Cara Tepat Mendapatkan Pekerjaan di LinkedIn

  • 5 min read
  • Jul 24, 2020
Cara dapat kerja di Linkedin

Mendapatkan pekerjaan impian melalui platform LinkedIn bukanlah sesuatu yang baru di era digital sekarang ini. Meski kita tahu, LinkedIn tidak sendirian soal informasi lowongan kerja.

Sejak diluncurkan ke publik 5 Mei 2003 silam, LinkedIn masih gagah berdiri sebagai platform lowongan kerja paling fenomenal. Februari 2012, tercatat 161 juta pengguna telah bergabung ke LinkedIn. Terbaru, statista.com melaporkan LinkedIn memiliki 260 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Dari data tersebut, kita bisa berasumsi bahwa LinkedIn masih yang terbaik sebagai platform informasi lowongan kerja. Namun, kini LinkedIn tak sebatas tentang lowongan pekerjaan saja. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan oleh kita selaku pengguna LinkedIn.

Oleh karena itu, sebelum masuk ke ranah fungsi dan manfaat LinkedIn, ada baiknya kita juga mengenal apa itu LinkedIn.

Apa Itu LinkedIn?

Asumsi orang-orang tentang LinkedIn sebagai tempat mencari lowongan pekerjaan tidak salah sama sekali. Sebab, sebagai salah satu jejaring media sosial, LinkedIn dibangun sebagai komunitas bisnis.

Hal itu dapat kita lihat dari tujuan didirikannya LinkedIn, yaitu membuka kemungkinan pengguna terdaftar membangun serta mengabadikan koneksi orang-orang yang sudah dikenal dan dipercaya secara profesional.

Pengguna terdaftar bisa memanfaatkan fitur profil sebagai sarana untuk menunjukkan diri melalui riwayat pendidikan, pekerjaan, dan keterampilan. Dengan kata lain, Anda bisa mengisi hal-hal yang dianggap perlu di halaman profil penggunaan dengan mudah.

Selain itu, Anda bisa menambahkan beberapa kategori lain, atau pun membuat deskripsi jobdesk dari pekerjaan yang pernah Anda jalani, atau yang Anda jalani saat ini. Hal ini menjadi faktor penunjang sekaligus berguna bagi para perekrut untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang Anda miliki.

Cara membuat akun LinkedIn sangat mudah sekali. Anda hanya perlu mendaftarkan diri di situs LinkedIn atau dengan memanfaatkan aplikasi LinkedIn di gawai cerdas Anda. Akan tetapi, jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Anda bisa berlangganan secara premium.

Manfaat LinkedIn

Banyak orang yang belum menyadari manfaat LinkedIn. Berikut manfaat LinkedIn yang bisa Anda peroleh sebagai pengguna.

Membuat Profil yang Profesional

Anda bisa memulainya dengan mengisi secara lengkap halaman profil. Dimulai dengan mengisi data diri, foto, riwayat pendidikan, pekerjaan, keterampilan hingga melampirkan daftar riwayat hidup.

Dengan demikian, Anda akan mendapat kesan awal yang baik dengan para profesional yang ada di LinkedIn. Sebab, kesan pertama itu adalah tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena imbasnya akan menentukan bagaimana perjalanan karier Anda ke depannya.

Memperluas Jaringan

Manfaat LinkedIn yang berikutnya, yaitu memperluas jaringan. LinkedIn memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan banyak orang di seluruh dunia.

Oleh karena itu, poin pertama di atas menjadi penting. Membuat profil yang profesional bisa menambah koneksi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan dan ketertarikan di bidang kerja yang sama.

Mendapatkan Informasi Terbaru Lowongan Kerja

Anda juga bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai lowongan pekerjaan di LinkedIn. Di LinkedIn, khususnya pada halaman utama, banyak orang yang memberikan informasi tentang suatu hal. Boleh jadi, informasi itu tidak ada kaitannya dengan keilmuan yang Anda miliki.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk menambah ilmu dan wawasan untuk mengembangkan diri menjadi orang yang lebih baik lagi ketika bekerja.

Mempermudah Mencari dan Melamar Pekerjaan

Manfaat LinkedIn lainnya adalah memudahkan dalam mencari dan melamar pekerjaan. Di LinkedIn, ada fitur search jobs yang bisa digunakan dengan mudah.

Hanya dalam sekali klik, Anda bisa langsung menemukan sederet lowongan pekerjaan. Mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar dan ternama. Bagaimana, tidak sesukar yang dibayangkan, bukan?

Kini Anda tidak perlu lagi membuang-buang waktu, tenaga serta biaya yang besar untuk melamar kerja. Karena, lamaran Anda langsung tersambung dengan akun LinkedIn yang sudah Anda lengkapi sebelumnya.

Peluang Direkrut Perusahaan

Sebagian besar pengguna LinkedIn adalah perusahaan-perusahaan eksekutif besar. Mereka memanfaatkan LinkedIn sebagai sarana untuk mencari calon karyawan yang cocok dengan kriteria perusahaan mereka.

Oleh karena itu, ada baiknya selalu memperbarui data profesional pada akun LinkedIn Anda. LinkedIn memberi kemudahan bagi penggunanya untuk mengetahui data profesional seseorang, membuat para eksekutif memanfaatkan hal ini sebagai sarana untuk merekrut seseorang.

Menjalin Hubungan dengan Teman Lama

LinkedIn juga berguna untuk menjalin kembali hubungan dengan teman lama. Dalam konteks ini, LinkedIn tidak ubahnya dengan platform media sosial yang lain. Anda bisa menemukan teman lama yang berkemungkinan bisa diajak bekerja sama.

Logikanya, manusia cenderung lebih percaya kepada orang-orang yang sudah dikenal sebelumnya. Tidak hanya didasarkan pada rasa percaya yang tinggi, tetapi menjalin kerja sama dengan orang yang dikenal sejak lama akan memberikan hasil yang maksimal.

Mafaat LinkedIn selajutnya, Anda bisa menunjukkan keahlian. Salah satu caranya adalah menggunakan fitur chat. Di mana, Anda bisa melakukan komunikasi dengan orang lain.

Anda bisa menunjukkan keahlian ketika mendapat pertanyaan terbuka dari orang lain. Sebab, cara Anda menjawab pertanyaan dapat membuat citra Anda menjadi lebih baik.

Cara Mendapatkan Kerja Lewat LinkedIn

Setelah mengetahui definisi LinkedIn dan manfaat membuat akun LinkedIn, kini mari kita masuk lebih jauh mengenai LinkedIn, khususnya cara mendapatkan pekerjaan di LinkedIn dengan mudah.

Memilih Bidang yang akan Ditekuni

Cara mendapatkan kerja lewat LinkedIn yang pertama adalah memilih bidang pekerjaan yang ingin ditekuni. Beberapa bidang pekerjaan tersebut di antaranya seperti marketing, desain, finance, dan pekerjaan lain yang Anda inginkan.

Anda dapat dengan mudah mengisi profil LinkedIn yang nantinya akan menghubungkan dengan recruiter di perusahaan yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda selaku pencari kerja.

Mengubah Headline

Cara mendapatkan kerja lewat LinkedIn selanjutnya adalah mengubah headline. Hal ini menjadi salah satu bagian yang harus kamu perhatikan.

Headline atau jabatan yang tertera di bagian bawah nama mu nantinya akan membuat mu mudah diidentifikasi oleh para recruiter. Maka dari itu, kamu perlu mengisinya sesuai dengan posisi yang kamu incar atau pun yang sedang kamu jabat saat ini.

Membuat Elevator Pitch

Berikutnya adalah membuat elevator pitch. Sejatinya, elevator pitch merupakan rangkuman yang berisi pengalaman dan latar belakang Anda. Adanya elevator pitch bertujuan untuk mempersuasi seseorang, dalam hal ini adalah recruiter.

Untuk membuat elevator pitch sangat mudah, Anda bisa mengisinya di kolom bagian Summary profil. Ada tiga pertanyaan yang bisa dijadikan panduan dalam membuat elevator pitch, di antaranya yaitu:

  • Apa saja value yang bisa kamu berikan untuk perusahaan?
  • Apa yang membuatmu berbeda?
  • Menuliskan kata kunci yang relevan agar profilmu mudah ditemui recruiter

Mencantumkan Portfolio dan Website

Cara mendapatkan kerja lewat LinkedIn sekanjutnya, yaitu dengan mencantumkan portofolio ataupun website di profil Anda. Hal ini dipercaya akan menjadi salah satu daya tarik dan nilai lebih yang akan dilihat oleh recruiter.

Memiliki Profil dan Info yang Kosisten

Sebaiknya isi profil LinkedIn Anda dengan informasi yang konsisten. Sebab, recruiter dapat mendeteksi kebohongan yang ada di Curriculum Vitae (CV) Anda.

Pastikan semua informasi yang diisi atu ditulis pada profil merupakan informasi yang jelas dan benar adanya. Tidak hanya di LinkedIn, tetapi juga di media sosial atau pun situs portfolio yang lainnya.

Mengumpulkan Endorsement

Mengumpulkan endorsement menjadi salah satu cara mendapatkan kerja lewat LinkedIn yang bisa Anda lakukan. Anda bisa meminta endorsement skill yang relevan kepada teman, atasan bahkan klien Anda.

Jika itu ada, para perekrut akan merasa yakin dengan kemampuan yang Anda miliki. Baik itu kemampuan marketing, public speaking, manajemen, atau pun Microsoft Office.

Target Keyword yang Relevan

Menargetkan keyword (kata kunci) tidak hanya terjadi untuk website atau blog saja. Di LinkedIn, jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan, Anda mesti jeli dalam membidik kata kunci. Hal ini berguna untuk Anda dan memudahkan recruiter menemukan Anda untuk posisi yang sesuai.

Selain itu, sebaiknya Anda juga menuliskan kata kunci yang sesuai dengan bidang yang sedang digeluti saat ini.

Mengubah Pengaturan Profil

Pengaturan di LinkedIn tergolong fleksibel. Anda bisa memanfaatkan dan menggunakannya sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, bisa mengaktifkan pengaturan untuk memberi tahu para recruiter bahwa Anda terbuka dengan peluang pekerjaan baru.

Adapun cara mengaktifkan fitur ini, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Pilih Account > Settings & Privacy > Job Seeking Preferences

Rajin Memperbarui Profil

Seiring berjalannya waktu, maka hal yang perlu diperhatikan adalah memperbarui profil Anda di LinkedIn. Contoh, Anda mungkin memiliki pengalaman kerja, pelatihan, bahkan pencapaian yang baru didapatkan. Untuk itu, pastikan bahwa Anda selalu memperbarui profil di LinkedIn.

Kelebihan dan Kekurangan LinkedIn

Sebagai salah satu platform pencarian kerja, tentu LinkedIn memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk itu, di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan LinkedIn yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan LinkedIn

  • Meningkatkan profil SEO untuk bisnis kecil
  • Agartetap up-to-date terhadap tren di suatu industri
  • Usahajaringan yang hemat biaya jika menggunakan LinkedIn for Business
  • Mengetahui informasi secara spesifik tentang pelanggan atau pun segmen industri
  • Informasi perusahaan dapat diteliti hingga ke dasarnya.

Kekurangan LinkedIn

  • Mendapat banyak spam
  • Keahlian yang tercantum bukan jaminan seseorang ahli dalam suatu bidang
  • LinkedIn banyak digunakan untuk bisnis
  • Perlu investasi waktu yang besar di awal
  • Membutuhkan biaya yang mahal untuk merubah akun ke premium

Itulah beberapa informasi tentang LinkedIn yang bisa dijadikan acuan untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan baru. Paling tidak, Anda sudah mengetahui apa itu LinkedIn, mulai dari definisi, cara mendapatkan kerja lewat LinkedIn hingga kekurangan dan kelebihannya.

Bagaimana, platform yang satu ini sangat menjanjikan bukan?