Contoh Surat Keterangan Kerja

  • Whatsapp
contoh surat keterangan kerja

Contoh surat keterangan kerja berikut ini dilengkapi dengan tips atau cara membuat surat keterangan kerja dari perusahaan. Yuk simak!

Surat keterangan kerja adalah dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap individu sebagai bahan verifikasi atau bukti bahwa individu tersebut tengah bekerja atau telah menjadi mantan karyawan di suatu perusahaan.

Surat keterangan kerja bisa digunakan untuk berbagai keperluan, contohya bagi karyawan yang masih bekerja surat ini berguna untuk membuka rekening bank baru, membuat visa, peminjaman ke bank, dan lain sebagainya.

Sementara bagi yang tidak bekerja lagi, mantan karyawan berhak meminta surat keterangan pernah bekerja ini kepada perusahaan.

Umumnya, surat keterangan ini juga digunakan untuk melengkapi syarat-syarat melamar pekerjaan di perusahaan yang baru, sekaligus sebagai bukti valid dan nilai plus bagi pencari kerja.

Surat keterangan kerja biasanya terdiri dari kop surat, nama dan alamat perusahaan, nama dan identitas diri karyawan, keterangan kerja atau pengalaman kerja, serta pengesahan berupa tanda tangan pihak personalia atau pihak berkepentingan lainnya dan cap perusahaan.

Untuk selengkapnya, luangkan waktu kamu membaca artikel ini hingga tuntas ya.

Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan

Surat keterangan kerja dalam bentuk ms word dari perusahaan biasanya digunakan oleh karyawan yang masih bekerja di perusahaan yang menerbitkan surat keterangan.

Surat ini umumnya dibuat untuk melengkapi persyaratan seperti melamar beasiswa profesional, membuat rekening bank, atau membuat visa untuk bepergian.

Untuk melengkapi surat keterangan kerja, kamu juga bisa mencantumkan nomor identitas diri (KTP) karyawan agar lebih mendetail.

contoh surat keterangan kerja
sumber: SerbaBisnis

 

Contoh SK Pengalaman Kerja

Berbeda dengan contoh surat keterangan kerja word sebelumnya, surat keterangan ini umumnya digunakan untuk mantan karyawan yang sedang ingin melamar pekerjaan baru.

Untuk itu, surat keterangan kerja akan berisikan keterangan lama karyawan bekerja, yang terdiri dari tanggal pertama kali masuk kerja dan tanggal terakhir kali bekerja di perusahaan tersebut.

Pembuat surat juga dapat menambahkan penilaian atas kinerja karyawan selama ia bekerja di perusahaan.

contoh surat pengalaman kerja

Baca juga: Alasan Resign Kerja dan Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Buka Rekening Bank

Contoh yang terakhir adalah contoh surat keterangan kerja untuk membuka rekening bank. Di isi surat kamu mencantumkan nama bank yang dituju, dan keperluan apa yang akan dilakukan.

Selain untuk membuka rekening bank, kamu juga bisa menggunakan surat ini untuk melakukan pinjaman ke bank, dengan mencantumkan jabatan karyawan dan lama kerja karyawan.

Baca juga: Cara Membuat Surat Keterangan Domisili

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Saat membuat surat keterangan kerja, kamu perlu memerhatikan dan memastikan bahwa informasi yang tercantum dalam surat keterangan sudah benar dan menyatakan bahwa benar kamu sedang bekerja atau pernah bekerja di perusahaan tersebut.

Langkah/ Cara Membuat Surat Keterangan Kerja:

  1. Kamu bisa membuat surat keterangan kerja menggunakan Microsoft Word atau Google Docs.
  2. Buka salah satu aplikasi tersebut, kemudian buat kop surat yang terdiri dari logo, nama, dan alamat perusahaan di bagian header surat.
  3. Setelah itu, tulis kalimat ‘“SURAT KETERANGAN” dengan huruf kapital dan underline di bagian tengah surat.
  4. Di bawah tulisan surat keterangan, cantumkan nomor surat.
  5. Kemudian tulis nama dan identitas diri pembuat surat. Apabila tidak ingin mencantumkan nama dan identitas diri pembuat surat, kamu juga bisa menggantinya dengan nama perusahaan sebagai perwakilan pembuat surat.
  6. Tulis kalimat “menyatakan dengan sesungguhnya bahwa” atau “ menerangkan bahwa” yang dilengkapi dengan titik dua (:).
  7. Lalu tulis nama karyawan, jabatan, dan identitas diri karyawan.
  8. Lengkapi dengan penjelasan yang menyatakan bahwa karyawan benar pernah atau sedang bekerja di perusahaan tersebut.
  9. Jangan lupa untuk menyertakan tanggal pertama kali masuk kerja dan tanggal berhenti kerja atau kalimat “hingga saat ini” untuk karyawan yang masih bekerja di perusahaan tersebut.
  10. Tutup surat kalimat penutup, tempat dan tanggal pembuatan surat, tidak lupa dengan tanda tangan, nama jelas, dan jabatan pembuat surat.
  11. Setelah selesai membuat surat keterangan kerja, bubuhi surat dengan cap perusahaan dan minta legalisir dari pihak perusahaan sebagai bentuk keabsahan surat.

Surat keterangan kerja yang tidak dilengkapi dengan cap perusahaan atau legalisir biasanya akan dipertanyakan keabsahannya. Untuk itu, kamu perlu benar-benar memastikan apakah surat keterangan kerja sudah disahkan menggunakan cap perusahaan atau belum.

Itu tadi contoh surat keterangan kerja dan cara membuatnya. Sebenarnya surat keterangan kerja dari setiap perusahaan bisa saja memiliki format yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya isi surat keterangan kerja tetaplah sama, yakni mencantumkan identitas diri karyawan, jabatan, dan keterangan yang membenarkan riwayat kerja.

Selama surat keterangan kerja kamu memiliki informasi yang lengkap dan sudah dilegalisir oleh pihak perusahaan, maka surat tersebut sah dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang membutuhkan persyaratan surat tersebut.

Pos terkait