Cek Kecepatan Internet Lewat Web dan Ponsel

  • Whatsapp
cek kecepatan internet

Cek kecepatan internet pada dasarnya bisa dilakukan melalui berbagai perangkat elektronik seperti komputer, laptop dan handphone.

Kegiatan melakukan tes kecepatan internet sangat berguna apabila layanan internet yang digunakan saat ini terasa lamban sehingga mengganggu aktivitas online.

Kebutuhan akan internet di era sekarang ini, agaknya sudah masuk dalam kebutuhan primer. Oleh karena itu, banyak orang menginginkan layanan internet yang cepat untuk menunjang aktivitas mereka.

Akan sulit rasanya saat bekerja dengan koneksi internet yang berjalan serupa keong. Kendala seperti inilah, yang pada akhirnya membawa seseorang untuk segera mungkin mengetahui kecepatan internet mereka.

Jika kamu ingin cek kecepatan internet di rumah atau di kantor, website di bawah ini bisa kamu kunjungi untuk melakukan test speed internet.

Cek Kecepatan Internet Lewat Website dan Ponsel

Berikut 5 website yang bisa digunakan untuk cek kecepatan internet yang kamu gunakan.

1. Speedtest.net

Speedtest merupakan alat untuk menguji peforma kecepan internet, yang rilis pertama kali pada tahun 2006. Dikembangkan di Ookla asal Montana, Amerika Serikat

Layanan speedtest juga sudah tersedia di browser atau dapat diunduh ke berbagai platform seperti iOS, Android, macOS, Apple TV hingga Windows.

Adapun penggunaan speedtest, bisa langsung menuju tautan https://www.speedtest.net/ atau pengguan bisa membuka aplikasinya melalui smartphone, dan tinggal klik tulisan ‘GO’ yang berada di bagian tengah layar.

Kemudian, kamu perlu menunggu sejenak hingga seluruh data kecepatan internet selesai dilakukan. Pengguna juga bisa membagikan hasil speedtest internet ke media sosial.

Selain itu, ada beberapa istilah yang digunakan pada situs speedtest, yaitu: ping, download speed, dan upload speed. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak di bawah ini

Ping berfungsi sebagai alat ukur yang merespons koneksi internet saat mengirim permintaan. Ping  diukur menggunakan satuan milidetik.

Jika nilai PING pada hasil cek kecepatan internet yang digunakan rendah, artinya koneksi internet yang digunakan sangat baik. Hal ini juga berlaku untuk kebalikannya, ya.

Download speed adalah istilah untuk menentukan kecepatan koneksi yang digunakan ketika download file atau data.

Angka yang tertera pada download speed menunjukkan seberapa lama perangkat pengguna menerima file tersebut.

Upload speed yaitu untuk mengetahui kecepatan koneksi internet dalam mengirim file ke perangkat. Contohnya share foto ke media sosial atau kirim pesan.

Baik download speed dan upload speed sama-sama menngunakan satuan megabits per second (Mbps0 sebagai Indikator pengukurnya.

2. Fast.com

Berikutnya, kamu bisa berkunjung ke website Fast.com. Website cek kecepatan internet ini diluncurkan oleh Netfilx,  lho. Fast.com dapat membantu pengguna melihat kecepatan koneksi internet yang digunakan.

Dikutipa dari laman Netflix, layanan Fast.com jauh dari iklan, dan punya tampilan yang keren sekaligus bikin nyaman pengguna karena gampang dimengerti.

Untuk tes kecepatan internet di sini kamu tinggal masuk ke websitenya, kemudian biarkan sistemnya bekerja sekaligus menghitung kecepatan internet tersebut, tanpa perlu repot mengklik tombol apa pun.

Setelah semuanya selesai, kamu akan mendapati hasil rekap dari kecepatan internetmu yang ditampilkan di bagian tengah layar PC atu laptop. Di situ, akan tertera angka besar dengan satuan megabits per second (Mbps).

Apakah cek kecepatan internet di sini bayar? Tenang, kamu tidak perlu keluar uang seper pun. Karena test speed internet dari Netflix ini bebas biaya dan tersedia di berbagai negara.

Menariknya lagi, Fast.com dapat diakses oleh berbagai jenis perangkat seperti desktop, smartphone, tablet, hingga smart TV asalkan tersedia browser.

3. Meter.net

Berikutnya ada Meter.net untuk cek kecepatan internet. Menggunakan layanan ini tidak perlu diunduh yang akan menambah beban penyimpanan.

Fitur yang dimiliki oleh Meter.net bisa dibilang cukup lengkap, karena ada fitur layaknya speedtest seperti yaitu ada PING, download speed, dan upload speed.

Proses cek koneksi internet melalui Meter.net berlangsung sekitar 30 detik dan pengguna tinggal masuk ke situs https://www.meter.net/, kemudian klik ‘START’.

Nah, tugas kamu hanya menunggu dan  membiarkan sistem memproses dan melakukan pengecekan. Selanjutnya, akan ditampilkan PING, download speed, dan upload speed sebagai hasil akhirnya.

Baca juga: 11 Cara Mendapatkan Uang di Internet Tanpa Modal

4. Bandwidth Place

Tes kecepatan internte beriktunya, bisa menggunakan Bandwidth Place. Bandwidth Place diluncurkan oleh perusahaan penyedia layanan internet asal Houston, Texas, pada 2002 silam.

Kelengkapan fitur situs Bandwidth Place ini tidak ubahnya dengan speedtest, yang menyediakan PING, download speed, dan upload speed.

Adapun letak perbedaannya, yaitu pada layanan server Bandwidth Place, yang berfungsi untuk memudahkan pengguna memilih lokasi keberadaannya.

Lebih jauh, Bandwidth Place juga dilengkapi dengan kolom untuk mendeteksi jenis provider yang sedang digunakan oleh pengguna.

Mengakses Bandwidth tinggal masuk laman https://www.bandwidthplace.com/, kemudian klik ‘START’ pada logo oranye dan biarkan beberapa detik untuk mengetahui hasilnya.

5. Speed Smart

Selanjutnya kamu bisa menggunakan Speed Smart. Pengguna bisa mengakses gratis ke situs https://speedsmart.net/

Tak sampai di situ, Speed Smart juga menyediakan versi aplikasi yang bisa kamu download di perangkat iOS dan Android.

Cara penggunaan Speed Smart bisa dibilang serupa dengan layanan-layanan di atas sebelumnya. User tinggal masuk ke laman akses atau buka aplikasi di ponsel dan klik tulisan “Start Speedtest”.

Durasi mengetahui kecepatan koneksi internet pada Speed Smart berlangsung sekitar 40 detik dengan menampilkan hasil PING, download speed, upload speed, provider, IP, server.

Situs Speed Smart ini dinilai lebih akurat dan cepat karena menggunakan HTML5, tidak seperti beberapa layanan lain yang berupa Flash atau Java.

Cek kecepatan internet dengan Speed Smart telah didukung dalam versi mobile dan bisa melakukan uji kecepatan Wifi secara real time. Di Google Playstore rating yang diterima Smart Speedtest  cukup baik dengan skor rating 4,7/5.

Itu tadi, 5 situs cek kecepatan internet yang bisa digunakan sesuai kebutuhan kamu. Adapun lambatnya jaringan internet bisa disebabkan berbagai faktor seperti provider sedang dalam perbaikan, cuaca buruk, dan jaringan yang terlalu sibuk. Namun, untuk lakukan tes kecepatan kamu bisa mengunjungi situs-situs yang telah disebutkan di atas.