Cara Mengusir Kutu Kasur dengan Cepat dan Mudah

  • Whatsapp
cara mengusir kutu kasur

Kutu kasur adalah hewan kecil dari jenis serangga yang gemar mengisap darah manusia. Hewan ini memilih kasur sebagai tempat ternyamannya. Manusia dibikin tak nyenyak tidur karena gigitannya. Gigitan kutu kasur bisa membuat gatal, dan membuat kulit memerah. Bagaimana cara mengusir kutu kasur yang paling efektif?

Kutu kasur adalah serangga kecil yang tertarik dengan karbondioksida dan hawan panas yang dilepas manusia ketika tidur. Bentuknya pipih dan berwarna coklat dan mempunyai gigitan yang cukup meresahkan manusia.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas tanpa gangguan kutu kasur, sebaiknya basmi kutu kasur dari tempat tidurmu segera. Simak cara mengusir kutu kasur di bawah ini.

7 Cara Mengusir Kutu Kasur dengan Cara Alami

Keberadaan Bedbugs (kutu kasur) di area kasur tidak bisa dianggap enteng. Pasalnya, hewan ini tidak bisa dibasmi dengan obat pengusir serangga atau insektisida. Hal yang perlu diwaspadai dari kutu kasur adalah sifatnya yang agresif pada malam hari untuk mengisap darah .

Kabar buruknya, jika diabaikan atau dibiarkan, tidak menutup kemungkinan jenis serangga satu ini akan berkembang biak pada kasur yang tidak pernah dibersihkan.

Berikut cara melenyapkan kutu kasur dengan mudah

1. Menjemur Kasur

Cara mengusir kutu kasur yang pertama adalah dengan menjemur kasur. Ini langkah paling mudah untuk dilakukan. Lepaskan seprai, sarung bantal, dan ganti dengan yang baru. Jemur kasur di bawah terik sinar matahari. Selama proses penjemuran berlangsung, benahi barang-barang yang ada, agar penyebaran kutu kasur bisa dicegah dengan cepat.

2. Mencuci Perlatan Tidur dengan Air Panas

Langkah ini diperlukan untuk langsung membasmi kutu kasur. Cuci setiap benda-benda yang berkaitan dengan area tempat tidur dengan mencampur air panas dan sabun antibakteri. Upayakan suhu air panas di angka 50-60 derjat celcius.

Perlu diperhatikan, benda-benda yang akan dicuci sebaiknya tidak dicampur dengan pakaian kotor lainnya. Apabila tahan mencuci selesai, pastikan dijemur di bawah matahari langsung.

3. Gunakan Minyak Tanah dan Kapur Barus

Minyak tanah dan kapur barus menjadi alat tepat untuk mengusir kutu kasur. Hal yang perlu dilakukan, yaitu dengan mencampur kapur barus dan minyak tanah, kemudian semprotkan pada spot-spot yang menjadi sarang kutu kasur.

Kolaborasi minyak tanah dan kapur barus adalah langkah mudah membunuh kutu kasur. Karena memanfaatkan bahan-bahan praktis dan mudah ditemukan.

4. Lilin

Lilin juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu kasur, lho. Ini salah satu cara alami paling mudan dilakukan. Karena kamu hanya perlu meneteskan cairan lilin yang telah dibakar ke ceruk tempat kutu kasur bersembunyi. Untuk takarannya sesuaikan saja dengan kebutuhan.

5. Penguapan

Cara menghilangkan kutu kasur berikutnya adalah dengan teknik penguapan. Kamu dapat memanfaatkan ketel listrik, lalu menambahkan selang kecil. Asap panas yang muncul dari ketel listrik tersebut diarahkan ke sepanjang jahitan kasur. Upayakan semua sudut kasur terkena uap panas yang bersumber dari ketel.

6. Gunakan Gel Silika

Gel silika yang ditumbuk lalu ditaburkan ke kamar tidur akan menempel pada tubuh kutu busuk.

Setelah beberapa lama, silika akan menyerap air dari badan kutu sehingga mereka terkena dehidrasi lalu mati.

Cara ini bisa kamu lakukan sebelum menyedot habis kutu-kutu tersebut. Namun berhati-hatilah karena silica gel ini dapat membahayakan tubuh.

Lebih baik, kamu menggunakan bahan alami berupa tanah diatom yang memiliki kerja dan fungsi sama seperti silika.

7. Garam

Langkah berikutnya, kamu bisa mencampurkan garam dan air, kemudian masukkan ke botol semprot. Lalu, semprotkan campuran tersebut ke kasur dan area lain yang menjadi sarang kutu kasur.

Itu dia cara mengusir kutu kasur dengan cepat dan mudah. Tetap lakukan bersih-bersih secara rutin sebagai langkah untuk menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan. Semoga artikel ini bisa membantu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *