Obat Masuk Angin Manjur Tanpa Penanganan Medis

  • Whatsapp
obat masuk angin

Obat masuk angin paling manjur adalah melakukan kerok punggung badan. Cara ini tergolong manjur dan sering dilakukan oleh orang Indonesia.

Mungkin setiap orang Indonesia pernah mengalami yang namanya masuk angin. Lalu, berupaya mengatasinya dengan cara mencari obat masuk angin, seperti minum jahe hangat, dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya

Menurut beberapa sumber artikel, masuk angin hanya sebuah penyebutan yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan menurut medis, masuk angin sama halnya dengan gejala demam, pilek, meriang, pegal-pegal, dan kembung. Dengan kata lain, bukan termasuk penyakit melainkan sekumpulan gejala dari gangguan medis tertentu.

Namun begitu, ketika seseorang mengalami masuk angin, mereka mencari cara untuk mengatasinya, termasuk meminum obat masuk angin. Iya, kan?

Nah, sebenarnya banyak cara mengatasi masuk angin yang alami dan mudah tanpa perlu penanganan medis atau obat-obatan. Yuk, simak hingga tuntas.

Apa Penyebab Masuk Angin?

Sejatinya, dunia medis sama sekali tak mengenal istilah masuk angin. Namun, masyarakat kita, mengungkapkan “penyakit” unik ini dengan cara yang khas untuk menggambarkan gejala yang terasa pada tubuhnya.

Kendati demikian, menurut medis masuk angin dapat terjadi lantaran adanya kombinasi antara maag dan flu.

Oleh karena itu, berikut penyebab masuk angin yang perlu diketahui.

1. Telat Makan

Telat makan adalah salah satu penyebab terjadinya masuk angin. Jadi, kalau gak mau masuk angin, hindari kebiasaan buruk ini, ya.

Selain itu, yang perlu kamu tahu adalah tubuh setiap orang memiliki ritme sirkadian yang mengatur jadwal kerja setiap organ tubuh, termasuk pencernaan.

Maka dari itu, kalau waktu makan tak teratur dan sering telat, otomatis jam kerja tubuh pun akan terganggu.

Dampak yang bisa dirasakan, yaitu gangguan pada lambung, kemudian akan mengakibatkan masuk angin.

2. Asupan Minuman Tak Terkontrol

Gak hanya jam makan saja lho yang harus diperhatikan. Asupan minum setiap harinya juga perlu diperhatikan agar kamu tidak masuk angin.

Salah satu kebiasaan buruk yang sering menyebabkan masuk angin, yaitu terlalu banyak mengonsumsi kafein, alkohol, dan soda.

Jenis minuman tersebut dapat menyebabkan gangguan pada lambung, dan ending-nya akan menyebabkan maag dan masuk angin.

3. Sering Keluar Malam

Bagi kamu yang gak mau keseringan masuk angin, mending kurang-kurangi keluar malam. Sering keluar larut malam dan kena angin malam, selain bisa kena masuk angin juga buruk bagi kesehatan untuk jangka panjang.

Pasalnya, angin malam punya suhu yang berbeda, dan bisa mengakibatkan adanya perubahan pada tubuh dalam menyaring udara tersebut.

Selain angin malam lebih susah dicerna, tubuh juga mengalami penurunan fungsi yang bisa berakibat pada munculnya berbagai gangguan tubuh.

4. Kurang Olahraga

Kurang olahraga juga menjadi salah satu faktor yang membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit dan juga masuk angin.

Maka dari itu, dengan berolahrah akan membuat kinerja, fungsi, dan daya tahan tubuh lebih terjaga dan lebih baik.

Jadi, sebaiknya upayakan rajin berolahraga. Paling tidak dalam satu minggu dua kali olahraga.

5. Virus

Virus juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami masuk angin.

Kendati telah menjaga asupan makanan, minuman, dan berolahraga secara rutin, bisa jadi kamu akan mengalami masuk angin. Karena virus agak lebih sulit dicegah, apalagi jika kamu tidak memperbaiki pola hidup sehari-hari.

Gejala Masuk Angin yang Sering Muncul

Setelah kamu tahu penyebab masuk angin, kamu tentu harus tahu juga dong gejala apa saja yang sering muncul saat masuk angin.

Nah, seperti yang sudah disinggung di awal, masuk angin merupakan fenomena yang muncul dari sekumpulan gejala akibat maag dan flu.

Gejala masuk angin yang dirasakan pun akan bersinggungan dengan kedua penyakit tersebut.

Berikut gejala masuk angin yang mungkin akan dirasakan:

  • Sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi
  • Panas dingin atau meriang
  • Demam tinggi tiba-tiba
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk kering
  • Badan lemas
  • Sesak napas
  • Perut kembung
  • Nafsu makan menurun
  • Merasa kenyang meskipun belum makan
  • Muntah
  • Mual
  • Diare

Cara Mengobati Masuk Angin

Selain minum obat masuk angin, ada beberapa cara mengatasi masuk angin yang alami dan umum dilakukan, yaitu:

1. Dikerok

Dikerok adalah salah satu cara paling unik untuk mengatasi masuk angin. Dikerok adalah cara paling “legend” yang seringkali dilakukan oleh orang Indonesia.

Jadi, kamu hanya perlu bawang putih, minyak, koin sebagai senjata untuk mengerok badan. Cara ini dipercaya dapat mengatasi masuk angin.

Kerokan bawang putih tiketahui memiliki efek vasodilatasi yang dapat melancarkan peredaran darah dan menghasilkan efek relaksasi.

2. Konsumsi Jahe

Sudah tahu pernah minum bandrek atau wedang jahe di musim hujan kan? Nah, kedua jenis minuman ini dapat dikomsumsi sekaligus dijadikan obat saat kamu masuk angin.

Cara mengatasi masuk angin dengan mengonsumsi ramuan jahe ini juga telah terbukti berkhasiat secara medis.

Selain menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki efek antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

3. Minuman Hangat

Tak semua orang suka mengonsumsi minuman yang terbuat dari ramuan jahe. Jadi, untuk mengatasi masuk angin yang lain, yaitu dengan membuat minuman hangat seperti teh hangat, jeruk hangat, bahkan air putih hangat.

Minuman hangat berfungsi melancarkan sirkulasi serta membuat otot-otot lebih rileks, juga dapat  meningkatkan metabolisme tubuh.

Saat tubuh masuk angin, minuman hangat menjadi sumber cairan utama yang diperlukan oleh tubuh.

4. Minum Vitamin

Selanjutnya minum vitamin secara rutin. Pasalnya, saat tubuh mengalami masuk angin, umumnya masuk angin tidak akan sembuh dalam waktu singkat, bahkan masuk angin bisa berlangsung berhari-hari.

Di tengah kondisi tubuh yang tak fit karena masuk angin, vitamin akan sangat membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Minum vitamin untuk mengatasi masuk angin, tentu belum cukup. Tubuh juga perlu asupan nutrisi dari makanan bergizi.

Memilih mengonsumsi makanan bergizi adalah salah satu cara mengatasi masuk angin yang sama pentingnya untuk dipenuhi.

Tanpa makanan bergizi, tubuh yang sedang tak dalam kondisi terbaiknya akan semakin sulit untuk memulihkan diri.

6. Istirahat Cukup

Beriktunya, cara mengatasi masuk angin yang lain adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat merupakan hal paling gampang dilakukan, tetapi mungkin sebagian orang sulit melakukannya.

Intinya, tubuh perlu istirahat yang cukup karena organ-organ tubuh juga perlu beristirahat.

Selain itu, saat beristirahat juga jadi saat bagi tubuh melakukan regenerasi sel-selnya agar kembali ke kondisi prima.

Jadi, istirahat cukup juga termasuk obat masuk angin lho.

7. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga bisa menyembuhkan kamu dari gejala masuk angin. Ya, sudah menjadi rahasia umum, kalau olah raga itu baik untuk kesehatan. Maka dari itu, rajin-rajin lah olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Konsistensi berolahraga menjadi kunci agar stamina dan kebugaran tubuh terjaga.

Setelah mencukupi dan menjaga asupan makanan, beristirahat yang cukup, kunci terakhirnya adalah menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga secara rutin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *