BAB Tidak Lancar, 5 Masalah Ini Terjadi pada Tubuh Anda

BAB Tidak Lancar, 5 Masalah Ini Terjadi pada Tubuh Anda

Sembelit merupakan kondisi umum, tetapi jika berlangsung terus-menerus hal ini akan mengancam tubuh. Ketidakmampuan untuk memproses makanan dapat menciptakan penyumbatan di usus, sehingga menyebabkan sembelit.

Ditandai dengan rasa sakit yang hebat, perdarahan dan rasa tidak nyaman, sembelit dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan Anda. Dehidrasi, pola makan yang buruk, dan kurang olahraga, merupakan beberapa faktor pemicu sembelit.

Sembelit harus segera ditangani. Namun, kebanyakan orang sering mengabaikannya, karena mereka tidak menyadari apa yang diderita tubuh ketika terkena sembelit. Berikut bagaimana tubuh Anda bereaksi ketika terkena sembelit.

Wasir

Tidak mampu buang air besar setiap hari dapat dengan mudah mengganggu seluruh gerakan usus. Ketika kita tidak buang air besar secara teratur, otot-otot tubuh kita menjadi tegang, sehingga feses (kotoran) tidak dapat meninggalkan tubuh.

Selain itu, vena yang mengatur pelepasan kotoran bisa meradang dan meregang, yang kemudian membuat kinerjanya lebih lemah, atau tidak ada.

Nafsu makan memburuk

Karena tubuh tidak dapat memproses dan menghilangkan bahan feses secara alami, ia mulai menekan nafsu makan Anda sebagai gantinya.

Sederhananya, jika Anda tidak makan apapun, Anda juga tidak punya apa-apa untuk diproses dan dikeluarkan.

Masalah kulit

Meski tampak aneh, sembelit bisa memicu berbagai masalah kulit. Mulai dari bengkak, jerawat, ruam, dan kantung gelap di bawah mata. Karena flora di usus Anda terganggu, kulit Anda akan menjadi yang pertama yang menunjukkan perilaku tidak baik.

Sakit kepala

Buang air besar adalah proses tubuh yang normal, sakit kepala terjadi ketika ada masalah dalam melepaskan bahan beracun. Selain itu, upaya fisik yang Anda lakukan untuk melawan sembelit dapat menyebabkan sakit kepala. 

Bau mulut

Sebuah penelitian di Denmark menjelaskan bahwa sembelit dapat menyebabkan bau mulut. Penelitian lain juga membuktikan bau mulut biasa terjadi pada orang yang menderita sembelit.

Sumber: Power of Positifity

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *