Alternatif Tempat Kerja di Luar Kantor Selain Kafe


Tren kerja modern lebih banyak memberikan kebebasan untuk bisa memberikan karyawannya kesempatan bekerja di luar kantor. Banyak juga orang yang lebih memilih untuk menjadi pekerja lepas agar tidak harus ke kantor secara rutin 9–to–5. Hal ini membuat mereka harus berpindah-pindah untuk dapat bekerja sehingga mereka disebut dengan digital nomad.

Nah, biasanya tempat nongkrong langganan buat para kalangan ini adalah kedai kopi. Selain kedai kopi, kamu juga bisa mencoba beberapa lokasi ini untuk tetap produktif bekerja.

Perpustakaan Umum

Sumber gambar: istimewa

Flashback ke masa-masa sekolah, mungkin kamu sering memaksakan diri buat mampir ke perpustakaan untuk menyepi. Ya, ketimbang memilih kantin sekolah yang banyak dilewati orang atau teman-teman satu geng, kadang kabur ke perpustakaan memang jadi pilihan yang tepat agar bisa lebih fokus menyelesaikan tugas atau skripsi.

Nah, cobalah untuk melakukan kebiasaan yang sama dengan suasana yang berbeda. Sekarang sudah banyak perpustakaan umum yang memang dibuat nyaman untuk para pekerja. Kamu bisa mulai mencari informasi soal perpustakaan daerah di tempat tinggalmu dan mengetahui waktu operasionalnya. Cobalah untuk datang dan bekerja di sana. Bukan tidak mungkin, beberapa perpustakaan daerah juga menyediakan mini pantry sehingga kamu bisa tetap dapat asupan kafein saat mulai mengantuk.

Coworking Space

Sumber gambar: istimewa

Lokasi satu ini memang sudah tidak asing bagi para digital nomad, tapi belum tentu pernah didatangi untuk dipakai bekerja. Sebagian besar orang mungkin menganggap bahwa suasana kerja di coworking space sama saja seperti di kantor, padahal bisa saja kamu malah menemukan suasana baru yang lebih kondusif di luar kantor.

Memilih bekerja di kedai kopi malah seringkali membuatmu kurang produktif jika suasananya sedang tidak menyenangkan.

Ya, kamu pasti pernah menemukan satu atau dua kesempatan yang kurang menguntungkan seperti gangguan koneksi wi-fi, kehabisan baterai laptop, dan tidak lokasi stop kontak terlalu jauh. Beberapa lokasi coworking space yang didesain dengan dekorasi seperti rumah tinggal, bedanya enggak perlu repot mengurus soal cara bayar indihome segala tuh.

Suasana kedai kopi yang kamu pilih mungkin menyenangkan, tapi tidak cukup ideal untuk dipakai bekerja. Nah, kamu jadi cuman menghabiskan uang untuk beli kopi dengan percuma deh. Kalau memilih kerja di coworking space, bukan hanya stop kontak, kamu juga bisa mendapatkan air minum dan mungkin sedikit camilan free flow.

Cobalah untuk mulai menghitung pengeluaranmu di kedai kopi dan bandingkan dengan coworking space. Kalau lebih hemat dan nyaman, kenapa tidak dicoba ‘kan?

Food Court

Sumber gambar: istimewa

Nah, buat beberapa orang yang harus dapat asupan makanan terus selama bekerja, bisa coba datang ke food court. Memang sih, kamu bakalan tergoda buat beli lebih banyak makanan, tapi buat suasana hati yang lebih menyenangkan, layak dicoba kok.

Namun, alternatif ini lebih cocok saat kamu bekerja dengan beberapa rekan. Jadi, kalau beli berbagai menu makanan, bisa dibagi-bagi dan lebih murah juga biayanya. Selain itu, kalian juga bisa bergantian kalau mau meninggalkan barang-barang untuk buang air ke kamar kecil.

Beberapa alternatif tempat kerja tadi bisa kamu coba kalau sudah mulai bosan dengan kedai kopi langganan. Siapa tahu, kamu malah lebih nyaman saat kerja di beberapa lokasi tadi.



Loading...




[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar