Cara Bisnis Online dan Contoh Usaha Modal Kecil

  • Whatsapp
bisnis online

Bisnis online adalah sistem pemasaran secara digital yang menjangkau pengguna internet dalam mencari produk sesuai minat konsumen.

Menjalankan bisnis online merupakan sebuah upaya untuk menambah penghasilan. Meski punya minat yang besar terhadap bisnis, rupanya tak sedikit orang yang masih bingung untuk memulai sebuah bisnis.

Bacaan Lainnya

Keterbatasan modal selalu menjadi batu penghalang bagi seseorang untuk memulai bisnis. Padahal, tak selamanya bisnis membutuhkan modal besar. Banyak cara bisnis online berjalan dengan baik dengan modal kecil.

Nah, ketimbang bingung memikirkan ide bisnis apa yang cocok dengan modal minim, di bawah ini adalah contoh ide bisnis modal kecil yang bisa kamu tiru. Hanya dengan Rp500.000, kamu sudah bisa menjalankan bisnis kecil-kecilan.

Contoh Bisnis Online dengan Modal Kecil

Sebenarnya banyak ide bisnis online modal kecil yang bisa berjalan dengan baik tanpa mengeluarkan modal besar. Sebagai salah satu contoh, yaitu dengan menjadi affilate marketing, copywriter, selebgram, influencer, dan lain sebagainya.

Namun, bagi kamu yang masih ragu untuk berbisnis, atau sedang mencari ide bisnis yang tepat, berikut beberapa rekomendasi yang mungkin bisa dicoba.

1. Menyulap Barang Bekas

Menyulap barang bekas merupakan sebuah usaha kerjinan tangan yang bisa menambah penghasilan tambahan. Ide bisnis kerajinan barang bekas bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha.

Selain barang bekas mudah diperoleh, modal yang dikeluarkan pun tidak begitu besar. Manfaatkan koran bekas, botol plastik atau apa saja yang kira-kira dapat disulap menjadi sebuah kerajinan tangan yang bernilai dan bermutu.

Di sini, hal yang paling diutamakan adalah kreativitas seseorang. Banyak tutorial yang bertebaran di internet tentang cara memanfaatkan barang bekas untuk dijual kembali dengan harga yang menguntungkan.

Ada baiknya tidak menyepelekan ide bisnis satu ini. Sebab, permintaan kerajinan tangan yang ramah lingkungan semakin besar setiap harinya. Manfaatkan peluang usaha modal kecil ini untuk menambah penghasilan.

2. Kotak Sayuran Organik

Gaya hidup sehat yang mulai digandrungi warga perkotaan memunculkan tren makanan organik. Banyak orang pun memilih menanam sendiri makanannya seperti jamur atau sayur-sayuran.

Tanpa membutuhkan lahan yang luas dan dengan alat dan teknik yang tepat, seseorang bisa memiliki kebunnya sendiri. Tren ini diprediksi akan memiliki ceruk pasar yang besar seiring gaya hidup perkotaan yang berubah.

Jika Anda kreatif, jual media tanam plus bibit dan kemas dalam sebuah kotak. Bibitnya bisa jamur ataupun sayuran lain yang enak dan bermanfaat untuk dikonsumsi. Ide dasarnya, orang bisa berkebun jamur atau sayuran dan memanenya untuk konsumsi sendiri.

Modalnya pun sangat murah. Anda bisa membeli bibit dan sekam sebagai media tanamnya. Nah, mumpung pasarnya masih belum banyak dirambah pelaku usaha, sebaiknya mulailah merintis bisnis ini.

3. Bisnis Makanan

Permintaan makanan seperti cupcake dan kue-kue kecil tidak pernah ada matinya. Saat ini, untuk menjual makanan kamu tidak perlu sampai memiliki toko sendiri. Gunakan media sosial atau pajang daganganmu pada sejumlah marketplace untuk mendapatkan pelanggan.

Selain itu, modalnya tidak terlalu besar karena dapat memanfaatkan peralatan yang sudah tersedia di rumah. Tantangannya tinggal bagaimana kamu bisa membuat produk berkualitas.

Tidak perlu kursus yang membutuhkan biaya besar. Lagi-lagi cukup gunakan internet untuk mempelajari cara membuat makanan. Padukan dengan buku-buku atau majalah yang memberi informasi cara memasak.

4. Dropshipper

Inti kesuksesan bisnis ini adalah kemampuan kamu memasarkan dan menjual barang. Dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu memiliki barang yang hendak dijual. Selain modalnya minim, berperan sebagaimana dropshipper, Anda tidak perlu repot mengemas dan memaketkan barang yang akan dijual.

Semuanya dilakukan oleh produsen langsung atau pihak pertama. Pilih barang yang berkualitas dan banyak dibutuhkan orang seperti pakaian, sepatu, aksesoris atau tas sebagai produk jualan.

Selanjutnya, gunakan kekuatan internet untuk memasarkan secara online. Optimalkan modal non materi yang kamu punya seperti pertemanan yang luas untuk meningkatkan penjualan.

5. Layanan Cleaning Service

Kalau Anda punya banyak kenalan merek yang menganggur dan membutuhkan pekerjaan halal, ide satu ini bisa kamu pakai. Target pasarnya pun banyak mulai dari rumah tangga hingga penghuni kontrakan atau kost yang tidak sempat membersihkan kamarnya.

Cukup modal telepon dan alat kebersihan seperti sapu, alat pel, lap dan sabun. Anda bisa merintis bisnis jasa pembersih kamar ini. Agar jasa yang Anda tawarkan dikenal luas, tawarkan dulu pada teman atau kenalan dekat. Minta mereka untuk membuat testimoni di media sosial.

Itulah beberapa ide bisnis online yang bisa dijadikan acuan untuk Anda yang ingin memulai bisnis. Semoga bermanfaat ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Makasi Kak iddenya. Saya juga pernah denger soal affiliate marketing, kayaknya menarik juga ya Kak? Bahas dung kapan-kapan, makasi