Beruk Juga Sekolah, Ada 6 Kurikulum di Sekolah Tinggi Ilmu Beruk


Loading...

Mendengar nama Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB) mungkin akan membuat kita mengernyitkan dahi sekaligus bertanya-tanya, "Masa sih ada sekolah yang dikhususkan untuk beruk?"

Nah, pada kenyataannya STIB ada di Pariaman Timur, Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Desa Apar. Sekolah tinggi ini memang khusus untuk Macacus Nemestrinus alias beruk.

Di sekolah ini beruk akan diajari bagaimana caranya memetik kelapa. Uniknya, STIB ini juga memiliki kurikulum sebagaimana sekolah pada umumnya. Ada enam kurikulum khusus yang berlangsung selama beberapa bulan. Waktu belajarnya tiap pagi dan sore.

Di tiga bulan pertama, beruk akan mengikuti pengenalan diri dan masih diberi makan dan dimandikan.

Dua bulan selanjutnya, beruk diperkenalkan dengan buah kelapa yang telah dipancang pada media berupa kayu.

Pembelajaran selanjutnya, selama dua bulan beruk diajari cara menjatuhkan buah kelapa yang digantung di antara pohon kelapa lainnya.

Terakhir sebelum siap turun ke lapangan, beruk diajarkan cara membedakan kelapa tua atau muda. Pembelajarannya berlaku selama tiga bulan.

Pariaman yang dikenal sebagai penghasil kelapa, banyak warganya yang memelihara beruk untuk dimanfaatkan sebagai pemetik kelapa. Inilah yang membuat Desa Apar membangun STIB di bawah naungan BUMdes Apar Mandiri.

STIB juga bertujuan sebagai wisata edukasi. Selain menampilkan atraksi memetik kelapa, beruk diajar cara menyambut dan menyalami tamu yang datang.

Tenaga pengajar di STIB merupakan pawang dari desa setempat. Saat ini ada tiga ekor beruk yang disekolahkan di sana.

Untuk biaya sekolahnya, tarifnya sama dengan harga beruk itu sendiri. Seekor beruk yang mahir memetik buah kelapa harganya berkisar antara Rp5-6 juta, dengan betina jauh lebih mahal.

Alasannya karena yang betina katanya lebih nurut sama laki-laki, dan sebaliknya. Karena semua ″dosennya″ (baca: pawang) adalah laki-laki maka ketiga beruk yang sekolah di sini semuanya betina.



Loading...




[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar