6 Aplikasi Bank Digital Terbaik di Indonesia

  • Whatsapp
aplikasi bank digital terbaik indonesia

Aplikasi Bank digital adalah sebuah layanan perbankan sekaligus manajemen keuangan nasabahnya dilakukan secara online melalui aplikasi smartphone. Karena sampai pada saat ini masyarakat luas masih menggunakan media bank untuk mereka gunakan sebagai media menabung atau investasi.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, beberapa bank mulai bisa kamu akses melalui smartphone melalui aplikasi digital banking. Sehingga banyak nasabah yang mulai beralih menggunakan digital banking, karena lebih simpel.

Digital banking adalah bank berbadan hukum Indonesia (BHI) yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha melalui media online tanpa kantor fisik selain kantor pusat atau beberapa kantor cabang. Dengan menggunakan layanan aplikasi bank online, kamu bisa melakukan semua layanan perbankan yang disediakan oleh aplikasi.

Sekarang kamu cukup menginstal aplikasi perbankan yang ingin kamu gunakan melalui Playstore maupun Apps Store. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan seluruh fitur perbankan pada aplikasi perbankan yang kamu instal pada perangkat ponsel kamu.

Pasalnya, digital banking hadir untuk memudahkan kamu dalam hal transaksi online maupun yang lainnya dan banyak yang sudah berkolaborasi dengan aplikasi saham online. Banyak aplikasi investasi online lainnya yang sudah bekerjasama dengan beberapa bank melalui sistem digital banking.

Sekarang ini kamu sudah bisa menemukan aplikasi perbankan yang bisa kamu unduh di smartphone kamu. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi bank digital terbaik yang bisa jadi pilihan kamu.

1. Bank Digital Livin by Mandiri

Aplikasi digital banking dari Bank Mandiri bernama Livin yang diluncurkan oleh pihak bank untuk memudahkan nasabahnya dalam transaksi digital. Aplikasi ini merupakan aplikasi rebranding yang sebelumnya bernama Mandiri Online.

Syarat pendaftaran yang cukup simpel dan cara daftar akun lebih mudah dilakukan, aplikasi livin by mandiri juga memiliki nilai tambah, yaitu transaksi yang mudah dan cepat, laporan transaksi yang di simpan lengkap, aman dan juga terintegrasi.

Syarat Daftar Akun Livin by Mandiri

Syarat yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran akun livin by mandiri, antara lain:

  • Memiliki KTP dan buku tabungan Mandiri berikut kartu ATM Mandiri.
  • Mempunyai MPIN dan mengaktifkan Fitur SMS Finansial.
  • Menggunakan nomor handphone yang sudah diverifikasi Bank Mandiri, seperti XL, Indosat, Telkomsel, 3, dan smartfren.
  • Menyediakan pulsa untuk aplikasi livin by mandiri memverifikasi nomor handphone Anda.

Jika kamu sudah memenuhi kriteria yang disebutkan, maka kamu bisa lanjut untuk melakukan proses pendaftaran akun livin by mandiri.

Cara Daftar Aplikasi Livin by Mandiri

Untuk cara daftar livin by Mandiri kamu bisa melakukannya dengan dua opsi, yaitu secara online maupun offline. Berikut ini adalah cara daftar aplikasi livin by Mandiri.

  1. Daftar langsung ke kantor cabang Mandiri

Untuk pendaftaran secara langsung, maka langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Mengunjungi kantor cabang Mandiri terdekat.
  • Membawa persyaratan seperti yang sudah disinggung di atas.
  • Mendatangi petugas Bank Mandiri, dengan memberikan dokumen yang sudah kamu siapkan.
  • Pihak bank akan memproses verifikasi data untuk pendaftaran akun Livin by Mandiri kamu.
  • Setelah itu, aktifkan fitur SMS finansial dan buat 6 digit angka untuk MPIN kamu.
  • Terakhir adalah mengunduh aplikasi Livin by Mandiri di perangkat ponsel kamu untuk melakukan login akun.

Itulah tadi cara untuk daftar langsung akun Livin by Mandiri.

  1. Daftar Akun Livin by Mandiri via Online

Sedangkan pendaftaran secara online bisa kamu lakukan dengan cara mengunjungi website maupun melalui aplikasi. Berikut ini adalah cara daftar livin by mandiri di HP.

  • Pastikan smartphone kamu memiliki minimal sistem Android Lolipop 5.1 dan iOS versi 8 untuk pengguna Iphone.
  • Mengunduh aplikasi Livin by Mandiri di Playstore maupun Apps Store.
  • Setelah itu buka aplikasi dan lakukan registrasi melalui aplikasi.
  • Selanjutnya masukkan 16 digit nomor kartu debit Mandiri kamu dan juga exp date sekaligus tgl lahir kamu.
  • Verifikasi nomor handphone melalui SMS yang dikirimkan oleh Mandiri.
  • Selanjutnya adalah membuat User ID dan Password akun livin by Mandiri.
  • Setelah itu, lakukan pengisian data tambahan dan alamat e-mail kamu.
  • Masukkan MPIN yang sudah kamu buat.
  • Terakhir adalah login kembali menggunakan user ID dan password kamu untuk mengetahui bahwa registrasi berhasil.

Itulah tadi cara daftar Livin by Mandiri secara Online, setelah registrasi pengguna baru akan bisa mengakses fitur dan kelebihan yang ada dalam aplikasi.

Kelebihan Aplikasi Livin by Mandiri

Kelebihan yang terdapat di dalam aplikasi Livin by Mandiri ini, antara lain:

  1. Bisa akses seluruh rekening menggunakan satu akun.

Demi kenyamanan dan kemudahan nasabahnya, Bank Mandiri memberikan akses ke seluruh rekening hanya dengan satu akun saja untuk mendapatkan informasi seluruh produk perbankan yang dimiliki. Adapun produk perbankan yang disediakan, yaitu rekening simpanan, kartu kredit mandiri maupun rekening pinjaman.

  1. Transfer hingga transaksi beli, bayar, dan top up yang bisa di akses dengan satu aplikasi

Bank Mandiri juga memudahkan nasabahnya dalam hal transaksi online yang ingin dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan satu aplikasi saja. Berbagai macam pembayaran rutin bulanan dan pembelian apapun di toko online serta top up e-wallet hingga transfer antar rekening atau pun rekening bank lain bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi Livin by Mandiri.

  1. Informasi saldo dan histori transaksi

Dalam aplikasi ini kamu juga bisa melihat informasi saldo kamu dan juga histori transaksi yang bisa kamu lihat 6 bulan terakhir. Kamu juga bisa menyimpannya ke dalam folder ponsel dengan cara mengunduh mutasi rekening dan cek histori kartu kredit mandiri (kartu utama dan kartu tambahan).

  1. Keamanan

Mengenai keamanan yang dipakai oleh aplikasi Livin by Mandiri ini menggunakan sistem biometric login melalui fingerprint atau face recognition yang disesuaikan oleh perangkat ponsel kamu dan juga 2FA (2-Factor Authentication). Login menggunakan username dan password hingga mpin kamu untuk bertransaksi yang memberikan kenyamanan dan keamanan melalui fitur mobile app yang dilengkapi teknologi otentikasi transaksi.

  1. Buka Rekening Baru Mandiri

Dalam aplikasi ini juga bisa memberikan kamu kemudahan dalam membuka rekening baru. Diantaranya adalah rekening deposito dan tabungan secara online tanpa harus datang langsung ke kantor cabang Mandiri.

Itulah tadi ulasan mengenai aplikasi bank digital yang disediakan Bank Mandiri, yaitu Livin by Mandiri.

2. Aplikasi Bank Digital BCA: Blu by BCA

Blu adalah aplikasi yang diluncurkan oleh Bank BCA Digital untuk memudahkan nasabah dalam hal memisahkan pendapatan mereka sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya itu saja, melainkan BCA Digital dengan aplikasi Blu ini dilengkapi fitur bluGether yang berfungsi sebagai rekening bendahara. Ada juga fitur bluDeposit yang memudahkan kamu untuk membuka deposito dan bisa top up nominalnya sesuai dengan keinginan kamu.

Tidak heran bahwa aplikasi Blu ini memikat hati remaja sekarang ini, karena user interface yang digunakan user friendly, desain aplikasi sangat bagus, dan produk yang ditawarkan juga variatif.

Blu memiliki Tag Line “Pakai blu, untuk hidup lebih mudah dan terkoneksi, apa pun tujuanmu” membuat masyarakat kini tertarik untuk menggunakan layanan aplikasi Blu by BCA.

Syarat Daftar Bank Digital Blu by BCA

Syarat yang dibutuhkan untuk daftar aplikasi Blu by BCA, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia yang memiliki e-KTP.
  • Memiliki smartphone yang menggunakan SIM card Operator Seluler yang telah bekerja sama oleh Bank BCA.
  • Memiliki alamat e-mail yang aktif digunakan.
  • Pastikan smartphone yang kamu gunakan memiliki sistem Android Lolipop 5.1 atau iOS versi 12.4 untuk pengguna Iphone.

Itulah syarat yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran akun Blu by BCA.

Cara Daftar Bank Digital Blu by BCA

Cara daftar Blu by BCA tanpa harus memiliki buku tabungan terlebih dahulu juga bisa kamu lakukan. Berikut ini adalah cara daftar Blu BCA.

  • Unduh aplikasi Blu by BCA melalui Playstore maupun Apps Store kamu.
  • Buka aplikasi yang sudah terinstal di smartphone kamu.
  • Masukkan nomor handphone kamu yang masih aktif digunakan dan provider SIM card sesuai dengan syarat di atas.
  • Siapkan beberapa dokumen yang diperlukan, seperti E-KTP, NPWP (jika ada), dan pastikan jaringan internet kamu stabil. Lalu, tekan “lanjut”.
  • Aplikasi akan mengirimkan kode verifikasi yang akan dikirimkan ke nomor handphone kamu, lalu masukkan kode tersebut.
  • Selanjutnya adalah isi alamat e-mail yang aktif kamu gunakan dan buat sandi Blu minimal 8 karakter berupa kombinasi huruf dan angka untuk login akun. Lalu tekan “lanjut”.
  • Selanjutnya pihak aplikasi akan menanyakan terlebih dahulu mengenai “apakah Anda adalah nasabah BCA atau tidak?”. Jika, misalnya kamu adalah nasabah BCA maka kamu harus mengisi 16 digit nomor kartu debit BCA kamu dan nomor HP yang digunakan saat pembuatan buku tabungan. Sebaliknya, jika kamu belum menjadi nasabah BCA, maka kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya.
  • Kemudian isilah formulir yang berisikan alamat tempat tinggal kamu sesuai domisili dan data pekerjaan kamu. Pastikan data yang kamu isi valid atau sudah benar, lalu tekan “lanjut”.
  • Selanjutnya bacalah syarat dan ketentuan yang akan diberikan oleh aplikasi bank digital BCA. Jika, kamu sudah memahami dan menyetujui isinya, tekan “lanjut”.
  • Terakhir adalah kamu akan melakukan sesi video call yang akan dilakukan dengan customer service blu, siapkan e-ktp kamu dan pastikan kembali jaringan internet kamu lancar. Setelah melakukan semua proses tadi, akun blu kamu sudah terverifikasi dan siap untuk digunakan, sebelum itu kamu juga akan diminta untuk mengatur PIN blu BCA yang akan kamu gunakan setiap melakukan transaksi.

Itulah tadi cara daftar aplikasi Blu by BCA yang harus kamu lakukan. Setelah menjadi salah satu bagian dari aplikasi Blu by BCA, maka otomatis kamu sudah bisa akses semua fitur dan kelebihan yang ada pada aplikasi tersebut.

Fitur Bank Digital Blu by BCA

Berikut ini adalah fitur-fitur yang akan kamu temukan di dalam aplikasi bank digital Blu by BCA, antara lain:

  1. Blu Saving

Fitur bluSaving ini adalah fitur rekening tabungan yang diberikan nama sesuai dengan pos-pos kebutuhannya. Fitur ini memudahkan kamu yang ingin membeli barang impian kamu dengan cara menabung rutin dengan metode auto debet dan bisa juga untuk kamu yang ingin menabung untuk kebutuhan mendadak sebagai dana taktis.

  1. Blu Account

Fitur bluAccount adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk bertransaksi, misalnya menerima transfer in dan transfer out antar rekening blu maupun bank lain, kamu juga bisa melakukan tarik tunai di ATM BCA menggunakan aplikasi blu, dan melakukan transaksi online.

  1. Blu Gether

Fitur bluGether adalah rekening single account yang berfungsi sebagai rekening bendahara. Fitur ini cukup unik, karena bisa mengundang teman untuk menabung bersama atau bisa juga untuk melakukan arisan online melalui fitur ini. Batas maksimal yang dapat ditampung oleh fitur bluGether ini adalah 24 member dan menariknya setiap creator atau pembuat akun bluGether melakukan transaksi penarikan tunai dari bluGether, semua notifikasi akan masuk ke seluruh member yang ada dalam fitur ini dengan tujuan agar semua transaksi di dalam fitur sifatnya transparan.

  1. Blu Deposit

Melalui fitur bluDeposito kamu bisa membuka rekening deposito yang tidak akan diperpanjang secara otomatis (Non-ARO). Jadi, pada saat jatuh tempo, pokok dan bunga akan langsung masuk ke rekening blu kamu. Minimal deposit yang diberikan oleh fitur ini adalah Rp10 juta dengan jangka waktu minimal 1 bulan dan maksimal 12 bulan, nantinya akan muncul notifikasi di 7 hari sebelum jatuh tempo mengenai perpanjangan deposito yang akan muncul di smartphone kamu.

Kelebihan Aplikasi Blu by BCA

Kelebihan yang ada di aplikasi Blu by BCA yang bisa kamu nikmati, antara lain:

  • Tanpa biaya admin pada pembuatan akun.
  • Tarik tunai di ATM tidak akan dikenakan biaya tambahan.
  • Bebas biaya transfer masuk dan keluar (hanya ke rekening BCA). Transfer ke bank lain juga tidak akan dikenakan biaya (20 kali transfer di dua bulan awal).
  • Bebas biaya top up GoPay/transfer ke bank lain dengan catatan saldo portofolio rata-rata per bulan minimal Rp1 juta.

Itulah tadi kelebihan yang akan kamu dapatkan, jika mempunyai akun di aplikasi Blu by BCA.

Call Center Blu by BCA

Semua keluhan dan kendala yang ada pada aplikasi bisa kamu adukan ke call center BCA atau telepon 1500668 atau bisa juga dengan mengirim e-mail ke [email protected], dengan pelayanan di hari dan jam kerja saja.

3. Aplikasi Bank Digital Jenius by BTPN

Jenius adalah aplikasi bank digital terbaik pertama di Indonesia sejak 2016 silam yang diluncurkan oleh Bank BTPN. Jenius adalah salah satu layanan perbankan digital yang menyediakan kartu debit untuk para nasabahnya.

Dengan tagline “Kelola Keuangan Lebih Simpel” Jenius hadir untuk memudahkan transaksi kamu, seperti menabung, bertransaksi, mengatur keuangan, dan memungkinkan pengguna aplikasi memiliki rekening bank. Semua bisa kamu lakukan di satu tempat dan bisa kamu akses di satu aplikasi pada Android maupun iOS kamu.

Jenius yang rilis pada 11 Agustus 2016 menjadi salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan sebagai kartu kredit di seluruh merchant Visa. Kartu virtual jenius atau e-card jenius akan tersedia di dalam aplikasi, apabila kamu telah terdaftar sebagai pengguna aplikasi Jenius.

Syarat Daftar Aplikasi Jenius

Sebelum Anda mengajukan pendaftaran akun pada aplikasi Jenius, berikut ini adalah syarat yang dibutuhkan untuk daftar akun Jenius.

  • Berusia minimal 17 tahun dan memiliki identitas diri berupa KTP dan NPWP (jika ada).
  • Foto tanda tangan kamu.
  • Alamat email dan nomor handphone yang aktif kamu gunakan.

Itulah syarat yang dibutuhkan oleh pihak aplikasi terkait pendaftaran akun.

Cara Daftar Aplikasi Jenius

Jika semua kriteria di atas sesuai dengan diri kamu, kamu bisa langsung mendaftarkan akun di aplikasi Jenius. Berikut ini adalah cara daftar akun Jenius, antara lain:

  • Unduh aplikasi Jenius di smartphone kamu melalui Playstore maupun Apps Store.
  • Kemudian buka aplikasi yang sudah terinstall di smartphone kamu. Lalu, tekan “registrasi”.
  • Setelah itu kamu akan diarahkan untuk mengisi data pribadi dengan mencantumkan nomor handphone dan alamat email yang aktif.
  • Upload foto KTP kamu dan pastikan foto tersebut jelas dan tidak buram.
  • Setelah itu buat nama kamu untuk bagian cashtag, lalu buat juga nama di kartu debit Jenius.
  • Selanjutnya adalah buat PIN dan Password untuk proses authentikasi transaksi di aplikasi Jenius, lalu tentukan 6 digit PIN untuk melakukan login akun.
  • Setelah semua selesai dilakukan, maka kamu sudah termasuk pengguna aplikasi Jenius.

Itulah tadi cara daftar akun Jenius yang harus kamu lakukan.

Cara Aktivasi Akun Jenius

Cara aktivasi akun Jenius ini dilakukan agar kamu bisa menggunakan aplikasi Jenius secara maksimal, seperti menikmati kelebihan yang ada pada aplikasi dan menggunakan fitur-fitur di dalam aplikasi. Berikut adalah cara aktivasi akun Jenius, antara lain:

  • Buka aplikasi Jenius dan login ke akun kamu.
  • Selanjutnya pilih “aktivasi akun sekarang” dalam aplikasi.
  • Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk melakukan aktivasi, untuk aktivasi akun terdapat dua opsi, yaitu datang langsung dan juga secara online.
  • Pilih aktivasi yang kamu ingin, selanjutnya tekan “lanjut”.
  • Untuk aktivasi langsung, kamu diharuskan membawa dokumen pendukung, seperti KTP dan NPWP ke kantor cabang BTPN terdekat dan bertemu petugas bank BTPN langsung.
  • Jika, kamu memilih aktivasi secara online, nantinya kamu akan video call dengan customer service Jenius yang bisa kamu lakukan setiap hari dan jam kerja saja. Pastikan koneksi internet smartphone kamu stabil untuk melakukan video call nanti.
  • Setelah video call yang bertujuan untuk mengaktivasi akun kamu, dan setelah proses verifikasi berhasil, maka kamu bisa membuat kartu debit m-card atau memesan pembuatan kartu yang akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal kamu melalui pengajuan di aplikasi.

Itulah tadi cara aktivasi jenius yang dapat kamu lakukan dan bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu.

Fitur Aplikasi Jenius

Fitur yang terdapat di dalam aplikasi jenius sangat beragam, antara lain:

  1. Flexi Cash

Fitur Flexi Cash adalah fitur yang menyediakan fasilitas dana tunai dengan bunga rendah. Flexi Cash ini adalah salah satu pinjaman online tenor panjang dan bunga rendah dengan limit pinjaman yang disesuaikan dengan risk profile.

  1. Flexi Saver

Fitur Flexi Saver adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk menabung kapan saja dan bisa kamu ambil kapan saja. Dengan adanya fitur ini kamu bisa menabung untuk kebutuhan kamu sehari-hari atau sebagai dana taktis kamu.

  1. Dream Saver

Fitur Dream Saver adalah fitur yang mirip-mirip dengan flexi saver, yaitu menabung online. Bedanya adalah pada saat kamu menggunakan fitur ini, maka kamu tidak bisa mengambil dana sebelum waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu fitur ini di namai dream saver yang berarti menabung untuk membantu kamu mencapai impian kamu satu per satu.

  1. Maxi Saver

Fitur Maxi Saver adalah fitur deposito yang disediakan oleh aplikasi dengan jangka waktu, jumlah setoran, dan metode perpanjangannya ditentukan sendiri olehmu. Maxi saver ini memiliki bunga sekitar 4% sampai 4,25% per tahun dengan jumlah setoran yang bisa kamu tentukan sendiri.

Itulah tadi beberapa fitur yang ada dalam aplikasi Jenius yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kelebihan Aplikasi Jenius

Kelebihan yang terdapat di aplikasi Jenius, antara lain:

  • Bebas biaya layanan perbankan, seperti administrasi, pembuatan kartu perdana, penutupan rekening, setoran awal, dan tanpa minimum saldo.
  • Bebas biaya tarik tunai dan transfer sebanyak 25 kali per bulan.
  • Bisa digunakan di segala mesin EDC di merchant yang menyediakan mesin EDC dan juga bisa kamu gunakan untuk belanja online sebagai kartu kredit.
  • Kemudahan menggunakan segala layanan yang ada di aplikasi.
  • Promo menarik yang telah disiapkan oleh Jenius untuk pengguna aplikasi.

Itulah tadi beberapa kelebihan Jenius yang bisa kamu nikmati.

4. Bank Digital Nyala by OCBC

Nyala by OCBC adalah aplikasi bank digital terbaik yang memudahkan kamu mengelola dan mengoptimalkan dana berbasis digital. Aplikasi bank digital keluaran OCBC NISP saat ini menjadi trending utama saat ini, pasalnya brand ambassador yang digunakan untuk sarana promosi mereka adalah Rich Brian salah satu bintang muda Internasional yang berasal dari Indonesia.

Nyala by OCBC merupakan paket layanan yang disediakan oleh Bank OCBC NISP dengan berbagai produk, yaitu Nyala, Nyala Individu, dan Nyala Bisnis.

Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan yang bisa kamu gunakan. Proses verifikasinya pun sangat mudah dengan persyaratan yang simpel. Jadi, banyak sekali masyarakat yang tergugah ingin menjadi salah satu pengguna aplikasi Nyala.

Syarat Daftar Nyala by OCBC

Persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran akun Nyala by OCBC, yaitu memiliki One Mobile OCBC yang memiliki syarat, antara lain:

  • Memiliki identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor dan pastikan pada saat pengajuan dilakukan di jam kerja.
  • Memakai pakaian formal atau pakaian yang enak di pandang untuk melakukan proses verifikasi.

Simpel ya, hanya dengan kedua persyaratan tersebut kamu sudah bisa mendaftar akun Nyala by OCBC.

Cara Daftar Nyala by OCBC

Cara daftar Nyala by OCBC sebelumnya harus sudah sesuai dengan kriteria yang disebutkan di atas. Berikut ini adalah cara daftar akun Nyala by OCBC.

  • Unduh aplikasi Nyala by OCBC di Playstore maupun Apps Store.
  • Kemudian buka aplikasi yang sudah di install tadi. Lalu, tekan “Buka Rekening OCBC”.
  • Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya dan tekan “Buka Akun”.
  • Setelah itu, siapkan e-KTP kamu dan masukkan kode promo (jika ada).
  • Kemudian isi data pribadi dan pastikan data yang kamu isi sudah benar.
  • Nantinya kamu akan mendapatkan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone kamu melalui SMS. Lalu, masukkan kode OTP tersebut pada kolom yang sudah disediakan.
  • Setelah itu upload foto e-ktp kamu dan isi kembali data pribadi sesuai dengan e-ktp kamu. Pastikan kembali data kamu, lalu tekan “lanjut” jika sesuai.
  • Kemudian isi data pekerjaan kamu dan pastikan data yang kamu kirim sesuai dengan diri kamu.
  • Nah, setelah kamu mengisi semua formulir yang diajukan, lalu pilih kartu yang ingin kamu buat.
  • Mengisi kontak darurat yang bisa dihubungi.
  • Baca dan pahami syarat & ketentuan yang berlaku, lalu buat user ID kamu.
  • Kemudian aplikasi akan memproses pendaftaran kamu, setelah itu kamu akan diminta untuk login ke dalam akun untuk pembuatan PIN yang akan kamu gunakan.
  • Selanjutnya adalah mengaktivasi PIN transaksi, kamu hanya cukup menekan “mulai aktivasi” dan masukkan PIN yang ingin kamu gunakan untuk transaksi.
  • Terakhir adalah video call yang dilakukan dengan customer service dan setelah selesai melakukan video call, maka akun kamu sudah berhasil terdaftar.

Itulah tadi cara untuk mendaftarkan akun di aplikasi Nyala by OCBC. Kartu ATM akan dikirimkan ke alamat rumah kamu yang akan kamu terima tergantung dengan jarak tempuh kantor cabang ke rumahmu.

Cara Aktivasi Aplikasi Nyala by OCBC

Setelah kamu menerima kartu, maka kartu tersebut harus kamu aktivasi terlebih dahulu supaya bisa digunakan. Berikut ini adalah cara aktivasi akun Nyala by OCBC.

  • Buka aplikasi Nyala by OCBC dan login ke akun kamu.
  • Tekan “aktivasi kartu sekarang” untuk lanjut ke tahap selanjutnya.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone kamu yang terdaftar di aplikasi melalui SMS.
  • Masukkan nomor CVV dan tanggal kadaluarsa yang tertera pada kartu ATM.
  • Setelah itu masukkan PIN Transaksi yang sudah kamu buat.
  • Terakhir adalah proses validasi yang berlangsung selama 5 menit, setelah berhasil melewati proses validasi, maka kartu ATM OCBC yang kamu terima sudah bisa kamu gunakan.

