Bikin Resolusi Tahun Baru Jangan Muluk-muluk

Ilustrasi

Awal tahun menjadi waktu yang sangat relevan untuk berpikir tentang cara meningkatkan kualitas hidup kita dari tahun sebelumnya. Apa pun harapan dan keinginan kita di tahun ini, barangkali akan jauh lebih berhasil jika membingkainya sebagai tujuan yang lebih kecil. 

Tak ada yang salah jika seseorang membuat resolusi setiap tahunnya. Selain sebagai pelecut hidup, istilah resolusi secara luas juga berarti membuat keputusan untuk melakukan sesuatu atau tidak. Persoalannya, terkadang resolusi dikerucutkan menjadi pembicaraan sebuah gambaran besar, bukan sesuatu yang bisa diraih secara wajar.

Akibatnya, resolusi hanya sampai pada batas catatan belaka, impian yang muluk, dan hal yang tidak mungkin bisa terwujud. Oleh karena itu, perlu mengubah cara padang tentang resolusi.

Sebagai contoh untuk resolusi, tahun ini Anda ingin memiliki mobil. Tak ada masalah dengan itu, karena masih dalam bentuk "keinginan". Namun, ubahlah cara berpikir Anda. Alih-alih tahun ini mau punya mobil, ada baiknya Anda belajar memecah tujuan "besar" itu menjadi tujuan yang lebih kecil yang bisa Anda capai sepanjang tahun.

Anda bisa memulainya dengan cara menabung setiap bulan, mengurangi aktivitas nongkrong atau jalan-jalan, tidak membeli barang-barang yang tidak terlalu penting, dan mengurangi kebutuhan tersier.

Lah, jadi artinya sama aja dong resolusi tahun ini gak beli mobil?

BACA SELENGKAPNYA







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar