Banyak Selebriti Tanah Air Beralih ke Youtube, Ternyata Ini Alasannya

Banyak Selebriti Tanah Air Beralih ke Youtube, Ternyata Ini Alasannya
Loading...

Biasa muncul di TV atau film, kini banyak selebriti juga aktif jadi YouTuber. Mereka yang merambah ke dunia digital sebut saja pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Luna Maya, Boy William dan Baim Wong-Paula Verhoeven.

Begitu pun di Instagram, tak sedikit selebriti ternama yang menjadi endorser berbagai produk. Dengan jumlah follower mencapai jutaan, para selebriti ini juga berpotensi mengiklankan produk dengan lebih efektif ke audiens.

Fenomena selebriti yang beralih ke platform digital ini bukan tanpa sebab. Ada beberapa faktor yang membuat mereka tertarik membuat konten di YouTube atau Instagram.

COO Gushcloud Marketing Group Oddie Randa mengatakan bahwa menjadi influencer bisa jadi ladang penghasilan tambahan untuk mereka dengan jalan yang relatif cepat. Ia mencontohkan seorang artis yang pekerjaannya sehari-hari menjadi MC. 

Artis tersebut memandu acara selama dua jam dengan bayaran sekitar Rp 20 juta. Nilai bayaran yang sama ternyata juga bisa didapat dengan satu kali postingan foto di Instagram.

Loading...

“Ngepost di Instagram sekali dibayar Rp 20 juta. Cuma lima menit. Dibanding di nge-MC 2 jam,” kata Oddie dilansir dari Wolipop.

Selain itu menjadi YouTuber atau influencer juga membuat para selebriti lebih fleksibel mengatur jadwal kerja. Waktu luang bersama keluarga pun jadi lebih banyak.

“Kalau syuting stripping bangun jam 4 pagi, jam 6 sore pulang, istirahat sebentar, lalu syuting lagi nggak berhenti-berhenti. Dengan adanya tambahan dari social media ini mereka nggak perlu lagi seperti itu seterusnya,” lanjutnya.

Director of Marketing Gushcloud Indonesia Edo Oktorano Erhan menambahkan dengan menjadi influencer mereka juga punya lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Selain itu mereka bisa mendapatkan penghasilan dari media lain.

“Bagus untuk mereka juga karena memang duitnya ada. Bisa jadi tambahan yang baru,” ucap Edo.

Semakin maraknya selebriti yang beralih menjadi YouTuber, menurut Oddie dan Edo tidak akan mengurangi popularitas maupun ‘lahan penghasilan’ para influencer yang sudah lebih dulu eksis di dunia digital. Sebab, setiap influencer sudah memiliki penggemar setia.

“Buat mereka aman-aman saja karena mereka sudah punya audiens dan fanbase sendiri. Invasi selebriti ke YouTube nggak terlalu pengaruh ke influencer konvensional,” jelas Oddie.

Edo menuturkan bahwa lahan di dunia digital sangat besar dan tak terbatas, sehingga siapa saja bisa menggarapnya. Mulai dari orang awam, influencer, model hingga selebriti ternama sekalipun.

“Lahan besar sekali, preferensinya jadi lebih banyak apalagi sekarang mau skip (ke channel lain) gampang. Dulu kan nggak bisa skip iklan di TV,” pungkasnya.

Baca juga:

Sumber: Wolipop

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *