Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

  • Whatsapp
cara menyembunyikan aplikasi

Cara menyembunyikan aplikasi di Android bisa dilakukan dengan mudah. Mulai dengan menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi tambahan.

Setiap pengguna bisa memilih cara-cara di atas sesuai dengan keinginannya masing-masing. Namun, ada cara hide aplikasi di HP Android yang memakan ruang penyimpanan. Dengan kata lain, sebagian kapasitas memori menjadi berkurang karena harus download aplikasi tambahan.

Jadi, jika pengguna tetap ingin hidden aplications dari smartphone, tentukan saja pilihan yang cocok dan mengetahui konsekuensinya. Selain itu, penyembunyian aplikasi bagi beberapa pengguna terbilang penting, karena tujuannya adalah melindungi data-data pribadi.

Oleh karena itu, setiap pengguna sebaiknya jeli dalam memahami setiap alternatif dan memilih cara sembunyikan aplikasi di Android yang marak digunakan.

Untuk tidak berlama-lama, berikut tips menyembunyikan aplikasi di Android yang bisa dilakukan untuk melindungi data privasi yang penting.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android dengan Mudah

Bagi kamu yang ingin segera mungkin menyembunyikan file di HP Android, cara di bawah ini sangat mudah dilakukan, bahkan tanpa menggunakan aplikasi tambahan untuk memulainya.

Berikut cara menyembunyikan aplikasi tanpa aplikasi tambahan.

  1. Masuk pada aplikasi atau menu pengaturan. Setelah itu, tinggal pilih “Applications”.
  2. Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu pilih “Application Manager”.
  3. Pilih tab “All” dan sentuh aplikasi yang ingin disembunyikan
  4. Kemudian pilih “Disable”.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu sudah bisa menyembunyikan aplikasi apa saja yang akan di-hide sesuai pilihanmu. Cara ini sama sekali tidak menggunakan pihak ketiga atau aplikasi tambahan untuk menyembunyikan file.

Umumnya, setiap smartphone itu sudah dilengkapi dengan fitur penyembunyi aplikasi. Tinggal pintar-pintar saja memanfaatkannya.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Kalau mau sembunyikan aplikasi bawaan, ada cara sederhana yang bisa dilakukan:

  1. Buka aplikasi atau menu Pengaturan (Settings).
  2. Lalu pilih Aplikasi (Applications).
  3. Jika pada tab Pengaturan ada sejumlah menu atau pilihan utama, piliha menu Perangkat (Devices) terlebih dahulu.
  4. Selanjutnya, pilih Application Manager, sentuh tab “All”
  5. Pilih aplikasi yang akan disembunyikan,
  6. Kemudian pilih “Disable”.

Dengan cara menyembunyikan aplikasi di Android ini, nantinya aplikasi yang sudah dipilih untuk disembunyikan tak akan nampak di homescreen HP.

Aplikasi bawaaan yang telah berhasil disembuntikan, bisa ditemukan di menu aplikasi bagian “Disabled”. Jadi, tidak perlu khawatir mengingat apa saja yang sudah kamu sembunyikan setelah mengikuti langkah-langkah cara sembunyikan aplikasi di Android ini.

Rekomendasi Aplikasi untuk Menyembunyikan Aplikasi di Android

Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi pihak ketiga yang bisa diunduh agar cara menyembunyikan aplikasi di Android yang kamu yang bisa digunakan dandijamin gak bakalan ribet. Yuk, cek!

1. Aplikasi Hide App

Ini dia aplikasi lain yang juga diandalkan dalam cara hide aplikasi di Android yang paling simpel. Kalau sudah punya aplikasi ini, cara hidden aplikasi di Android dan menyembunyikan game jadi lebih mudah.

Saat menggunakan aplikasi yang bisa menyembunyikan aplikasi ini, kamu juga bisa membuat password. Caranya tinggal pilih “Setting” kemudian klik “On” pada PIN Protection. Menggunakan kode atau PIN khusus bisa memberi perlindungan lebih dalam cara menyimpan data atau file di Android yang efektif.

2. Aplikasi PrivateMe

Ini dia salah satu cara hide aplikasi di Android tanpa root. Kamu bisa mengandalkan aplikasi PrivateMe untuk sembunyikan aplikasi Android yang kamu inginkan. Bahkan aplikasi ini diklaim cukup kompetibel untuk seri Android jadul.

Kalau selama ini kamu kebingungan menemukan cara sembunyikan file atau data di Android versi lama yang pas, menggunakan aplikasi ini bisa jadi jalan keluarnya.

3. Aplikasi AppLock

Ini salah satu aplikasi Android untuk sembunyikan file atau data lain yang paling direkomendasikan. Dengan aplikasi ini, selain bisa umpetin aplikasi, kamu juga bisa menyembunyikan berbagai data dan file pribadi lainnya.

4. Aplikasi Apex Launcher

Aplikasi ini juga cukup diandalkan sebagai cara hide aplikasi di Android yang praktis. Selain AppLock sebagai aplikasi penyembunyi aplikasi tanpa root, Apex Launcher bisa diandalkan sebagai aplikasi hidden aplikasi yang efektif.

Setelah selesai meng-install aplikasi tersebut, kamu perlu memilih Apex Settings lalu memilih Drawer Settings. Baru pilih Hidden Apps untuk memilih dan menandai aplikasi apa saja yang ingin kamu sembunyikan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya aplikasi yang digunakan tidak tampil di homescreen. Kamu tinggal memilih cara yang cocok untuk menyembunyikan aplikasi di Android sesuai keinginanmu.

Pos terkait