Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar?
Setiap tahun, biasanya perusahaan mencari tenaga kerja baru yang lebih fresh dan potensial di bidang mereka masing-masing. Kamu bisa menciptakan peluang yang lebih agar bisa ke proses berikutnya, dengan cara membuat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar.Langkah-langkah Membuat Surat Lamaran Kerja
Cermati Iklan Lowongan Pekerjaan
Mencermati iklan lowongan kerja adalah langkah awal dan sebagai faktor penentu. Maksudnya, apakah lowongan kerja tersebut mencari posisi yang sesuai dengan bidang Anda atau tidak. Bukan hanya itu, di mana pun sumber lowongan kerja itu, Anda perlu mencermati hal-hal seperti kualifikasi dan tanggung jawab pekerjaan yang ditulis oleh pengiklan. Dengan begitu, Anda tidak akan keliru dengan informasi yang bisa berdampak fatal pada surat lamaran kerja yang dibuat.Identifikasi Kemampuan Anda
Dalam hal ini, Anda perlu melakukan identifikasi terhadap kemampuan yang dimiliki. Apakah keterampilan yang Anda miliki berkaitan dengan posisi yang dicari oleh pengiklan. Jika ada, kumpulkan dokumen atau file yang mendukung pengalaman kerja Anda itu. Dengan demikian, Anda jauh lebiih mudah dalam dalam membuat lamaran kerja sesuai yang diminta oleh pengiklan lowongan kerja.Komponen Surat Lamaran Kerja
Berikutnya, Anda perlu tahu tentang komponen apa saja yang diperlukan dalam surat lamaran pekerjaan. Secara garis besar, surat lamaran pekerjaan terdiri dari tujuh komponone, yaitu:- Kepala Surat – Bagian ini biasanya terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, dan surat elektronik (email) Anda. Posisinya diletakkan di sebelah kanan.
- Tanggal – Surat lamran kerja yang baik harus lah memilki tanggal. Dalam bahasa Indonesia, urutan tanggal dimulai dari hari, bulan, dan tahun (contoh 13 Januari 2020).
- Alamat yang Dituju – Kompenen ini subatansinya adalah nama dan divisi yang dituju, diikuti dengan nama serta alamat perusahaan. Untuk bagian penulisan, harus dengan black format dalam bentuk lurus, posisinya ditaruh di sebelah kiri.
- Salam Pembuka – Salam pembuka sering digunakan dalam berbagai jenis surat. Umumnya, salam pembuka berupa “Dengan hormat” atau dalam bahasa Inggris ditulis “Dear Sir/Madam”.
- Badan Surat – Badan atau tubuh surat adalah komponen utama surat lamaran kerja yang berisikan empat paragraf.
- Salam Penutup – Salam penutup posisinya diletakkan pada bagian surat lamaran kerja yang Anda buat. Umumnya salam penutup ditulis dengan “Hormat saya” atau dalam bahasa Inggris “Sincerely”.
- Tanda Tangan – Tanda tangan isinya berupa nama dan tanda tangan asli Anda.
Ketik / Tulis Surat Lamaran Kerja
Untuk hal yang satu ini, setiap perusahaan memilki cara yang berbeda dalam menerima surat lamara kerja. Ada yang meminta surat lamaran kerja ditulis tangan, atau diketik dengan ms word. Jadi, jika pihak perusahaan meminta surat lamaran kerja Anda dalam bentuk tulisan tangan, buatlah sesuai dengan apa yang diminta. Begitu pun sebaliknya. Hal ini juga menjadi penilaian tersendiri bagi pihak perusahaan.Baca Kembali Surat Lamaran Kerja yang Dibuat
Terakhir, bacalah kembali lamaran pekerjaan yang telah Anda buat barusan. Baca dengan teliti, pastikan tidak ada salah penulisan atau pengetikan. Jika semua telah Anda cermati saat membaca ulang dan tidak ada kesalahan, artinya Anda juga telah siap mengirimkan lamaran pekerjaan tersebut ke perusaahaan yang membuka lowongan kerja sesuai dengan kemampuan, keterampilan yang Anda miliki.Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia dan Inggris
Jika kamu masih bingung membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, di bawah ini adalah contoh surat lamaran kerja dalam dua versi yang ditulis dalam bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.Contoh Lowongan Pekerjaan untuk Posisi Accounting Staff
PT Maju Mundur Lestari, sebuah perusahaan perkilanan dan percetakan di Jakarta, membutuhkan tenaga profesional untuk mengisi posisi berikut:
Accounting Staff (AS)
Tanggung Jawab:
|
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dalam Bahasa Indonesia
Boy Riza Utama, S.E. Jl. Merengkuh Raya No. 000 Semarang 00000 Hp. 0813000000 Farhat.bs@gmail.com Semarang, 4 Oktober 2019 Departemen Personalia PT Maju Mundur Lestari Jl. Lebak Bulus No. 00A Jakarta 00000 Dengan hormat, Saya bermaksud melamar posisi Accounting Staff yang Anda iklankan di Kompas pada 30 September 2019. Saya merasa memenuhi semua persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja Anda. Dengan pengalaman kerja di bidang akunting selama lebih dari dua tahun, saya menawarkan keuntungan pada persuahaan Anda. Saya mampu mengoperasikan software terkait akunting, seperti MS Word, MS Excell, Zahir, dan Accurate. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman dalam akunting umum, pemrosesan payroll, analisis dan pengumpulan data finansial, aktivitas perbankan, dan pelaporan pajak. Kekuatan pengalaman finansial saya terdiri dari penganggaran, pelaporan, pengauditan, dan pengelolaan anggaran tahunan. Untuk pertimbangan lebih lanjut Anda, saya lulusan S1 Akunting dari Universitas Indonesia. Saya seorang pekerja keras, fasih berkomunikasi dan menulis dalam bahasa Inggris, bertanggung jawab, dapat dipercaya, dan mampu bekerja di bawah tekanan. Terima kasih atas perhatian Anda. Saya menanti kabar selanjutnya dari Anda. Salam, Boy Riza Utama, S.E. |
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dalam Bahasa Inggris
Boy Riza Utama, S.E. Jl. Merengkuh Raya No. 000 Semarang 00000 Hp. 0813000000 Farhat.bs@gmail.com Semarang, October 4, 2019 Departemen Personalia PT Maju Mundur Lestari Jl. Lebak Bulus No. 00A Jakarta 00000 Dear Sir/Madam, I would like to apply for the post of Accounting Staff which you have advertised in Kompas on September 30, 2019. I believe I meet all the requirements listed in your advertisement. With over two years expericence in accounting, I offer immediate value to your company. I have good command of all the required sotware programs, including MS Word, MS Excell, Zahir, and Accurate. I am proficient in general accounting, payrol processing, data collection and analysis, banking activities, and tax reporting. My financial strength include budgeting, reporting, auditing, month-end closing, and managing annual budget process. For your further consideration, I have a bachelor degree in Accounting from Indonesia University. I am hardworking, have good command of English, responsible, trustworthy, and able to work well under pressure. Thank you very much for your attention. I am looking forward to hearing from you soon. Sincerely, Boy Riza Utama, S.E. |