlu mengetahui contoh surat kuasa perorangan karena mungkin suatu saat akan memerlukannya.

Misalnya saja untuk mengambil KTP yang ada di kecamatan, mengurus dokumen di kantor polisi, mengurus dokumen di kampus, dan lain sebagainya. Ini adalah contoh suratnya.

contoh surat kuasa 01

2. Untuk Keperluan Perusahaan

Setelah surat kuasa perorangan, ada juga surat kuasa yang dikhususkan untuk perusahaan. Yang mengeluarkannya bukan perorangan lagi, tapi menggunakan nama perusahaan karena hal ini adalah kepentingan perusahaan. Perbedaan mencolok antara surat kuasa perorangan dengan perusahaan terletak pada kop surat perusahaan saja. Umumnya, membuat surat kuasa atas nama perusahaan memerlukan kepala surat.

Hal itu pun membuat surat kuasa ini lebih resmi dibandingkan surat kuasa perorangan. Kop surat biasanya berisi logo perusahaan dan alamat perusahaan. Ditulis dengan sejelas-jelasnya.

Perbedaan lainnya adalah di surat kuasa untuk perusahaan biasanya hanya ada tanda tangan yang berasal dari pemberi kuasa. Sedangkan untuk penerima kuasa tidak ada pun tidak masalah. Tanda tangan dituliskan dengan nama lengkap beserta cap resmi milik perusahaan yang menunjukkan bahwa surat itu benar-benar dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Di bawah ini adalah contoh surat kuasa perusahaan.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Indonesia dan Inggris

contoh surat kuasa 02

Tidak terlalu sulit kan untuk menulis surat kuasa? Agar bisa terbaca dengan baik, akan lebih sempurna jika kamu mengetiknya dengan bantuan komputer lalu di print. Walaupun surat yang ditulis untuk urusan pribadi, sebaiknya diketik menggunakan perangkat komputer. Hal yang sama berlaku juga untuk surat perusahaan yang bahkan jauh lebih resmi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *