7 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

  • 2 min read
  • Sep 17, 2020

Kantung mata memang bukan masalah serius yang harus ditakutkan. Hanya saja, keberadaan kantung mata menjadi gangguan untuk mendapatkan penampilan yang fresh dan segar.

Memiliki kantung mata akan membuat seseorang terlihat tidak bersemangat. Alahasil meluncurlah beragam pertanyaan dari orang-orang sekitar seperti “kurang tidur, ya?”.

Akan tetaapi, di zaman serba canggih ini, urusan kantung mata bisa teratasi dengan mudah. Banyak cara yang bisa dilakukan agar kantung mata atau yang biasa dikenal dengan “mata panda” bisa segera hilang. Salah satunya mungkin dengan menggunakan eye cream yang beredar luas di pasaran.

Selain menggunakan eye cream, ada baiknya mengenali penyebab kantung mata (mata panda) terlebih dahulu.

Dokter estetika di salah satu klinik kecantikan di Jakarta, dr. Oktri Zulmeidi mengatakan mata panda atau kantung mata biasanya dikaitkan dengan kualitas tidur yang dimiliki seseorang. Memiliki kebiasaan tidur larut malam adalah pemicu utama timbulnya mata panda.

“Kurangnya istirahat malam bisa menyebabkan pembuluh darah di bawah mata melebar dan menyebabkan kantung mata terlihat,” katanya kepada Kawula.

Penyebab lainnya, lanjut dr. Oktri, adalah rhinitis alergi. Hal ini biasa disertai dengan bersin yang akhirnya menimbulkan kantung mata dan lingkaran hitam. Kemudian, kantung mata juga dapat timbul karena adanya penuaan yang diakibatkan otot dan struktur jaringan menjadi kendur.

Selain itu, menurut dr. Oktri timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam pada mata juga bisa timbul lewat kebiasaan-kebiasaan seperti merokok, sering menangis dan mengkonsumsi kafein.

“Kenapa kafein? Karena kafein bisa membuat seseorang sulit tidur. Jadi lama kelamaan bisa timbul kantung mata,” ujarnya.

Nah, berikut  cara menghilangkan kantung mata membandel dan lingkaran hitam pada mata. Yuk simak!

  1. Istirahat yang Cukup. Jika tidak ingin memiliki kantung mata, pastikan anda memiliki jam tidur yang cukup minimal 8 jam sehari.
  2. Minum cukup air putih 2 liter per hari
  3. Bantu dengan mengompres mata secara rutin
  4. Gunakan eye cream secara rutin.. Untuk memastikan eye cream di pasaran aman atau tidaknya tentu harus diuji kandungannya terlebih dahulu. Untuk lebih gampangnya, silakan langsung tanya ke dokter saja.
  5. Berkonsultasilah dengan dokter kecantikan agar bisa melakukan tindakan laser resurfacing untuk menyamarkan warna gelap di sekitar mata.
  6. Melakukan derma filler dengan mengisi asam hialuronat di atas tulang rongga mata.
  7. Jika diperlukan, lakukan prosedur operasi blefaroplasti. Akan tetapi, hal ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bedah plastik.

“Untuk menghilangkan kantung mata memang sebaiknya tetap menjaga pola tidur. Lagi pula kurang tidur atau istirahat gak baik bagi kesehatan, dan juga kecatikan,” jelasnya.

Nah, itulah beberapa informasi dari dr. Oktri perihal kantung mata atau mata panda. Sebelum mencoba tindakan operasi atau menggunakan eye cream yang beredar luas di pasaran, ada baiknya memperhatikan pola tidur terlebih dahulu. Kurangi mengonsumsi kafein dan banyak minum air putih. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia