Besok Jemaah An-Nadzir Gowa Berlebaran

Besok Jemaah An-Nadzir Gowa Berlebaran

Jemaah An Nadzir Gowa, telah menetapkan hari raya Idulfitri 1440 Hijriah, jatuh pada Senin (3/5/2019) besok.

Penetapan hari raya Idulfitri tersebut, berdasarkan hasil musyawarah dengan melakukan pengamatan pada Sabtu, (1/6/2019) malam kemarin, yang dilakukan oleh tim sembilan yang tunjuk sebagai pemantauan lebaran jemaah An Nadzir terhadap bulan.

“Insyaallah, hari ini adalah hari terakhir kita berpuasa. Jadi besok sudah masuk 1 Syawal. Jadi kita langsung salat Idulfitri. Penetapan ini berdasarkan hasil pemantauan tim sembilan dan beberapa anggota yang memantau bulan dan kondisi pasang air laut,” ujar Ustaz Samir, Minggu (2/6/2019).

Pelaksanaan salat Idulfitri bagi jemaah An Nadzir Gowa, akan digelar di halaman Masjid Baitul Muqaddis, kompleks pondok Jamaah An-Nadsir, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

Loading...

Ustaz Samir menjelaskan, pemantauan sudah dilakukan pada hari-hari terakhir di bulan Ramadan. Dan bulan yang pihaknya pantau sudah tidak muncul di ufuk sebelah timur.

“Jadi kalau kami mengamatinya di akhirnya bulannya, jadi pemantauan ini sebetulnya berdasarkan nabi yang mengatakan, untuk mengetahui bulan Syaban itu antum mulainya di bulan Rajab, kemudian untuk mengetahui Ramadan, ditinjau dari Syaban dan untuk Idulfitri kita mengamati akhir Ramadan itu. Jadi ternyata tadi malam sidang atau musyawarah dengan beberapa rekan-rekan kami, rapat terakhir itu tadi kita amati sudah tidak nampak bulan,” jelasnya.

Selain pemantauannya dilakukan terhadap bulan dan pasang air laut, pihaknya juga melakukan pemantauan terhadap angin, kilat, dan guntur.

“Ini juga dikaitkan dengan fenomena pasang surut air di laut, kemudian nanti pergantiannya besarnya angin, kilat dan guntur yang paling terakhir itu yang air laut itu. Jadi kita memang berdasarkan pada pasang puncaknya, yang istilahnya pasang kondak. Jadi besok itu akan terjadi pasang kondak air laut itu,” tambahnya.

Sumber: rakyatku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *