5 Cara Membuat Artikel SEO yang Humanis Friendly

  • Whatsapp
artikel seo friendly

Artikel SEO Friendly adalah artikel yang ramah terhadap mesin pencari, yang memudahkan pengguna mendapatkan informasi sesuai kata kunci saat melakukan pencarian.

Membuat artikel yang berkualitas untuk keperluan mengisi konten blog diperlukan pengetahuan tentang cara membuat artikel SEO Friendly sekaligus Human Friendly. Sebab, kepopuleran sebuah blog akan membawa seorang blogger ke arah yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

Sadar atau tidak, zaman kini, hanya segelintir manusia yang benar-benar ingin menekuni dunia tulis, khususnya menulis di blog pribadi. Padahal, jika kawula muda membuka mata banyak keuntungan yang bisa didapat jika seseorang memiliki blog dan serius mengelolanya.

Oleh karena itu, jangan pernah berpikir instan dan memiliki hasrat cepat populer melalui blog. Untuk mencapai hal itu semua, diperlukan ketekunan dan kerja keras, terutama dalam membuat artikel yang SEO Friendly untuk manusia.

Cara Membuat Artikel SEO yang Humanis Friendly

Agar kamu tidak jenuh mengelola blog, dan tidak akan meninggalkan blog itu di kemudian hari, tidak ada salahnya belajar membuat artikel SEO Friendly. Pasalnya, artikel SEO ini adalah senjata utama para blogger untuk bisa mencapai Page One atau masuk ke halaman pertama Google.

Tentu kita (saya dan pembaca) sedikit banyak mengetahui apa itu artikel SEO, bukan? Ya, artikel SEO adalah artikel yang dibuat dengan memanfaatkan kata kunci. Ringkasnya, sebelum seseorang membuat artikel, mereka biasanya melakuka riset menggunakan kata kunci.

Lalu, adakah website gratis untuk mencari atau meriset kata kunci? Jawabannya ada. Kita bisa memanfaatkan Ubersuggest atau Google Trends untuk research keyword sebelum membuat artikel yang SEO Frindly.

Dengan demikian, maka blog kita bisa ditemukan oleh pembaca melalui artikel yang telah ditulis atau ditayangkan. Hal ini tentu bagus untuk perkembangan sebuah blog. Sebab, mendapatkan pengunjung organik adalah salah satu tujuan kita menulis artikel.

Adapun beberapa aturan baku soal penulisa artikel SEO Friendly adalah sebagai berikut:

  • Keyword yang telah ditentukan ditaruh di judul, di paragraf pertama, dan terakhir
  • Menggunakan subheader (h2-h6) yang mengadung kata kunci
  • Pada meta deskripsi juga mengandung keyword
  • Diperlukan keyword density sekian persen
  • Huruf tebal (bold), huruf miring (italic), dan huruf dengan garis bawah (underline), dan sebagainya

Poin di atas tentang membuat artikel SEO Friendly sebelum negara api menyerang. Namun, era modern mengubah itu semua. Dengan kata lain, jika kita mengingkan artikel yang SEO Friendly, maka diperlukan cara berpikir yang humanis. Sebab, yang membaca artikel kita bukan mesin pencari melainkan manusia.

Maka, tulislah artikel untuk manusia, bukan untuk mesin!

Percayalah, artikel yang human friendly adalah artikel yang SEO friendly. Percaya atau tidak, orang hanya ingin membaca artikel kita dan tertarik menyebarkannya ke media sosial lantaran judul artikel yang menarik, dan itu memang layak untuk dibagikan oleh orang yang telah membaca artikel kita.

Oleh sebab itu, buatlah artikel yang human friendly, artikel yang enak dibaca manusia tanpa harus repot memikirakn aturan SEO yang mengikat.
Lalu, bagaimana caranya membuat artikel yang human friendly itu?

Mempelajari Karakter Pembaca

Bagaimana mengetahui karakter pembaca ini? Sederhana. Hal ini bisa kita dapat melalui Google Analytic (selanjutnya GA). Dari sini, bisa diketahui minat, usia, jenis kelamin, dan sebaginya. Untuk usia yang terdapat di GA didapat berdasarkan tulisan yang kita posting di blog.

Oleh sebab itu, jika topiknya berbeda, maka akan berbeda pula pembacanya. Jadi, ada baiknya menggunkan bahasa yang menyesuaikan usia dan jenis kelamin kepada pembaca blog kita. Kalau pembaca blog berdasarkan GA adalah rentang usia 18-24 tahun, maka kemas tulisan yang akan dipublikasikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh kalangan milenial.

Buat Judul Artikel dengan Menarik

Kunci utama membuat artikel SEO Friendly juga bertumpu pada kekuatan judul. Maksudnya, kita sebisa mungkin meramu judul yang memancing minat baca seseorang. Jangan sesekali membuat berita hoks atau bermain clickbait pada judul. Akibatnya, akan merusak reputasi blog.

Jika niat kita menulis dengan benar sekaligu ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman, asumsinya adalah dari 100 orang pengunjung blog, paling tidak 75 orang akan membaca judul artikelnya saja, sementara 25 orang sisanya benar-benar membaca hingga tuntas. Dan tidak menutup kemungkinan, orang-orang yang membaca hingga selesai itu akan kembali ke blog kita.

Format Artikel SEO Friendly pada Blog

Selain membuat judul yang menarik dan mendatangkan pengunjung blog secara organik, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah membuat format artikel seo friendly.

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam membuat format artikel sebelum dipublikasikan, di antaranya:

  • Gunakan font (huruf) yang mudah dibaca
  • Ukuran font antara 14-22px
  • Lebar horizontal antara 480-720px
  • Line-height antara 1.5-2em
  • Margin di bawah paragraf antara 1.5-2em

Belajar Meningkatkan Kualitas Artikel

Apapun yang ingin ditulis, pastikan kita memahami terlebih dahulu bagaimana cara menulis artikel yang baik. Menulis artikel berkualitas memang tidak mudah, diperlukan latihan dan banyak membaca untuk meningkatkan kualitas artikel.

Jika kita ingin membuat artikel berdasarkan sebuah topik tentang smartphone terbaru, maka sebaiknya kita paham betul seluk beluk tentang smartphone yang akan diulas. Bobot tulisan bisa dilihat atau dihasilkan dengan cara kita menyajikan konten ke hadapan pembaca.

Selain itu, perkaya bacaan dan lakukan riset dari berbagai sumber yang ada di internet, yang tentunya berkaitan dengan apa yang akan kita tulis. Menulislah dengan hati, dan niatkan itu untuk pembaca setia blog kita. Hindari copy paste (salin tempel). Kalau pun harus mengutip, sebutkan sumbernya.

Manfaatkan dan Gunakan LSI Keyword

Jika kita sering melakukan pencarian kata kunci, maka LSI adalah fitur yang diberikan oleh mesin pencari, bertujuan memberikan sugesti kepada orang yang sedang mencari sesuatu lewat Google.

Agar tidak terkesan rumit silakan lihat gambar di bawah ini

latent semantic indexing keyword

 

Tanda panah merah di atas adalah sugesti yang diberikan oleh Google. Dari sana, kita bisa mengetahui apa saja yang sering dicari oleh pengguna berdasarkan mesin pencari Google. Dan itulah yang dinamakan Latent Semantic Index (LSI).

Langkah selanjutnya, kita tinggal menggunakan keyword LSI untuk membuat sebuah artikel. Masukkan keyword LSI ke dalam artikel yang akan dipublikasikan tanpa harus mengulang-ulang kata kunci yang sama.

Itulah tips membuat artikel SEO Friendly yang humanis berdasarkan pengalaman saya dalam membuat artikel. Perlu diketahui, cara ini tidak menjamin artikel berada di halaman pertama Google. Tapi percayalah, dari seratus artikel yang telah ditulis dengan baik, paling tidak 10 di antaranya akan berada di halaman pertama.

Kosinstenlah dalam menulis. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *