7 Cara Ampuh Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

  • 4 min read
  • Jul 28, 2020

Mendapatkan pekerjaan impian setelah lulus kuliah bukanlah perkara mudah. Kendala utama bagi fresh graduate dapat dilihat dari minimnya pengalaman kerja. Selain itu, perusahaan biasanya lebih mencari karyawan yang lebih berpengalaman di bidangnya.

Namun, fresh graduate tak perlu terlalu khawatir akan hal itu. Sebab, ada juga perusahaan yang memerlukan wajah baru dan pemikiran baru untuk bekerja di perusahaan mereka. Hal itu dapat dilihat dari informasi lowongan kerja yang bertaburan di internet.

Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan segera mungkin, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menyebar Curriculum Vitae (CV) ke berbagai perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Namun, itu saja belum cukup. Pasalnya, Anda tidak sendirian dalam hal ini. Banyak pencari kerja (jobseeker) melakukan hal sama seperti yang Anda lakukan.

Jadi, jika Anda baru saja lulus sekolah atau kuliah, dan ingin mendapatkan pekerjaan impian segera mungkin, sebaiknya simak tips di bawah ini.

Memperluas Koneksi

Memperluas Koneksi adalah hal yang paling utama jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Sekolah atau kuliah bukan tempat menimba ilmu semata. Di luar itu, Anda bisa mencari sekaligus menjalin relasi sebanyak mungkin.

Menjalin relasi di sini bisa dimulai dengan kakak tingkat, atau teman di luar universitas Anda. Efeknya adalah ketika mereka bekerja dan mendapatkan posisi yang bagus, Anda bisa kecipratan. Paling tidak, informasi lowongan pekerjaan sampai lebih cepat kepada Anda.

Oleh karena itu memperluas koneksi dan membangun relasi dari dini (masa kuliah) menjadi poin utama dalam mendapatkan pekerjaan segera mungkin. Jagalah hubungan baik dengan rekan-rekan Anda.

Upgrade Skill

Upgrade Skill (meningkatkan pengetahuan dan keterampilan) adalah kewajiban bagi jobseeker (pencari kerja). Dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan boleh dibilang salah satu poin yang krusial. Mulailah mengasah kepekaan sosial, kemampuan berbicara di depan banyak orang, bekerja secara individu atau tim hingga mampu mengatur waktu sebaik mungkin.

Hal yang disebutkan di atas, sejati adalah skill dasar yang harus dimilki setiap orang saat mencari pekerjaan. Orang yang paling tahu tentang hal ini adalah HRD, saat Anda melakukan wawancara kerja.

Selain skill dasar, Anda juga perlu mengasah keterampilan tambahan sesuai jurusan. Sebagai contoh, saat Anda ingin menjadi jurnalis atau content writer, hal yang paling menarik minat HRD tentunya kemampuan Anda di bidang tulis menulis.

Daftarkan Diri ke Situs Lowongan Kerja

Kemudahan mengakses informasi saat ini menjadi nilai tambah bagi para jobseeker. Pasalnya, kini telah banyak situs lowongan pekerjaan yang dapat diakses melalui gawai. Artinya, para pencari kerja tidak perlu repot datang ke kantor untuk menaruh lamaran kerja mereka.

Kehadiran situs-situs tersebut membuka peluang bagi para jobseeker untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu, jobseeker bisa mendaftarkan diri mereka ke situs lowongan pekerjaan tersebut.

Beberapa situs lowongan kerja yang bisa kamu manfaatkan di antaranya Jooble, Qerja, Urbanhire, Loker, Karir, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan LinkedIn guna memudahkan HR dalam menemukan diri Anda. Anda juga bisa membaca tips cara tepat mendapatkan pekerjaan di LinkedIn.

Gencar Masukkan Lamaran Kerja

Cara cepat dapat kerja setelah lulus kuliah juga bisa dilakukan dengan terus memasukkan lamaran pekerjaan. Anda bisa melakukan apply job sebanyak mungkin agar harapan Anda cepat mendapatkan pekerjaan segera terealisasi.

Sejauh ini, masih banyak para pencari kerja yang menganggap dengan memasukkan satu lamaran kerja sudah cukup. Kekeliruan dalam berpikir seperti ini lah yang pada akhirnya akan membuat Anda semakin lama mendapatkan pekerjaan.

Mulai kini, ubahlah cara berpikir Anda jika ingin mendapatkan pekerjaan secepat mungkin. Gencar melakukan apply job adalah cara terbaik untuk Anda mendapatkan pekerjaan. Yakinlah bahwa setiap usaha yang Anda lakukan tidak akan berakhir sia-sia.

Mengikuti Job Fair di Kampus

Mengikuti event job fair tentu akan lebih memudahkan jobseeker mendapat pekerjaan. Tak sedikit yang berasumsi dengan ikut job fair peluang mendapatkan pekerjaan lebih terbuka lebar.

Nah, yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini adalah penyelenggaraan job fair tersebut. Sebaiknya, Anda mengikuti job fair yang digelar di kampus-kampus. Sebab perusahaan-perusahaan yang ikutan job fair di kampus menerima banyak fresh graduate.

Informasi tentang job fair ini tidak serta merta langsung datang kepada Anda. Untuk memdapatkan informasi itu, Anda juga harus aktif mencari informasinya.

Buat CV yang Unik dan Jelas

Curriculum Vitae (CV) sangat berpengaruh dalam hal mendapatkan pekerjaan. Banyak yang tak menyadari, lantaran CV seadanya menggagalkan jobseeker mendapatkan pekerjaan impian mereka.

Oleh karena itu, buatlah CV Anda seunik mungkin, dan bubuhkan informasi yang valid di dalam CV tersebut. Anda bisa membuat CV semenarik mungkin dengan memanfaatkan template yang bisa didapat melalui internet.

Sebagai gambaran, berikut hal wajib diperlukan untuk membuat CV yang baik dan benar.

  • Data pribadi meliputi nama lengkap, alamat domisili, alamat email, hingga nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi.
  • Deskripsi soal dirimu yang singkat, padat, dan menarik
  • Pendidikan terakhirmu
  • Pelatihan yang sudah Anda ikuti
  • Pengalaman kerja, misalnya menjadi volunteer atau freelance bagi Anda yang baru saja lulus
  • Keahlian yang Anda punya, tulis semuanya dengan rinci
  • Prestasi
  • Pengalaman organisasi
  • Agar CV bisa dilirik oleh recruiter, Anda juga perlu memperhatikan penampilan CV itu sendiri. Pastikan bahwa desain CV Anda juga eye-catching (enak dipandang mata).

Berikut cara mendesain CV agar dilirik oleh recruiter.

  • Template usahakan yang minimalis saja, tidak perlu dengan desain aneh-aneh yang malah membuat recruiter pusing membacanya
  • Pastikan menggunakan huruf standar saja, misal arial atau montserrat. Gak perlu menggunakan huruf latin atau kekinian
  • Ukuran huruf juga harus jelas, upayakan tidak terlalu kecil atau terlalu besar
  • Pastikan menggunakan warna-warna pastel saja, jangan terlalu mencolok mata.
  • Lalu, pastikan bahwa CV yang Anda buat maksimal 2 lembar saja, lebih baik lagi jika CV itu hanya 1 lembar. Hal ini memudahkan recruiter untuk melakukan screening CV Anda. Jika terlalu banyak dan bertele-tele, tentu akan membuat recruiter melewatkan CV Anda.

Rangkai Kalimat yang Bikin Perusahaan Tertarik

Saat melamar pekerjaan secara online, tentu Anda tidak akan jauh-jauh dari yang namanya surel (surat elektronik). Buatlah kata pengantar sebagus mungkin di badan surel agar recruiter tidak segan-segan memilih Anda untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Anda bisa memulai menulis kata pengantar yang bagus di badan email. Misalnya, “Saya ingin membantu perusahaan Bapak/Ibu dengan skill yang saya miliki”. Bisa Anda bayangkan, bukan? Kalimat itu mengandung aura positif yang menerangkan bahwa Anda sedang menawarkan bantuan untuk kesuksesan perusahaan.

Itu lah tips mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Semoga dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian Anda.