Itulah cara aktivasi aplikasi Nyala by OCBC yang harus kamu lakukan.

Kelebihan Aplikasi Nyala by OCBC

Kelebihan yang ada di dalam aplikasi, antara lain:

  • Memberikan layanan yang bisa mengonversi mata uang menjadi 12 mata uang yang bisa kamu pilih secara bebas.
  • Bebas biaya administrasi.
  • Bebas biaya transfer dan tarik tunai di bank mana saja.
  • Bisa investasi reksa dana mulai dari Rp20 ribu saja.
  • Bisa buka rekening deposito dengan bunga yang maksimal.
  • Tabungan berjangka dengan bunga maksimal.

Itulah beberapa kelebihan yang ada di dalam aplikasi Nyala by OCBC.

5. Bank Digital Digibank by DBS

Digibank by DBS adalah layanan perbankan digital yang diluncurkan oleh Bank DBS Indonesia. Digibank hadir untuk membantu nasabah membuat rekening tabungan dan melakukan berbagai transaksi.

Jadi, melalui aplikasi ini saja kamu sudah bisa melakukan pengajuan untuk membuka rekening baru. Dengan proses yang cepat, mudah, dan tapa harus datang langsung ke kantor cabang Bank DBS terdekat.

Digibank juga mempunyai konsep layanan paperless, branchless, dan signatureless. Dengan kata lain calon nasabah yang ingin mengajukan pembuatan rekening tabungan tanpa harus berurusan dengan sejumlah dokumen fisik, datang langsung ke kantor cabang OCBC.

Syarat Daftar Digibank by DBS

Adapun syarat yang diperlukan untuk pembuatan akun, antara lain:

  • Memiliki e-KTP dan sidik jari
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 45 tahun.
  • NPWP (jika ada).

Jadi, itulah persyaratan yang nanti akan dibutuhkan oleh pihak bank.

Cara Daftar Digibank by DBS

Berikut adalah cara daftar digibank by DBS yang harus kamu lakukan, antara lain:

  • Unduh aplikasi digibank by DBS di Playstore maupun Apps Store. Lalu, buka aplikasi tersebut.
  • Tekan tombol “buka rekening”.
  • Selanjutnya masukkan data pribadi kamu seperti yang sudah tertera di dalam aplikasi tersebut.
  • Setelah itu buat user ID dan password untuk login.
  • Jawablah semua pertanyaan yang diberikan Digibank by DBS dengan benar untuk pembukaan rekening baru.
  • Selanjutnya buat jadwal bertemu atau video call dengan agen Digibank by DBS untuk melakukan verifikasi biometric.
  • Terakhir adalah menunggu proses verifikasi yang dilakukan selama 5 menit, setelah semua sudah di proses dan di setujui oleh pihak Bank, maka kamu sudah bisa menggunakan rekening Digibank by DBS untuk berbagai jenis transaksi perbankan.

Itulah cara daftar aplikasi digibank yang harus kamu lakukan.’

Kelebihan Aplikasi Digibank by DBS

Kelebihan yang ada pada aplikasi digibank, antara lain:

  1. Bebas biaya administrasi bulanan

Bebas biaya administrasi bulanan ini tidak akan dikenakan oleh pengguna aplikasi. Tidak seperti layanan perbankan.

  1. Bebas biaya tarik tunai dan transfer

Kamu bisa mendapatkan bebas biaya tarik tunai dan transfer antar bank di seluruh ATM. Tanpa adanya limit transfer per harinya.

  1. Bunga tabungan tinggi

Bunga tabungan tinggi adalah kelebihan dalam layanan menabung melalui rekening deposito. Bunga deposito dari aplikasi ini terbilang tinggi dibandingkan dengan aplikasi bank digital lainnya. Bunga yang diberikan, yakni 5,75% per tahunnya.

  1. Kartu berlogo Visa

Dengan logo Visa kamu bisa menggunakan kartu yang diberikan oleh pihak bank untuk transaksi apa saja.

Itulah tadi kelebihan yang ada dalam aplikasi digibank by DBS.

6. Bank Digital TMRW by UOB

TMRW by UOB adalah aplikasi bank digital yang hadir untuk memberikan kemudahan aktivitas perbankan kamu demi bisa menikmati kebebasan dalam bertransaksi.

TMRW by UOB memberikan solusi perbankan berbasis mobile untuk generasi digital. Aplikasi ini bisa mengurus semua urusan perbankan kamu yang bisa kamu lakukan melalui mobile app smartphone. Semakin sering kamu menggunakan aplikasi, maka semakin paham aplikasi dengan urusan keuangan kamu.

TMRW memberikan kamu smart insight yang berupa informasi, pengingat, dan tips untuk mengatur keuangan kamu supaya menjadi lebih baik lagi. Belum lagi nanti kamu akan dapat layanan menabung di City of TMRW.

Syarat dan cara daftar TMRW juga sangat simpel dan mudah, dengan kelebihan dari aplikasi ini membuat kamu semakin nyaman menggunakannya.

Syarat Daftar Bank Digital TMRW by UOB

Berikut adalah syarat yang dibutuhkan untuk pendaftaran akun TMRW.

  • Berusia 18 tahun ke atas yang memiliki E-KTP dan NPWP (jika ada).
  • Alamat email dan nomor handphone yang aktif digunakan.
  • Slip gaji 6 bulan terakhir.

Itulah syarat pendaftaran akun TMRW by UOB yang harus Anda siapkan.

Cara Daftar TMRW by UOB

Adapun cara yang harus kamu lakukan untuk daftar rekening TMRW, antara lain:

  • Unduh aplikasi UOB, yaitu TMRW di playstore maupun apps store. Kemudian buka aplikasinya.
  • Setelah itu tekan registrasi dan pilih produk yang ditawarkan.
  • Produk yang ditawarkan meliputi kartu debit dan kartu kredit.
  • Setelah kamu memilih produk yang ditawarkan, maka akan muncul persyaratan tambahan yang diperlukan untuk pengajuan produk tersebut.
  • Isi nomor handphone dan alamat email yang aktif.
  • Kemudian lakukan verifikasi melalui kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone kamu.
  • Swafoto (selfie) dan foto e-ktp kamu untuk proses identifikasi diri.
  • Mengisi formulir data personal dan perkerjaan kamu dengan benar.
  • Selanjutnya adalah membuat user ID dan password untuk login ke rekening TMRW.
  • Setelah itu, buat secure PIN kamu yang nanti akan digunakan untuk transaksi atau pemulihan akun. Pastikan kamu sudah mengkonfirmasi ulang dengan benar.
  • Kemudian konfirmasikan data diri kamu melalui live chat dengan TMRW agent.
  • Selanjutnya adalah verifikasi dengan menunjukkan e-ktp dan wajah kamu melalui video verifikasi.
  • Setelah semua berhasil di verifikasi, maka rekening TMRW kamu sudah bisa kamu gunakan.

Itulah cara untuk mendaftar aplikasi TMRW by UOB.

Kelebihan Aplikasi Bank Digital TMRW by UOB

Kelebihan yang ada pada rekening TMRW yang bisa kamu nikmati. Berikut ini adalah kelebihan yang ada aplikasi.

  1. Bebas biaya tarik tunai di semua ATM dengan minimum saldo Rp1 juta sebelum penarikan dana.
  2. Bebas biaya transfer dan biaya tagihan yang kamu bayarkan melalui aplikasi TMRW.
  3. Bebas biaya bulanan dan tanpa minimum saldo.
  4. Kebebasan transaksi menggunakan mesin EDC di berbagai merchant.
  5. Mendapatkan bunga 0,5% per tahun tanpa adanya minimum atau jumlah tertentu.
  6. Kamu bisa mengunduh e-statement kamu untuk mengetahui laporan transaksi yang kamu lakukan.
  7. Deposit dengan bunga 4% per tahun tanpa minimum setoran.
  8. Mendapatkan bunga harian yang akan dikreditkan setiap bulannya.
  9. Bebas biaya bulanan dan biaya saldo minimum.

Itulah tadi beberapa kelebihan yang bisa kamu miliki, jika menjadi pengguna aplikasi TMRW by UOB.

Jadi, kesimpulannya adalah aplikasi bank digital yang ada di Indonesia sangat beragam dan memiliki kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu pilihlah aplikasi yang ingin kamu gunakan untuk kebutuhan kamu.

Pos terkait