Cara Membuat Toko Online Gratis di Blogger

  • 4 min read
  • Jun 18, 2020
Cara Membuat Toko Online di Blogger

Untuk mendapatkan penghasilan di internet, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan membuat toko online gratis di blogger.

Selain mudah diaplikasikan, membuat toko online di blogspot, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis selamanya. Kelebihan memiliki toko online, yaitu, Anda bisa menjangkau konsumen lebih luas dan tetarget.

Selain itu, Anda bisa mengarahkan konsumen yang berada di media sosial ke toko online Anda untuk melihat produk-produk terbaru sekaligus membaca review produk yang Anda jual.

Bagi Anda yang ingin memiliki toko online sendiri, tetapi terkendala modal, platform blogger bisa menjadi pilihan terbaik untuk mewujudkan mimpi Anda membuat toko online secara gratis.

Lalu, tunggu apa lagi? Buat sekarang juga toko online Anda dengan blogspot.

Fungsi Dasar Blogspot dan Toko Online

Memang bisa bikin toko online pakai blogspot?

Bisa. Pengguna internet bisa memakai blogspot untuk membuat toko online. Sebab, produk Google yang satu merupakan layanan berbasis web 2.0 yang bisa digunakan sesuai kepentingan pengguna. Umumnya, pengguna menggunakan blogspot untuk mendokumentasikan tulisannya dengan tujuan dibaca orang banyak. Pasalnya, dengan mempublikasin tulisan di blogspot, Anda juga dapat penghasilan dari Google dengan catatan blog Anda telah menjadi publisher Google Adsense.

Bisa dibayangkan, bukan? Ibarat kata, sambil menyelam minum susu. Sembari jualan produk, Google kasih tambahan sangu. Dengan kata lain, hanya dengan satu toko online, Anda bisa mendapatkan dua penghasilan sekaligus.

Jadi, apa sih toko online itu?

Toko online merupakan toko yang dibuat dengan platform web untuk berjualan jasa atau produk yang dapat diakses oleh pengguna internet melalui beragam perangkat seperti smartphone, laptop, tablet yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Fungsi dasar toko online adalah tempat berbelanja produk apa saja yang anda inginkan. Toko online tidak ubahnya dengan toko konvensional. Namun, di toko online kamu bisa menjual produk khusus saja. Misalnya, kamu fokus menjual produk kecantikan atau menjual kebutuhan lainnya.

Cara memesan produk di toko online umumnya dilakukan melalui fitur-fitur yang tersedia pada template toko online yang digunakan. Oleh karena itu, fitur pendukung seperti email dan aktifkan kolom komentar di toko online adalah hal yang wajib sebagai saran berinteraksi antara penjual dan pembeli. Namun, semakin berkembangnya teknologi, WhatsApp termasuk salah satu fitur yang ada di toko online.

Berinteraksi dengan pembeli melalui fitur pendukung yang ada di toko online tergolong efektif. Adanya interaksi langsung antara penjual dan pembeli semakin memudahkan dalam bertransaksi. Penjual mengirim produk yang dibeli setelah pembeli mentransfer sejumlah uang sesuai harga yang ditentukan diikuti bukti transfer yang dikirim pembeli kepada pemilik toko online. Namun, pastikan Anda berbelanja di toko online terpercaya dan sudah dikenal secara luas. Pastikan identitas pemilik toko online tertera di halaman website mereka.

Cara Kerja Toko Online

Sebelum masuk pada materi membuat toko online dengan blogger, setidaknya kamu perlu mengetahui cara kerja toko online yang sedikit membutuhkan kreativitas.

Menjual produk di toko online sama saja dengan menjual produk di media sosial dan e-commerce. Kamu harus lebih kreatif agar produk yang jual laku dalam waktu cepat.

Sebelum memposting produk di toko online, pastikan kualitas gambar produk jernih dan cara pengambilan gambar produk menarik perhatian konsumen. Selain itu, pikirkan juga dengan matang bagaimana mengemas (packaging) produk dengan baik. Sebab, kamu akan mengirim barang melalui jasa pengiriman. Pastikan barang yang dikirim aman dan selamat sampai tujuan.

Cara kerja toko online sebenarnya sangat mudah. Apa lagi kalau kamu senang melakukan foto produk dan membuat kemasan dengan kreasimu sendiri. Semakin baik cara kamu berjualan, kepercayaan konsumen terhadap toko online milikmu akan semakin meningkat.

