Arti Mata Kedutan Menurut Mitos dan Kesehatan

  • Whatsapp
mata kedutan sebelah kiri

Kedutan mata sebelah kiri dan kanan terus menerus seringkali dikaitkan dengan pertanda di dalam hidup. Sebenarnya, apa sih arti mata kedutan itu, dan apa penyebab utamanya?

Setiap orang mungkin pernah mengalami mata kedutan. Hal ini dapat dirasakan ketika ada peristiwa pada kelopak mata yang terasa tertarik dengan sendirinya. Percaya atau tidak, di Indonesia peristiwa mata kedutan kerap dihubung-hubungkan dengan peristiwa yang akan terjadi.

Bacaan Lainnya

Mitos mata kedutan yang beredar di tengah masyarakat banyak membuat orang penasaran kenapa hal tersebut bisa terjadi. Sadar atau tidak, kedutan bisa mengganggu rutinitas sehari-hari, dan membuat gelisah orang yang mengalaminya lantaran adanya mitos yang beredar.

Arti Mata Kedutan Sebelah Kiri dan Kanan Menurut Mitos

Banyak yang beranggapan, kedutan mata sebelah kiri akan mendatangkan rezeki, atau ada juga yang beranggapan ada orang yang sedang merindukan kamu. Benarkah demikian? Yuk, simak arti kedutan mata menurut mitos di bawah ini.

1. Mata Kedutan Sebelah Kanan

Apabila seseorang mengalami mata kedutan sebelah kanan, menurut mitos tandanya kamu akan mengalami kesedihan. Tepatnya, kamu akan bersedih. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk lebih berhati-hati dalam perihal menjaga perasaan.

2. Kedutan Mata Sebelah Kiri Bawah

Berikutnya, saat kamu mengalami kedutan mata sebelah kiri, itu artinya kamu akan mengalami hal yang memilukan. Dengan kata lain, tak ada bedanya dengan mata keduatan sebelah kanan bawah.

Percaya atau tidak, itu semua bergantung bagaimana kamu menyikapinya jika hal ini terjadi padamu.

3. Kedutan di Ekor Mata Kanan Atas

Apabila kamu atau orang-orang terdekat mengalami kedutan mata kanan atas, menurut mitos itu menandakan seseorang tersebut akan sembuh dari sakit yang dideritanya, jika sedang mengalami sakit.

4. Kedutan di Ekor Mata Kiri Atas

Kedutan di bagian ini memiliki arti dalam mitos bahwa kamu akan bertemu dengan saudara atau keluarga yang sudah lama tidak kamu temui.

5. Kedutan di Ekor Mata Kanan Bawah

Jika kedutan di ekor mata kanan sebelah kanan artinya kamu akan bertemu dengan orang yang jauh, bisa jadi kerabat atau teman lama.

6. Kedutan di Ekor Mata Kiri Bawah

Kedutan di bagian ini mempunyai arti dalam mitos bahwa kamu akan mengalami sakit. Mungkin jika kamu mengalami hal ini kamu bisa lebih menjaga kesehatan tubuh.

7. Kedutan di Biji Mata Kanan

Kedutan di bagian mata ini memiliki arti bahwa kamu akan bersedih atau suasana hati sedang kurang baik.

8. Kedutan di Biji Mata Kiri

Arti dari kedutan di bagian ini memiliki arti menurut mitos adalah akan merasakan sesuatu yang membahagiakan.

Arti Mata Kedutan Menurut Kesehatan Ilmiah

Arti mata kedutan menurut mitos tentu tidak sama dengan arti kedutan mata secara ilmu kesehatan atau ilmiah. Nah, kira-kira apa saja ya yang membuat seseorang dapat mengalami kedutan mata tersebut? Berikut penjelasannya.

9. Stres

Jika terlalu banyak melakukan kegiatan dan merasa mengalami sebuah tekanan, tingkat stres seseorang akan langsung meningkat. Sementara kedutan merupakan salah satu konsekuensi dari rasa stres yang dialami.

10. Konsumsi Kafein Berlebihan

Minum kopi atau minuman berkafein lainnya dapat membantu seseorang untuk lebih berkonsentrasi, tetapi di samping itu juga dapat membuat otot kelopak mata bekerja lebih keras dari biasanya.

Ketika terlalu banyak meminum minuman dengan kafein tinggi, sel saraf pada kelopak mata akan merespons terlalu banyak dan kedutan pun akan terjadi.

11. Kelelahan

Kedutan seringkali dikaitkan dengan stres atau rasa cemas yang berlebih karena aktivitas yang sibuk. Bahkan kurang tidur juga dapat mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, termasuk kelopak mata.

Tubuh yang lelah biasanya tidak dapat bekerja secara optimal dan menimbulkan gejala kedutan pada mata.

12. Alkohol dan Tembakau

Bagi yang terlalu sering mengonsumsi alkohol dan produk tembakau tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, keseringan mengonsumsi alkohol dan tembakau dapat menjadi penyebab kedutan pada bagian mata.

Sebagai informasi, tidak ada pernyataan khusus yang mampu menjelaskan jika hal tersebut dapat memicu kedutan. Namun, semua orang dapat sepakat tentang orang yang gemar mengonsumsi alkohol dan tembakau dapat memicu kondisi tersebut.

13. Iritasi Permukaan Mata

Bila bagian luar mata sedang mengalami iritasi, maka reaksi tersebut bisa menjadi penyebab kedutan mata. Kondisi seperti mata kering atau alergi bisa saja menyebabkan kedutan.

Oleh karena itu, kamu harus terus menjaga agar mata tetap bersih agar terhindar dari iritasi bahkan penyakit lainnya.

14. Alergi

Ketika seseorang sedang mengucek mata, makan akan keluar histamin yang dapat menyebabkan mata menjadi berair. Dengan kata lain, adanya histmin tersebut menjadi bukti kuat yang menyebabkan mata seseorang dapat berkedut.

Itulah beberapa penyebab mata kedutan sebelah kiri dan kanan menurut mitos di tengah masyarakat, dan menurut ilmu kesehatan. Kesimpulannya, bergantung bagaimana kamu menyikapinya. Menurut kamu, mana yang lebih masuk akal?

Pos terkait