Cara Daftar Google News Serta Manfaat yang Didapat

  • Whatsapp
daftar google news

Daftar Google News untuk blog merupakan cara terbaik untuk mendatangkan pengunjung organik, dan membantu meningkatkan penghasilan adsense.

Google News merupakan layanan dari Google yang memberikan informasi terkini dalam bentuk berita dari berbagai website di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Bacaan Lainnya

Google News tidak hanya bermanfaat bagi pembaca semata, tetapi juga menjadi andalan bagi pemilik website atau blog. Karena itulah setiap pemilik website menginginkan artikel mereka tampil di Google News.

Agar website bisa tampil di Google News, maka harus tahu dulu cara mendaftar Google News dengan benar, sehingga setiap artikel yang telah dibuat juga tampil di Google News, dan besar kemungkinan traffic organic akan meningkat.

Apa Itu Google News?

Secara umum, Google News sangat memudahkan pembaca dalam memperoleh informasi yang diinginkan, dan bisa diakses melalui gawai dan komputer. Hebatnya lagi, layanan Google News bisa dinikmati secara gratis. Bahkan saat ini satu juta pengguna telah mengunduh Google News di Play Store atau Google Play.

Bagi pengguna, Google News menjadi pilihan yang tepat dalam memperoleh informasi atau berita berdasarkan topik, lokasi, hingga sumber berita. Dengan kata lain, pengguna bisa mempersonalisasikan konten sesuai keinginan.

Perlu diketahui, layanan Google News diciptakan bukan hanya bagi pengguna saja. Bagi pemilik website, mendaftarkan website ke Google News adalah pilihan terbaik. Karena, ada keuntungan yang diperoleh jika artikel mendapatkan tempat di layanan Google satu ini.

Setiap bulan Google News mendapatkan kunjungan 494 juta dari seluruh dunia. Artinya, dampak postif  yang diberikan Google News untuk kepentingan website patut diperjuangkan.

Kenapa demikian? Pasalnya, Google News diciptakan bukan hanya untuk media berita online yang populer semata. Website berbasis Blogspot dan WordPress, juga bisa didaftarkan ke Google News.

Ringkasnya, tak menutup kemungkinan konten yang dipubilkasikan di website bisa menjadi berita utama (direkomendasikan) di Google News, jika itu memang layak dan menarik dipublikasikan oleh Google News.

Manfaat Daftar Google News

Banyak manfaat yang bisa diperoleh apabila blog didaftarkan ke Google News apabila sebuah website berhasil menjadi bagian dari layanan Google ini, seperti:

1. Masuk ke Halaman Mesin Pencari Lebih Mudah

Jika sudah berhasil mendaftarkan website ke Google News, tugas selanjutnya adalah membuat konten sebagus dan seunik mungkin. Dengan demikian, Google News dengan tak akan segan dan berbesar hati akan menjadikannya Berita Utama.

Artinya, konten atau berita yang telah dibuat barusan memang layak mendapatkan posisi teratas di mesin pencari Google. Google News termasuk salah satu jurus jitu untuk mendapatkan peluang masuk ke halaman pertama Google, tanpa harus melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization).

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung Organik

Kelebihan lain dari Google News, yaitu meningkatkan pengunjung organik. Semakin mudah orang-orang menemukan konten yang mereka cari di mesin telusur, termasuk konten yang telah kamu buat, maka semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan pengujung organik.

Adanya fitur personalized content punya pengaruh besar terhadap traffic yang berkualitas tinggi. Pengguna yang mengunjungi website kamu akan merasa senang bahwa topik yang kamu miliki relevan dengan apa yang mereka perlukan atau mereka cari.

3. Sebagai Media Branding yang Efektif

Jika wesbiet kamu menawarkan konten yang bagus, dampaknya akan sangat positif. Pengunjung akan sering datang ke website kamu lagi. Selain itu, ulasan-ulasan yang kamu bikin tentang topik tertentu,  website kamu akan dianggap ahli di bidang tersebut. Di sinilah letak kaitannya dengan membantu sekaligus membangun brand untuk website melalui Google News.

4. Berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink

Salah satu optimasi SEO Off Page, yaitu dengan mendapatkan backlink berkualitas. Sebagai blogger, tentu kamu mengetahui secara umum fungsi backlink dalam meningkatkan “kepercayaan” pengunjung terhadap sebuah situs.

Kredibilitas website itu bisa didapatkan dari Google News. Ketikan konten atauartikel kamu dijadikan rekomendasi oleh Google, maka konten tersebut juga dijadikan referensi bagi orang lain sebagai sumber tepercaya. Boleh jadi, salah satu sumber itu adalah konten atau artikel dari website kamu.

Semakin banyak backlink yang diperoleh, maka besar kepercayaan pengguna terhadap website kamu.

5. Alternatif Iklan Gratis

Kenapa Google News menjadi alternatif iklan gratis? Seperti yang telah disinggung di atas, Google News bisa meningkatkan branding secara efektif.

Jika kebetulan kamu ingin mengiklankan website kamu, itu bukanlah masalah besar selama kamu mampu memprosikan konten yang kamu buat dengan sejumlah biaya yang harus dikeluarkan.

Akan tetapi, jika ada cara meningkatkan branding tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun, kenapa tidak mencoba untuk menempuh jalan tersebut. Iya, kan?

Google News berpotensi mendatangkan organic traffic ke website kamu. Organic traffic merupakan kunjungan yang berasal dari mesin pencari dan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun untuk mendapatkannya.

Syarat Daftar Google Berita

Supaya kamu bisa mendapatkan semua manfaat Google News seperti yang telah diuraikan di atas, maka perlu untuk mendaftarkan website ke Google News terlebih dahulu.

Syarat mendaftarkan website ke Googel News sebenarnya cukup mudah. Berikut di antaranya:

1. Buat Website Berita

Banyak yang beranggapan, bahwa salah satu syarat untuk mendaftarkan website ke Google News adalah dengan membuat website berita. Namun, tak hanya website berita saja yang bisa daftar Google News. Blog biasa pun dengan subdomain bisa bergabung dalam layanan Google satu ini.

Tidak percaya? silakan ketik kata kunci: cara mendaftarkan blogspot ke Google News. Maka, kamu akan mendapatkan jawabannya.

Intinya adalah proses seleksi setelah mendaftar Google News akan dilakukan secara manual oleh pihak Google. Pihak Google lebih selektif dalam memastikan sebuah website atau blog sesuai dengan tujuan mereka, yaitu menyediakan berita terbaru dan penting.

Jadi, jangan pernah berhenti mencoba untuk mendaftarkan blog ke Google News, meskipun website kamu bukan website berita. Ringkasnya, buatlah konten yang berkualitas yang dibutuhkan dan dibaca oleh manusia.

2. Ciptakan Konten Berkualitas

Konten berkualitas merupakan kunci utama untuk mendapatkan peringkat teratas di halaman pertama mesin pencari. Hal ini juga berlaku jika kamu ingin mendaftarkan blog kamu ke Google News.

Apakah yang dimaksud dengan konten berkualitas itu untuk website?

  • Jangan menjiplak kontent orang lain
  • Upayakan fokus ke satu jenis konten saja. Misal:Konten bisnis.
  • Selalu berikan informasi baru (update)
  • Jangan buat konten yang dilarang oleh Google
  • Memperhartikan struktur blog.
  • Menggunakan permalink unik, dan tidak berubah
  • Tampilan website menarik, dan responsif
  • Buatlah navigasi yang memudahkan pengguna
  • Terangkan identitas website dengan baik

Poin-poin di atas, agaknya tidak perlu diterangkan lebih jauh. Karena saya berasumsi, pembaca sudah mengetahuinya secara umum.

Cara Daftar Google News

Setelah beberapa syarat di atas sudah Anda penuhi, langkah selanjutnya adalah mendaftar ke Google News.

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan:

1. Masuk dengan Akun Google

Silakan masuk ke publisher center google dengan melaukan login terlebih dahulu dengan menggunakan akun Gmail kamu.

2. Verifikasi Kepemilikan Website

Selajutnya, kamu perlu melakukan verifikasi website menggunakan Google Search Console (GSC). Sebab, Google News memiliki mesin crawler tersendiri, pastikan kamu mengisi dan menambhakan sitemap xml di wesbite atau blog. Hal ini bertujuan untuk Google News, yang selalu memperbarui perubahan yang terjadi di website.

3. Masuk ke Google News Publisher Center

Masuk ke publihser center google news, untuk mendaftarkan website. Ikuti langkah selanjutnya.

4. Menambahkan Wesbite/Blog

Silakan menambahkan blog Anda pada pilihan “Want to suggest a website for Google News? Click here.

5. Isi Informasi Blog

Beberapa informasi yang diperlukan diminta untuk proses kurasi oleh pihak Google. Silakan isi informasi yang diminta dengan benar.

General Information

  • About your news site: Detail informasi tentang blog berita yang didaftarkan

Site Information

  • Source URL: Alamat website.
  • Source Name: Nama website.
  • Site Language: Bahasa yang digunakan di website. Ingat, Google News tidak memperkenankan penggunaan lebih dari satu bahasa.
  • City, State/Province dan Region: Alamat lengkap.

Select All Categories that Apply to the Content of Your Site

  • Opinion content: Jika publikasi website tentang konten opini
  • User generated content: jika konten buatan pengguna telah melalui proses penyuntingan di blog
  • Blog: silakan centang opsi ini
  • Press release: Hal ini berlaku jika website kamu juga menerbitkan siaran pers
  • Satire: jika website bertema satire

News Section Information

  • URL: Nama domain maupun beberapa subdomain yang ingin ditambahkan
  • Labels: jenis konten yang ditampilkan

6. Selesai

Setelah data terisi dengan benar, klik Submit.

7. Menunggu Review Google News

Jika semua proses telah dilakukan dengan benar, makan proses terakhir adalah menunggu review dari Google News dengan rentang waktu review 1-3 minggu lamanya.

Jika proses dilakukan dengan baik dan benar, maka saya asumsikan blog atau website kamu bisa diterima Google News.

Kesimpulan

Itulah cara daftar Google News untuk website. Dibilang mudah, tidak juga. Karena kurasi dilkukan secara manual oleh pihak Google. Pada intinya, semua syarat dan manfaat telah diuraikan dengan gamblang di atas.

Tinggal kegigihan yang diperlukan untuk membuat konten berkualitas dan lain sebaginya agar diterima oleh Google News.

Jika konten website ditampilkan di Google News, peluang untuk menduduki posisi teratas di mesin pencari semakin terbuka. Tak sampai di situ, kamu tinggal menunggu waktu agak pengujung webiste ramai atau mengalami peningkatan.

Semoga artikel ini bisa membantumu. Selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *