8 Broker Saham Terbaik di Indonesia

  • Whatsapp
broker saham terbaik di indonesia

Mencari sekaligus menentukan broker saham terbaik di Indonesia diperlukan pengetahuan seputar rekam jejak seorang pialang saham. Sebab, saham merupakan salah satu model investasi jangka panjang yang berguna di masa datang, sehingga calon investor sebaiknya teliti memilih broker saham terbaik.

Di luar negeri, profesi broker saham bukanlah hal yang tabu. Sementara itu, di Indonesia, grafik pertumbuhan profesi ini semakin meningkat. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi orang-orang yang ingin terlibat sebagai investor.

Meski zaman telah canggih begini, setiap investor berpeluang melakukan kesalahan. Kamu bisa membaca kesalahan investor pemula saat memutuskan berinvestasi saham.

Adapun point of view yang harus diketahui oleh investor pemula saat memutuskan terjun ke dunia saham, yaitu mengenali rekam jejak broker tersebut. Pasalnya, setiap broker terbaik di Indonesia menawarkan segala macam kemudahan, keunggulan, dan apa saja yang menarik minat calon investor.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi risiko yang bisa terjadi, sebaiknya kamu mencari tahu informasi sedetail mungkin tetang broker saham yang akan mengelola investasimu sebaik mungkin.

Sebelum masuk pada uraian tentang broker saham terbaik di Indonesia, sebaiknya kamu juga mengetahui pengertian broker saham dalam dunia investasi jangka panjang. Yuk, simak!

Apa Itu Broker?

Broker saham adalah suatu perusahaan yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sekaligus memiliki izin untuk melakukan kegiatan jual beli saham (trading) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sementara, BEI merupakan pihak yang telah diakui pemerintah untuk menyelenggarakan dan menyediakan sistem aktvitas saham di Indonesia. Akan tetapi, calon investor tidak bisa melakukan kegiatan trading secara langsung di BEI.

Jadi, berdasarkan peraturan yang berlaku di Indonesia, calon investor yang ingin melakukan kegiatan trading harus melalui prean broker saham, atau yang lebih familiar dengan sebutan pialang saham lewat perusahaan sekuritas.

Pasalnya, hanya broker saham yang mendapatkan izin atau legalitas untuk melakukan aktivitas jual beli saham. Oleh karenanya, sebelum melakukan praktik jual beli saham, kamu harus menentukan pilihan dalam menggunakan jasa broker saham terbaik di Indonesia, yang sudah terdaftar di OJK.

Adapun peran broker saham, yaitu sebagai jembatan antara investor atau trader dengan BEI, untuk kemudian membantu proses pembelian dan penjualan saham. Ini menjadi perkara penting, dan sudah sepatutnya pula pialang saham terintegrasi dengan BEI.

8 Broker Saham Terbaik di Indonesia

Seperti yang telah disinggung di awal, mencari tahu broker saham terbaik menjadi langkah pertama yang penting untuk dilakukan.

Kawula telah merangkum delapan daftar broker saham terbaik di Indonesia. Berikut cuplikannya.

1. Trimegah Sekuritas

Trimegah Sekuritas adalah salah satu broker saham terbaik di Indonesia, yang seringkali meraih penghargaan.

Majalah Investor pernah menggajar Trimegah Sekuritas dengan Best Listed Company pada 2017 silam untuk sektor Sekuritas dan Reksadana. Masih di kategori yang sama, Trimegah Sekuritas juga pernah menggondol penghargaan dari Indonesia Digital Innovation Award 2017.

Selain itu, beberapa penghargaan lainnya yang pernah didapat, yaitu dari Most Innovative Business Award dan Indonesia Most Admired Company 2017.

Melihat rekam jejak dan penghargaan yang pernah diraih, perusahaan ini sangat pantas untuk dinobatkan sebagai broker saham terbaik di Indonesia.

Total nilai transaksi yang dimiliki Trimegah Sekuritas sepanjang 2019 pun terbilang cukup besar, yaitu sekitar Rp80 triliun.

2. Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas menjadi perusahaan sekuritas yang ramah di kantong, karena modal awal yang harus dikeluarkan para calon investornya sangat terjangkau.

Modal Rp100 ribu, kamu sudah bisa membuka akun saham di perusahaan ini dan masuk ke pasar saham. Untuk kinerjanya sendiri, kamu sudah tidak perlu meragukannya.

Indo Premier Sekuritas sudah terbukti di berbagai sektor, mulai dari pertanian hingga infrastruktur. Nilai total transaksi yang Indo Premier Sekuritas miliki, di sepanjang tahun 2019 pun terbilang sangat besar, yaitu sekitar Rp138 triliun. Kesimpulannya, Indo Premier layak untuk dijadikan broker saham andalanmu.

3. Ajaib Sekuritas

Ajaib Sekuritas adalah salah satu perusahaan sekuritas baru yang tergabung dalam dalam Ajaib Group.

Melalui aplikasi mobilenya, Ajaib menyediakan pilihan untuk investasi saham dan investasi reksa dana dalam satu aplikasi.

Hal ini sangat memudahkan kamu, jadi tidak perlu menggunakan banyak aplikasi jika ingin berinvestasi di dua instrumen tersebut.

Berikut keuntungan memilih Ajaib:

  • Dua instrumen investasi dalam satu aplikasi
  • Tidak ada setoran minimum
  • Pembukaan rekening hanya menggunakan eKTP
  • Biaya beli saham 0,10% (< Rp150 juta), 0,09% (Rp150 juta – Rp1,5 miliar), 0,08% (> Rp1,5 miliar)
  • Biaya jual saham 0,10% (< Rp150 juta), 0,09% (Rp150 juta – Rp1,5 miliar), 0,08% (> Rp1,5 miliar)
  • Antarmuka pengguna mudah dipahami

4. BNI Sekuritas

BNI Sekuritas adalah perusahaan sekuritas yang sudah berdiri sejak April 1995. Tahun itu, BNI Sekuritas aktif beroperasi di bidang pasar modal tanah air, seperti jual beli saham, pengelolaan investasi perbankan, surat utang hingga pengelolaan aset yang sudah memiliki lisensi Usaha Perusahaan Efek.

Kalau kamu berencana untuk menggunakan broker saham BNI Sekuritas, perusahaan ini menyediakan dua jenis pilihan akun yang bisa dipilih calon investor, yaitu konvensional dan syariah. Dengan catatan, persyaratan serta ketentuan dari kedua jenis akun tersebut pun sudah pasti berbeda.

Apabila kamu memilih untuk membuka akun syariah, maka secara otomatis kamu juga akan mendapatkan akun konvensional. Namun, ini hanya berlaku untuk akun syariah saja, tidak berlaku jika kamu membuka akun konvensional.

BNI Sekuritas juga memiliki nilai total transaksi sekitar Rp77 triliun sepanjang tahun 2019 lalu. Melihat hal ini, maka tidak heran apabila BNI Sekuritas dinilai sebagai salah satu broker saham terbaik di Indonesia.

5. NH Korindo Sekuritas Indonesia

NH Korindo Sekuritas Indonesia adalah perusahaan yang memiliki daya tarik tersendiri. Daya tariknya terletak pada program member get member.

Adapun maksud dan tujuan program tersebut, yaitu memberikan komisi kepada setiap nasabah NH Korindo Sekuritas Indonesia, sebanyak 1% dari deposit awal, apabila nasabah tersebut berhasil mendapatkan atau membawa nasabah baru.

NH Korindo Sekuritas Indonesia memberikan beberapa pilihan akun untuk para nasabah atau calon investornya, yaitu akun day trading dan reguler.

Untuk bisa membuka akun, baik akun day trading maupun reguler, kamu perlu memberikan setoran sebesar Rp5 juta. Dengan setoran tersebut, kamu sudah bisa masuk ke pasar saham.

6. Sinarmas Sekuritas

Berikutnya ada Sinarmas Sekuritas, yang masuk ke dalam daftar broker saham terbaik di Indonesia.

Mengingat sepak terjang sepanjang tahun 2019, perusahaan ini memiliki nilai total transaksi sebesar Rp106 triliun. Sudah sepatutnya pula Sinarmas Sekuritas berpredikat sebagai salah satu broker saham terbaik di Indonesia.

Saat ini, Sinarmas Sekuritas juga bekerja sama dengan Stockbit, yang menjadi salah satu keunggulannya dibandingkan perusahaan sekuritas lainnya.

7. Mirae Asset Sekuritas

Selanjutnya ada Mirae Asset Sekuritas. Perusahaan yang dikenal sangat terjangkau untuk masyarakat luas ini, memiliki keunggulan dalam bentuk layanan customer service.

Perusahaan sekuritas satu ini, memberikan pelayanan customer service yang siap siaga selama 24 jam. Jadi, apabila kamu dan investor lainnya memiliki kendala, maka layanan customer service Mirae dapat membantu selama 24/7.

Perusahaan yang memiliki nilai total transaksi sekitar Rp200 triliun ini, menyediakan beberapa pilihan akun yang dapat digunakan oleh calon investornya, mulai dari margin, reguler, syariah dan day trading.

Menariknya, apapun jenis akun yang dipilih, semuanya tidak akan dikenakan biaya pemeliharaan akun, serta batasan minimal transfer untuk deposit selanjutnya.

8. Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas juga menjadi salah satu broker saham terbaik di Indonesia.

Sebagai anak perusahaan dari Bank BUMN, yaitu Bank Mandiri, perusahaan ini menyediakan tiga pilihan akun yang dapat digunakan calon investornya, yaitu akun syariah, full service dan reguler.

Untuk fee trading-nya sendiri, perusahaan ini menetapkan fee trading sebesar 0,28 persen untuk setiap transaksinya, dengan tambahan biaya sebesar Rp5 ribu per hari.

Sementara untuk biaya pembelian sahamnya, Mandiri Sekuritas memberikan biaya sebesar 0,18 persen untuk setiap transaksi, dengan tambahan biaya sebesar Rp5 ribu per hari.

Cara Memilih Broker Saham Terbaik

Setelah mengetahui beberapa broker saham terbaik di Indonesia, maka selanjutnya kamu bisa langsung menganalisa semua pialan saham tersebut dan mencari yang paling sesuai dengan dirimu dan kemampuan finansial.

Namun, sebelum memutuskan untuk memilih satu broker saham terbaik, kamu perlu memperhatikan beberapa aspek terlebih dahulu.

Berikut cara memilih broker saham terbaik, yaitu:

  • Pastikan bahwa broker saham yang kamu tuju sudah terdaftar sebagai anggota Bursa Efek Indonesia (BEI). Kamu bisa mengetahuinya dengan mengeceknya langsung di laman esmi BEI, yaitu www.idx.co.id
  • Agar lebih aman, kamu bisa menggunakan broker yang dimiliki pemerintah, atau yang sering disebut dengan broker pelat merah
  • Ketahui dengan pasti jumlah setoran awal yang harus diberikan
  • Ketahui komisi transaksi yang diberikan broker saham. Biasanya, rata-rata komisi untuk pembelian saham berada di kisaran angka 0,1-0,3 persen. Sementara, untuk penjualan saham rata-rata komisi yang diberikan berada di kisaran 0,2-0,4 persen
  • Ketahui, apakah broker saham yang kamu pilih memberikan rekomendasi kepada para investor atau nasabahnya atau tidak
  • Ketahui cara transaksi saham dari broker saham yang dipilih, apakah menyediakan fasilitas online trading atau tidak
  • Apabila broker saham yang dipilih menyediakan fasilitas online trading, maka pastikan terlebih dahulu bahwa fasilitas tersebut nyaman digunakan, mudah dan stabil
  • Mengetahui apakah broker saham yang kamu pilih menyediakan data real time atau tidak
  • Memeriksa kelengkapan fitur yang dimiliki broker saham, seperti kelengkapan indikator analisis teknikal, informasi keuangan, berita, riset saham dan lain sebagainya
  • Yang terakhir, yaitu memeriksa apakah broker saham yang dipilih menyediakan fitur stop loss atau trailing stops, yang berguna untuk meminimalisir risiko yang terjadi.

Itulah beberapa informasi yang sudah kamu ketahui, terkait broker saham terbaik di Indonesia beserta tips memilih broker saham yang baik dan benar. Semua informasi tersebut, bisa kamu jadikan referensi dan panduan sebelum melakukan trading, atau jual beli saham.

Karena seperti yang diketahui, saham merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang, yang memiliki risiko besar. Maka dari itu, diperlukan informasi yang mendalam dan analisis yang tepat dalam memilih broker saham terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *