Cara Menghilangkan Sakit Perut saat Haid

  • Whatsapp
cara menghilangkan sakit perut saat haid

Cara menghilangkan sakit perut saat haid adalah dengan mengomsumsi obat nyeri haid agar kondisi kesehatan tidak memburuk.

Umumnya, nyeri haid terjadi akibat perubahan hormon dan kontraksi rahim saat menstruasi terjadi. Dalam beberapa kasus, nyeri haid yang dialami wanita benar-benar menyiksa. Situasi seperti itu sering disebut dengan dismenore.

Apabila terus dibiarkan, kondisi itu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, cara menghilangkan sakit perut saat nyeri haid, yaitu diperlukan  obat nyeri haid supaya kondisi kesehatan tak semakin buruk dan kamu bisa melanjutkan kegiatan seperti biasa.

Melansir dari NDTV Food (food.ndtv.com), satu dari lima wanita mengalami dismenore sehingga aktivitas bisa terganggu. Supaya rasa sakit bisa berkurang, ada beberapa cara dan bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi nyeri haid.

Baca juga: Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan Tubuh

Cara Menghilangkan Sakit Perut saat Haid

Ada beberapa cara sederhana untuk menghilangkan nyeri haid yang dapat dilakukan saat kondisi ini terjadi. Berikut di antaranya:

1. Menggunakan Minyak Wijen

Bahan alami pertama yang cocok digunakan sebagai obat nyeri haid adalah minyak wijen. Jenis minyak itu mengandung antiinflamasi, antioksidan, serta asam lenoleat yang berguna untuk mengurangi rasa sakit akibat menstruasi.

Cara yang perlu dilakukan pun cukup mudah. Kamu hanya perlu memijat perut bagian bawah dengan minyak wijen saat rasa nyeri muncul. Ulangi cara tersebut sampai nyeri haid benar-benar hilang sehingga kamu bisa melanjutkan kegiatan.

2. Kompres Hangat

Cara selanjutnya yang cukup banyak dilakukan oleh para wanita adalah mengaplikasikan kompres hangat. Kompres hangat dapat merelaksasi otot rahim yang berkontraksi sehingga rasa sakit pun bisa berkurang.

Kamu juga bisa membeli kompres hangat di apotek atau meletakkan botol yang sudah diisi air hangat. Selain itu, minum air hangat atau mandi dengan air hangat juga bisa jadi salah satu opsi untuk Anda pilih.

3. Teh Kamomil

Jika kamu termasuk penggemar teh, cobalah untuk minum teh kamomil agar nyeri haid berkurang. Jenis teh itu dapat menurunkan prostaglandin dan merelaksasi uterus sehingga nyeri yang Anda rasakan bisa berkurang.

4. Jahe

Jahe juga bisa digunakan sebagai obat nyeri haid, lo. Cobalah untuk mencampur jahe dengan teh hitam. Kamu bisa menambah sedikit gula supaya rasanya lebih lezat. Kandungan dalam jahe berguna untuk menurunkan prostaglandin sehingga rasa sakit berkurang.

Tak hanya itu, NDTV Food mengatakan bahwa jahe mampu melancarkan siklus menstruasi. Jadi, jika kamu mengalaminya, cobalah untuk mengonsumsi jahe secara rutin. Jika siklus menstruasi tak kunjung teratur, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat perawatan yang sesuai.

Demikianlah cara menghilangkan sakit perut saat haid disertai obat nyeri haid alami yang bisa kamu lakukan apabila terserang dismimonere. Semoga membantu, ya.