Cara Mudah Diterima Program Kartu Prakerja

  • Whatsapp
program kartu prakerja

Program Kartu Prakerja menyisakan tiga gelombang lagi. Pemerintah menargetkan seluruh kuota untuk penerima program Prakerja ini sebanyak 5,6 juta. Dengan kata lain, dari gelombang pertama hingga gelombang tujuh, kuota program kartu Prakerja saat ini mencapai 3,8 juta.

Jadi, kuota penerima program kartu Prakerja  masih tersisa 1,8 juta lagi. Artinya, jika pemerintah konsisten dengan 800.000 ribu untuk gelombang berikutnya, masih ada kesempatan bagi orang-orang yang belum berhasil diterima program kartu Prakerja ini.

Bacaan Lainnya

Setelah pendaftaran program kartu Prakerja resmi ditutup Senin (7/9/2020) lalu, Pemerintah saat ini akan bersiap untuk membuka kartu prakerja gelombang 8 (delapan). Namun, Pemerintah belum bisa memastikan kapan waktu pendaftaran program kartu Prakerja gelombang 8 dibuka.

Oleh karena itu, apabila kamu telah mendaftar pada gelombang sebelumnya, tetapi belum diterima dalam program ini, jangan berkecil hati dulu. Ada baiknya, rajin-rajin melakukan pengecekan ke akun prakerja yang telah kamu daftarkan sebelumnya, supaya kamu bisa memilih bergabung lebih cepat, dengan harapan akan lebih cepat dievaluasi sekaligus diseleksi oleh pihak yang berwenang.

Cara Mudah Diterima Program Kartu Prakerja

Sebagaimana diketahui, Kartu Prakerja merupakan program yang digagas oleh pemerintah untuk membantu masyarakat Indonesia dalam hal pengembangan diri dengan cara memberikan bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang telah terkena Putus Hubungan Kerja (PHK), dan berlaku bagi pekerja yang memerlukan peningkatan kompetensi.

Sejauh ini, masih banyak keluhan tentang sulitnya diterima menerima bantuan dari program kartu Prakerja tersebut. Oleh karena itu, supaya bisa lulus dan diterima program kartu Prakerja ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon penerima bantuan Prakerja, berikut di antaranya:

  • Pastikan saat mendaftar kartu Prakerja, Anda memilki email dan nomor telepon yang sama
  • Pastikan nomor kartu tanda penduduk (KTP) dan nomor induk keluarga (NIK) sesuai atau cocok.
  • Pastikan sebelum mendaftar Prakerja, nomor rekening atau e-wallet telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.
  • Upayakan saat mengisi jawaban dari soal tes motivasi yang diberikan saat pendaftaran dijawab dengan benar.
  • Soal tanggungan keluarga yang diminta diisi, sebaiknya diisi sesuai keadaan sebenarnya. Misal, tanggungan saat ini 1 (satu), maka pilih satu sebagai jawaban Anda.

Selain lima poin di atas, ada syarat dan tata cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pendaftaran program kartu Prakerja gelombang 8, 9, dan seterusnya hingga mencapai kuota yang telah ditargetkan oleh pemerintah.

Cara Mendaftar 

Adapun cara daftar kartu prakerja, terlebih dahulu harus memenuhi syarat-syaratnya. Berikut cara daftar kartu prakerja.

  • Peserta yang ingin melakukan pendaftaran program Prakerja dapat mengakses laman resmi Prakerja: prakerja.go.id
  • Selanjutnya masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi
  • Cek e-mail dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk konfirmasi akun e-mail.
  • Setelah itu, kembali lagi ke situs Prakerja.
  • Masuk ke akun dengan alamat e-mail serta kata sandi yang baru dibuat.
  • Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir.
  • Isi data diri pada form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan swafoto dengan KTP).
  • Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  • Ikuti tes motivasi selama 1 menit.
  • Tunggu e-mail pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan.
  • Jika sudah mendapatkan e-mail pemberitahuan kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Adapun agar lolos seleksi pendaftaran, calon peserta harus memperhatikan kembali syarat-syarat yang diperlukan.

Syarat peserta yang bisa mendaftarkan Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun, peserta tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Selain itu, keuntungan yang didapatkan peserta pengikut program Prakerja pada tahap akhir akan diberikan sejumlah insentif. Insentif tersebut diterima setelah menyelesaikan pelatihan program Prakerja.

Terdapat dua jenis insentif, pertama insentif sebesar Rp600.000 yang akan diberikan setiap bulan. Insentif tersebut diberikan selama 4 bulan. Kedua, insentif survei senilai Rp50.000. Selain itu, survei akan diadakan 3 kali.

Kedua insentif tersebut akan diterima peserta di samping saldo pelatihan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk bisa memperoleh insentif peserta harus menyelesaikan sejumlah pelatihan prakerja yang dibuktikan dengan penerimaan sertifikat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *