Buah dan Sayuran Lezat Ini Bisa Cegah dan Bunuh Sel Kanker di Dalam Tubuh

Buah dan Sayuran Lezat Ini Bisa Cegah dan Bunuh Sel Kanker di Dalam Tubuh

kawula.id – Kanker sudah menjadi penyakit umum dalam kehidupan modern dan semua cara dilakukan untuk mengekang perkembangan penyakit satu ini. Konsumsi lebih banyak makanan olahan daripada yang organik menjadi salah satu penyebanya. Stres juga turut berkontribusi.

Selain itu, jarang mengonsumsi sayuran berdaun hijau, merokok, dan minum alkohol juga menjadi biang keladi perkembangan sel kanker. Untungnya, ada beberapa buah dan sayuran yang mampu mencegah dan membunuh sel-sel kanker.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa salah satu cara termudah dan paling efektif untuk meningkatkan kesehatan dan melindungi Anda dari kanker adalah dengan memerhatikan apa yang Anda makan. Beberapa makanan diketahui memiliki kemampuan untuk mencegah dan melawan kanker, termasuk buah dan sayuran berikut ini.

Wortel

Kandungan beta karoten dalam wortel tidak hanya bermanfaat untuk mata, tetapi dapat membantu mengurangi berbagai jenis kanker, termasuk paru-paru, mulut, tenggorokan, perut, usus, kandung kemih, prostat dan kanker payudara.

Brokoli, kubis dan kembang kol

Ketiganya mengandung indole-3 carbinol yang dapat melawan kanker payudara dengan mengubah estrogen menjadi varietas yang lebih protektif. Brokoli juga mengandung phytochemical sulforaphane, yang membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar dan kanker anus.

Jamur

Jamur dapat membantu tubuh melawan kanker dan membangun sistem kekebalan tubuh. Jamur mengandung polisakarida, yang merupakan senyawa kuat yang dapat membantu membangun kekebalan tubuh. Protein yang terkandung di dalam jamur yang disebut lektin, mampu menyerang sel kanker dan mencegahnya berkembang biak.

Ubi jalar

Ubi mengandung banyak sifat anti kanker, termasuk beta karoten, yang melindungi DNA dalam inti sel dari bahan kimia penyebab kanker di luar membran. Ubi mampu mencegah kanker payudara, kantong empedu, ginjal, leukemia, hati dan paru-paru.

Alpukat

Alpukat kaya akan glutathione, yaitu antioksidan kuat yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh dn mencegah kanker mulut dan payudara. Alpukat juga mengandung lebih banyak potasium dibanding pisang, dan merupakan sumber beta karoten yang kuat.

Anggur

Buah anggur merah mengandung bioflavonoid, antioksidan kuat yang berfungsi sebagai pencegah kanker. Anggur juga kaya akan resveratrol, yang menghentikan aktivitas enzim yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker dan menekan respons imun.

Lemon dan jeruk

Buah-buahan ini mengandung limonene yang dapat merangsang sel-sel kekebalan pembunuh kanker (limfosit) yang memecah zat penyebab kanker.

Pepaya

Kandungan vitamin C dalam pepaya berfungsi sebagai antioksidan dan dapat mengurangi penyerapan nitrosamin penyebab kanker. Pepaya juga mengadung asam folat yang telah terbukti dapat meninimalkan risiko kanker.

Sumber: Boldsky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *