KAWULA ID – Kebutuhan membuat poster hemat energi kini tak hanya untuk tugas sekolah atau keperluan lembaga, tapi juga mampu menjadi media promosi demi meningkatkan citra perusahaan. Ikuti cara membuat poster hemat energi yang mudah lewat artikel ini!
Seperti yang diketahui, poster adalah media promosi publikasi untuk keperluan informasi, promosi, hingga penyuluhan masyarakat. Fungsi poster antara lain mengajak audiens bertindak sesuai pesan yang terkandung dalam media tersebut.
Bila dihubungkan dengan definisi utamanya, maka poster hemat energi adalah poster berisi informasi dan penyuluhan tentang pentingnya menghemat sumber energi seperti listrik, gas, minyak, dan lain-lain demi meminimalisir dampak negatif pada lingkungan.
Bisakah Anda sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster hemat energi? Poster harus mencakup desain, isi, dan pemilihan media penyebaran. Setelah memahami tiga hal itu, Anda tinggal menerapkan cara membuat poster hemat energi yang baik dan benar.
Adanya eflyer hemat energi dalam sebuah perusahaan, mampu memberikan dampak positif demi menciptakan lingkungan sehat khususnya untuk meningkatkan citra. Anda bisa melihat contoh membuat selebaran tentang hemat energi yang tersebar di sejumlah situs internet.
Lantas, bagaimana cara membuat poster hemat energi secara efektif untuk meningkatkan citra perusahaan? Catat langkah-langkahnya sebagai berikut.
8 Cara Membuat Poster Hemat Energi untuk Perusahaan
1. Pilih Aplikasi Desain Terbaik
Seiring perkembangan zaman, Anda kini bisa memilih aplikasi desain yang dirasa paling sesuai untuk membuat poster hemat energi. Sebagai contoh, membuat poster hemat energi Canva adalah platform yang sering direkomendasikan orang-orang saat ini.
Tersedia contoh template poster hemat energi dan berbagai elemen desain yang bisa Anda optimalkan secara gratis. Pustaka Canva turut menyediakan gambar serta foto yang dirasa ideal dengan tema utama tersebut.
2. Menentukan Ukuran
Ingatlah ukuran kasar sebelum mulai mendesain. Pertimbangkan pesan yang Anda maksudkan dan ruang di mana Anda akan menampilkan poster untuk menentukan ukuran yang tepat.
Ukuran eflyer hemat energi dapat berkisar antara kertas A4, A3, atau lebih besar lagi berdasarkan kebutuhan. Pastikan desain poster dapat dilihat jelas oleh audiens dalam jarak 30 cm hingga 1 meter.
Anda juga bisa membuat eflyer online. Sebagai catatan, sesuaikan ukuran eflyer online tersebut dengan platform yang hendak digunakan untuk menyebar poster, semisal e-mail atau media sosial seperi Facebook, Twitter, dan Instagram.
3. Pertimbangkan Media Pemasangan
Apakah poster hemat energi akan digantung di papan informasi kantor? Atau, Anda ingin menghemat biaya dengan menyebarkan di media sosial? Sesuai penjelasan sebelumnya, Anda harus memikirkan media penempatan eflyer hemat energi tersebut.
Mintalah izin pada petugas setempat agar selebaran tidak dicabut sebelum waktu ideal berakhir. Jika ingin dicetak, pastikan jumlahnya proporsional alias tidak kelebihan atau kekurangan.
Satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan adalah mencari letak paling strategis untuk menempel poster. Jika ingin dicetak, pastikan tempatnya sering dilalui orang. Namun jika ingin disebar via online, unggah gambar poster pada momen prime time seperti sore atau menjelang malam.
4. Tonjolkan Pesan Utama
Apa hal utama yang ingin Anda sampaikan pada audiens lewat poster hemat energi? Apakah tentang menghemat listrik? Atau, Anda ingin mengajak masyarakat untuk meminimalisir penggunaan kendaraan demi mengurangi polusi udara?
Apapun itu, tonjolkan pesan utama tentang hemat energi pada eflyer tersebut. Semakin umum dan luas pesannya, semakin tergugah pula klien dan mitra perusahaan di luar sana.
Eflyer yang baik harus mampu menggugah pembaca dalam artian mengajak bertindak. Sambil memikirkan pesan, tinjau kembali situs web perusahaan Anda, lihatlah profil serta nilai-nilai perusahaan yang diusung, lalu berikan informasi yang perlu ditindaklanjuti oleh pelanggan.
6. Ciptakan Desain Paling Menarik Pandangan
Gunakan semburat warna atau visual menarik yang akan menghentikan orang untuk menatap eflyer hemat energi tersebut. Ini sangat penting agar pesan dalam eflyer Anda disimak baik-baik oleh audiens.
Tampilkan desain dalam resolusi tinggi agar tidak pecah. Pastikan pula untuk memasukkan logo perusahaan agar orang-orang tahu dari mana eflyer tersebut berasal. Jangan lupa untuk review setiap desain yang Anda sudah buat.
7. Teks Harus Bisa Dibaca dari Kejauhan
Buat teks tetap besar dan hindari font mewah sehingga semua orang dapat dengan mudah melihat apa yang tertulis dalam eflyer. Perhatikan pula kontras antara gambar, latar belakang, dan tekd.
Jika warnanya terlalu mirip, pesan akan hilang. Untuk latar belakang yang lebih gelap, gunakan teks putih tebal. Jadikan pesan Anda muncul di latar belakang yang lebih terang dengan warna hitam pekat atau warna menonjol seperti merah, biru tua, atau hijau tua.
8. Periksa Kembali Desain yang Telah Dibuat
Setelah Anda membuat eflyer yang sempurna, periksa kembali setiap aspek dan perbaiki jika ada kesalahan. Mintalah atasan atau rekan kerja agar mengoreksi desain eflyer hemat energi Anda untuk memastikannya sesuai dengan merek.
Eflyer yang baik adalah yang mampu mengemas desain dan teks dengan kesalahan minim. Jangan sampai audiens hilang minat saat mendapati ada typo dalam penulisan hingga kombinasi desain yang tidak ideal.
Handal dalam membuat poster juga adalah salah satu satu investasi jangka panjang yang akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan citra perusahaan di masa depan.
Itulah tadi cara membuat poster hemat energi untuk meningkatkan citra perusahaan. Terapkan langkah-langkah di atas dengan baik agar tujuan utama Anda dapat tercapai.
Selamat mencoba!