Persiapan Membuat Toko Online dengan Blogspot

Dunia internet memudahkan kita mengakses beragam informasi, dan membuat toko online untuk melakukan bisnis secara daring.

Membuat toko online dengan blogspot memberikan banyak keuntungan seperti toko akan lebih terpercaya dan memiliki kesan profesional. Kemudahan pengguna dalam mengakses, dan ramah dengan mesin pencari. Hal ini lah yang bisa meningkatkan penjualan produk nantinya.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat toko online dengan platform blogger?

Menggunakan platform blogspot untuk membuat toko online jauh lebih mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan email (Gmail) aktif dan menyiapkan nama toko online kamu sesuai keinginanmu. Toko online akan lebih bagus jika menggunakan domain TLD (top level domain) yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Namun, artikel ringkas ini hanya mengulas bagaimana membuat toko online dengan gratis menggunakan blogspot.

Setelah menyediakan email aktif dan nama yang cocok untuk toko online kamu,  selanjutnya adalah membuat deskripsi singkat toko online. Saat membuat deskripsi toko, sebaiknya kamu memerhatikan setiap kata yang digunakan. Buat deskripsi dengan ringkas, padat, menarik dan mengandung kata kunci yang telah kamu bidik agar blog atau toko online kamu dapat diakses melalui mesin pencari.

Lalu, persiapkan template blogspot toko online yang responsif, mobile friendly, dan SEO friendly. Template toko online menjadi penting karena kebanyakan pengguna mengakses internet melalui ponsel yang mereka gunakan. Pastikan template toko online kamu sudah mengandung tiga unsur di atas.

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan logo toko online milikmu. Kenapa logo itu penting? Logo adalah simbol atau identitas (dalam hal ini adalah identitas toko online milikmu).

Terkahir, adalah kualitas gambar produk. Persiapkan gambar produk yang bagus untuk mengisi setiap postingan di toko online. Hal ini bisa sambil berjalan. Alangkah baiknya, saat membuat toko online dengan blogspot kamu telah menyediakan satu produk untuk di-posting.

Membuat toko online dengan blogspot tidak hanya sebatas memposting produk saja. Kalau bisa, kamu juga menulis guna mendatangkan trafik secara organik. Hal ini akan membuat toko online kamu bagus di mata Google.

Cara Membuat Toko Online Gratis dengan Blogspot

Setelah mempersiapkan semuanya, kamu tinggal membuka situs blogger.com untuk memulai membuat toko online.

Berikut panduan membuat toko online dengan blogspot.

  • Pada tahap pembuatan, Anda buka browser untuk mengakses layanan blogger milik Google dengan mengunjungi alamat blogger.com pada browser. Selanjutnya, masukan alamat gmail dan password dan klik masuk.
  • Pilih Blog Baru yang berada pada dashboard blogger sebelah kiri atas, masukan judul toko online dan alamat toko online dan klik tab Buat Blog di bagian bawah, maka toko online Anda sudah berhasil dibuat dengan blogspot.
  • Dalam tahap instalasi template, maka pilih menu Template yang terletak pada menu dashboard blogspot dibagian kiri guna memulai proses instalasi template.
  • Pilih menu Cadangkan atau Pulihkan yang terletak di dashboard bagian kanan atas.
  • Setelah jendela menu Upload dan Restore muncul, klik Choose file (pilih file) lalu pilih template yang akan diinstal yang tersimpan pada disk drive komputer.
  • Selanjutnya klik Open untuk memulai proses upload template toko online. Setelah proses upload selesai, tampilan toko online secara otomatis akan berubah tampilan sesuai dengan template yang dipilih.
  • Selesai

Perlu diketahui, untuk melakukan posting produk bergantung template blogspot apa yang kamu gunakan. Umumunya, cara memposting produk di blog sama dengan posting artikel. Letak perbedaannya ada pada kolom “compose” untuk posting artikel dan “HTML” untuk posting produk.

Kamu dapat memulai membuat toko online dengan modal minim dengan platform blogger, meski satu sisi kamu harus dituntut kreatif dalam berbagai hal.

Itu tadi cara membuat toko online gratis dengan Blogspot. Walau njlimet dan lumayan rumit bagi pemula, dengan membuat toko online dengan Blogspot dapat menarik konsumen secara efisien dan efektif.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *