Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Unik dan Menarik

  • Whatsapp

Menulis surat lamaran atau resume harus menjadi bagian tersulit dari proses mencari pekerjaan. Sebagian besar takut akan tugas ini dan ragu-ragu untuk menulis surat lamaran. Alasan ini mencerminkan resume mereka dan menunjukkan kurangnya minat para kandidat. Meskipun dengan kemajuan teknologi di mana segala sesuatu menjadi lebih mudah, begitu juga dengan menulis bagian dari kehidupan. Sekarang hanya dengan satu klik dan Anda dapat menemukan beberapa templat resume dan surat lamaran.

Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah memilih dan Anda siap melakukannya. 90% dari waktu ketika orang duduk untuk menulis sesuatu, mereka cenderung mencari saran secara online. Mereka benar tentang hal itu karena Anda dapat menemukan banyak jawaban di web.

Bacaan Lainnya

Semoga Anda siap untuk beberapa tip luar biasa untuk menulis surat lamaran dan resume karena kami telah membuat daftar beberapa tip penting untuk semua pendatang baru yang melangkah ke kehidupan praktis dan mencari cara untuk bersinar melalui resume mereka.

1. Pastikan Anda menulis surat lamaran baru untuk setiap lowongan pekerjaan

Jika Anda ingin memiliki peluang di antara banyak kandidat yang melamar, kami menyarankan Anda untuk menulis surat lamaran individu untuk setiap pekerjaan. Dengan cara ini surat lamaran dan resume Anda akan memiliki karakteristik yang berbeda dari yang lain.

Selain itu, setiap jenis pekerjaan membutuhkan jenis pengalaman yang agak berbeda dan mereka mungkin memiliki format resume. Jadi, pastikan untuk mencarinya dan teliti sebelum melamar pekerjaan apa pun. Sebuah resume tidak bisa membawa Anda melewati banyak tempat kerja.

2. Jangan ragu untuk menggunakan template

Karena Anda harus menulis beberapa surat lamaran untuk pekerjaan, maka ada templat online dari mana Anda bisa mendapatkan keuntungan. Mereka memberi tahu Anda cara menulis resume, terkadang seluruh format diberikan dan Anda hanya perlu memasukkan detail Anda dan mengeditnya sedikit dan Anda siap melakukannya.

Kami akan merekomendasikan Anda untuk tidak menggunakan template ini karena itu menciptakan kesan yang buruk bagi Anda. Cobalah untuk sedikit mengubah kalimat agar tidak terkesan menjiplak.

Ada banyak alat pengubah kalimat yang dapat membantu. Mereka membantu Anda memparafrasekan kalimat dan disebut mesin parafrase.

Ada banyak alat pembuat parafrase online yang mendapatkan hype hari ini dan merupakan pilihan banyak penulis. Ada lingkungan di setiap organisasi. Seorang pelamar kerja akan lebih berhasil jika dia mau menulis dalam budaya dan lingkungan organisasi. Anda dapat melakukannya dengan meluangkan waktu di situs web perusahaan

3. Tulis kalimat pembuka yang menarik

Soal format tulisan, tentunya yang terpenting adalah kalimat pembuka. Cobalah untuk membuat kalimat pembuka yang mengembangkan minat bagi pemberi kerja. Ingatlah bahwa orang itu mungkin harus melihat lusinan lamaran pekerjaan setiap hari. Oleh karena itu, satu hal apakah yang akan membuatnya menelepon Anda untuk wawancara kerja? Pada tahap itu, hanya surat lamaran atau resume Anda yang menjadi satu-satunya pendukung Anda. Jadi, itu satu-satunya senjata Anda saat itu.

4. Cobalah untuk menunjukkan atasan di luar resume

Surat lamaran dan resume adalah bagian mutlak dari proses pencarian pekerjaan. Tetapi Anda harus memutuskan apa yang Anda tawarkan di luar lingkup resume. Misalnya, semua orang menulis dan hampir memulai resume mereka dengan kalimat seperti, “Saya senang melamar pekerjaan ini, dll.” Alih-alih coba perkenalkan diri Anda dengan sesuatu dengan pernyataan tajam yang menunjukkan kegembiraan pekerjaan di sampul Anda surat.

Juga, banyak orang menulis seperti saya adalah kepala pengelola organisasi XYZ, dan tugas dan fungsi saya mencakup tugas ABC. Ini bagus, tetapi jika Anda menjawab pertanyaan seperti apa yang Anda lakukan, menangani masalah tertentu yang menghambat proyek besar, dll. Ini akan menjadi kesan yang baik bagi Anda, bukan pertanyaan biasa dan monoton.

5. Tunjukkan pengalaman kerja terkait

Kita semua suka membual tentang pengalaman kerja sebelumnya dan tidak diragukan lagi itu adalah cara terbaik untuk memberi tahu atasan bagaimana Anda sangat cocok untuk pekerjaan ini.

Soroti pengalaman kerja terbaru Anda terlebih dahulu, mereka akan terdaftar di atas resume. Anda pikir Anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu, tetapi pengalaman itu bertentangan dengan gagasan ini. Tidak perlu memberikan banyak perhatian pada pengalaman ini dan tunjukkan karena Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Ingatlah bahwa pemasaran juga merupakan kunci dalam situasi ini.

6. Tunjukkan keahlian Anda

Tidak masalah untuk memberi tahu pemberi kerja bahwa Anda adalah satu-satunya orang yang cocok untuk pekerjaan itu. Ini mungkin satu-satunya cara jika Anda menggambarkan keterampilan Anda dengan cerdas. Jangan menjual diri Anda sendiri. Jika menurut Anda pengalaman itu cocok dengan kemungkinan pekerjaan di masa depan, maka dalam resume Anda hanya fokus pada keterampilan yang menurut Anda Anda miliki yang membuat Anda cocok untuk pekerjaan ini.

Karena pemberi kerja tidak memiliki pengetahuan tentang keterampilan Anda, oleh karena itu, tugas Anda untuk menggambarkannya dengan benar.

7. Jangan terlalu fokus pada Pendidikan

Banyak pendatang baru menaruh banyak fokus pada pendidikan. Namun, dalam kehidupan praktis, pengalamanlah yang paling penting. Ini adalah nasihat kepada siswa yang memasuki kehidupan praktis yang memberikan rincian magang jika ada atau proyek kelompok dan pengalaman kerja lainnya jika Anda punya.

Manajer perekrutan tertarik pada bidang kehidupan ini daripada pendidikan, oleh karena itu, jangan terlalu fokus pada pendidikan.

8. Kurangi antusiasme Anda

Sangat menyenangkan menjadi antusias dengan pekerjaan itu. Ini menunjukkan minat pelamar pekerjaan. Tapi jangan terlalu banyak menggunakan kata keterangan seperti “sangat bersemangat untuk pekerjaan itu” dan “senang untuk kesempatan” karena surat pengantar dan resume dibanjiri dengan kata sifat ini. Meskipun tepat untuk menunjukkan kepribadian Anda yang penuh dengan kreativitas dan keseruan, tetapi mainkan diri Anda sebagai orang yang normal.

Banyak orang enggan membicarakan diri mereka sendiri. Kami memahami bahwa sulit untuk membicarakan diri sendiri. Tapi ingat surat lamaran dan lamaran kerja adalah tentang menampilkan kepribadian dan keterampilan Anda. Cobalah melihatnya sebagai apa yang guru Anda katakan tentang Anda atau apa yang teman Anda katakan tentang Anda. Dengan cara ini Anda akan bisa menulis tentang diri Anda sendiri.

Kesimpulan

Pada akhirnya, sebaiknya Anda menulis surat lamaran yang tidak terlalu panjang. Sebagian besar pengusaha lebih menyukai surat lamaran yang pendek dan tidak lebih dari 250 kata. Itu hampir menjadi setengah halaman. Sangat menggoda bagi seseorang untuk menyelesaikan kalimat dengan frasa seperti “Saya sangat senang mendengarnya dari Anda”.

Namun, paragraf penutup adalah kesempatan terakhir Anda memberi tahu majikan tentang minat Anda pada pekerjaan, dll. Oleh karena itu, jangan mengisi ruang hanya dengan kata-kata belaka. Anda juga bisa menyelesaikan surat lamaran dengan mengatakan sesuatu yang menarik dan positif seperti Anda bersedia pindah untuk pekerjaan itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *